Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan, Akibat Kurangnya Perawatan

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan, Akibat Kurangnya Perawatan
Ilustrasi Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan. Foto: Ist/Net

Penyebab tenaga motor seperti tertahan bisa karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Selain itu, ada juga bagaimana cara untuk mengatasinya agar kendaraan bisa bekerja dengan maksimal.

Sepeda motor memang alat transportasi mudah dan paling simpel. Bahkan kendaraan jenis yang satu ini mampu menghalau terjadinya kemacetan.

Sehingga membuat anda lebih cepat sampai tujuan. Sebagai pemilik kendaraan roda dua ini, anda tidak hanya menggunakannya saja.

Namun, sebaiknya selalu berikan perawatan untuk bisa membuat performanya berjalan dengan baik. Dengan perawatan yang tepat, maka membuat kendaraan terhindar dari masalah.

Sebab, banyak sekali masalah yang bisa anda alami ketika perawatannya berkurang. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Misalnya dari faktor jenis motor, usia, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam proses perawatannya, ada banyak cara yang bisa anda lakukan, baik untuk motor matic atau manual. Banyak cara yang berbeda dalam merawatnya karena komponen mesinnya juga tidak sama.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara merawat kendaraan. Selain itu, pemilik enggan melakukan perawatan hingga kendaraan terasa tidak nyaman.

Sehingga ketika masalah terjadi, barulah pemilik kendaraan menyadarinya. Bahkan kondisi paling parah bisa terjadi ketika kendaraan mogok dalam perjalanan.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Selain itu, masalah yang terjadi yaitu kendaraan tenaganya kurang maksimal. Sehingga kondisi tersebut kurang maksimal dan berpengaruh pada performanya.

Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu penyebab tenaga motor seperti tertahan. Kondisi ini diduga karena timbulnya masalah pada proses pembentukan energi dan tenaga dari mesin.

Sebaiknya selalu berikan perawatan pada kendaraan agar kondisinya tetap bagus. Sehingga ketika anda kendarai, tidak akan mengalami masalah saat berada dalam perjalanan.

Inilah Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan dan Cara Mengatasinya

Saat berada dalam perjalanan tentu perlu performa kendaraan yang cukup maksimal. Hal ini perlu anda lakukan perawatan rutin agar tidak terjadi masalah dalam perjalanan.

Sehingga bisa selamat sampai tujuan dengan baik. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu berkurangnya tenaga sehingga terasa tertahan.

Kehilangan tenaga atau ngempos mungkin jarang sekali terjadi jika perawatan pada sepeda motor dilakukan dengan rutin. Lantas apa saja yang bisa menjadi penyebab tenaga hilang pada sepeda motor?

Berikut ulasan selengkapnya beserta cara mengatasinya dengan tepat. Dengan mengetahuinya, membuat anda akan lebih bisa menjaga semua komponen agar bekerja secara maksimal.

Perawatan

Penyebab tenaga motor seperti tertahan yang pertama yaitu karena anda tidak melakukan perawatan dengan baik. Bahkan anda hanya menggunakan kendaraan dengan terus-menerus tanpa memikirkan komponen yang ada.

Baca Juga : Motor Oleng Saat Jalan Tidak Rata, Sebaiknya Cari Tahu Penyebabnya

Sehingga kondisinya akan berkurang, termasuk pada bagian tenaganya. Sebagian besar kerusakan komponen kendaraan akan terjadi karena perawatan yang masih kurang.

Bahkan sebagian besar pemilik sepeda motor baru menyadari pentingnya merawat motor setelah timbul masalah. Padahal masalah tersebut segera diatasi agar tidak merusak komponen lainnya.

Selain itu, jangan sampai kendaraan bermasalah saat berada dalam perjalanan. Untuk mengatasinya, berikan perawatan yang tepat dan secara rutin.

Usia

Usia kendaraan juga bisa menjadi faktor penyebab tenaga motor seperti tertahan. Sehingga penurunan performa pun akan sangat terasa ketika kendaraan berjalan.

Usia pemakaian kendaraan lebih dari 3 tahun, akan mempengaruhi timbulnya masalah. Masalah yang biasa terjadi yaitu teknis kurang bertenaga saat gas ditarik.

Hal ini akan terasa meski penarikan gas sudah maksimal. Kondisi seperti ini dapat memicu terjadinya tenaga yang bisa tertahan. Dengan usia dan pemakaian berfrekuensi tinggi, dapat menimbulkan komponen mengalami kerusakan atau keausan.

Kompresi Mesin

Kompresi mesin merupakan proses yang memiliki pengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan. Proses tersebut merupakan tekanan pada piston mesin saat gas dan udara dipadatkan volumenya menjadi kecil.

Baca Juga : Penyebab Oli Motor Cepat Habis, 4 Faktor Masalah yang Sering Terjadi

Hal ini akan terjadi pada motor matic dengan RPM tinggi. Jika hal ini terjadi, maka motor bisa mati saat anda gunakan secara tiba-tiba.

Cara mengatasinya yaitu mengengkol atau menstarter kendaraan yang juga dengan penarikan gas. Sebab masalah ini bisa menjadi penyebab tenaga motor seperti tertahan.

Proses Pembakaran

Masalah yang bisa mengakibatkan penarikan tenaga seperti tertahan yaitu terjadi masalah pada proses pembakaran. Proses pembakaran pada mesin yang kurang optimal bisa menjadi penyebab tenaga motor seperti tertahan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto