Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruPerbandingan Chipset Snapdragon dan Exynos, Lebih Unggul Mana?

Perbandingan Chipset Snapdragon dan Exynos, Lebih Unggul Mana?

Perbandingan chipset Snapdragon dan Exynos, manakah yang lebih unggul? Seperti yang kita ketahui, saat ini beragam smartphone telah menawarkan kualitas yang sangat luar biasa.

Mulai dari kapasitas RAM yang luas, memori jumbo, hingga prosesor yang powerful. Semua spesifikasi tersebut tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi anda yang sedang berencana membeli smartphone baru.

Salah satunya yang penting untuk anda jadikan pertimbangan adalah dari segi prosesor. Chipset prosesor adalah salah satu komponen yang menjadi salah satu andalan dalam sebuah smartphone.

Bagi anda para pengguna smartphone, tentu sudah tidak asing dengan jenis prosesor HP seperti Exynos dan Snapdragon. Dalam hal ini, tidak sedikit yang masih merasa kebingungan dalam membedakan mana yang lebih baik dari kedua prosesor tersebut.

Perbandingan Chipset Snapdragon dan Exynos

Prosesor merupakan otak yang terdapat dalam sebuah perangkat Android. Dengan semakin meningkatnya konsumsi pengguna ponsel yang menuntut kinerja perangkat mumpuni, tentu membuat kehadiran chipset semakin penting dalam sebuah perangkat ponsel.

Baca Juga: HP Xiaomi Mi 11 Lite, Dilengkapi dengan Chipset Snapdragon 732G

Selain itu, perkembangan mobile gaming pada ponsel pun juga menuntut kehadiran adanya prosesor-prosesor yang kuat. Hal ini bertujuan supaya perangkat dapat menampung game yang lebih baik dari segmen gameplay dan grafis.

Dalam hal ini, banyak smartphone yang mengusung prosesor Snapdragon atau Exynos dalam dukungan performanya. Lalu bagaimanakah perbandingan chipset Snapdragon dan Exynos tersebut?

Anda yang masih merasa bingung untuk menentukan mana yang lebih baik dari kedua prosesor tersebut, berikut ini akan kita bahas mengenai perbandingan dari kedua prosesor Snapdragon dan juga Exynos.

Mengenal Chipset Snapdragon dan Exynos

Hampir semua HP flagship, apalagi smartphone yang produk dari China menggunakan prosesor Snapdragon. Chipset ini merupakan rancangan dari produsen SoC kenamaan, yakni Qualcomm.

Dengan performanya handal yang dihasilkan oleh prosesor ini, menjadikannya tersemat pada hampir semua HP Android di dunia.

Lain dengan Exynos, yang merupakan prosesor yang dikembangkan khusus oleh perusahaan Samsung pada semua perangkatnya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika brand lain pun turut menggunakan prosesor ini.

Dari segi produk, chipset Snapdragon mempunyai pilihan varian yang lebih banyak dari prosesor HP seri Exynos. Dengan demikian, menjadikan Snapdragon mempunyai kemampuan yang lebih bervariasi pula.

Meskipun hampir sebagian besar HP Samsung menggunakan chipset Exynos, akan tetapi HP Samsung yang terdapat pada pasar Amerika Serikat dan China menggunakan prosesor Snapdragon.

Mengetahui Perbandingan Chipset Snapdragon dan Exynos

Untuk mengetahui mana yang lebih unggul antara prosesor Snapdragon dan Exynos, maka anda perlu memahami perbandingan antara keduanya yang antara lain:

Efisiensi Baterai

Perbandingan chipset Snapdragon dan Exynos yang pertama adalah mengenai efisiensi baterai. Mengenai daya tahan baterai, dapat dikatakan bahwa penyematan prosesor Exynos lebih baik dari Snapdragon.

Pasalnya, prosesor Snapdragon hadir untuk dukungan pengguna smartphone yang menginginkan performa yang maksimal pada perangkat.

Sedangkan untuk Exynos hadir untuk mengoptimalkan penggunaan ponsel pada segi daya tahan penggunaannya, sehingga tidak terlalu boros baterai.

Performa

Perbandingan chipset Snapdragon dan Exynos selanjutnya adalah dalam hal performa. Dalam hal performa, Snapdragon lebih baik dari Exynos.

Penilaian tersebut merujuk pada daftar ponsel dengan kinerja terbaik pada kelas flagship Antutu Benchmark. Terdapat 10 smartphone yang masuk dalam daftar smartphone flagship terkencang pada tahun 2020 lalu. Kesemuanya mengusung chipset Snapdragon 865.

Baca Juga: HP Xiaomi Black Shark 4 Bakal Didukung Chipset Snapdragon 888

Meskipun demikian, apabila melalui komparasi pada single-core benchmark, maka chipset prosesor Exynos masih dapat mengungguli skor milik Snapdragon. Pasalnya, chipset Exynos terbukti mampu menghemat RAM secara lebih baik.

Teknologi

Setiap generasi prosesor mempunyai teknologi pembuatan yang berbeda. Dalam hal ini, Exynos memakai teknologi 8 nanometer. Sementara Snapdragon memakai teknologi 7 nanometer.

Beda dari kedua teknologi tersebut seringkali dikaitkan dengan arsitekur serta desain chip ini. Pada umumnya, node dengan ukuran yang lebih mini membuat transistor dalam chip menjadi lebih kecil serta efisien selama penggunaan daya.

Perbandingan chipset Snapdragon dan Exynos terutama dari segi performa, tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Masing-masing prosesor ini memiliki keunggulan masing-masing. Tentu saja hal ini dapat dimanfaatkan bagi para penggunanya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img