Pertokoan di Ciamis yang Langgar Jam Tayang akan Dapat Sanksi PPKM

Sanksi PPKM
Petugas Gabungan siap sanksi pertokoan yang langgar jam tayang saat PPKM. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sosialisasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ciamis, Jawa Barat selesai dalam 3 hari. Kini saatnya petugas gabungan menerapkan sanksi PPKM. Petugas akan menindak pertokoan dan pusat perbelanjaan yang melebihi jam tayang atau operasional yakni pukul 19.00 WIB.

Kepala Bidang Trantib Satpol PP Ciamis, Muhamad Iskandar mengatakan, selama pemberlakuan PPKM, Satgas Covid-19 telah melakukan sosialisasi ke beberapa tempat keramaian.

“Kita telah patroli sekitar 5 hari, 3 hari untuk sosialisasi dan 2 hari untuk penindakan. Ada beberapa peringatan yang telah kami keluarkan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, serta beberapa toko juga mendapat peringatan,” katanya, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, untuk sasaran penindakan kali ini ke pertokoan, rumah makan, kafe dan pusat perbelanjaan. Bagi yang melebihi batas pukul 19:00 WIB untuk pertokoan dan pukul 20:00 WIB untuk kafe.

“Dalam PPKM ini kita akan beri sanksi bagi pelanggar berupa sanksi sosial yakni membersihkan halaman sekitar toko tersebut. Maka dari itu, nanti kita patroli akan membawa peralatan kebersihan,” tuturnya.

Selain menindak pertokoan yang melebihi batas waktu, lanjut Iskandar, pihaknya juga akan tindak pertokoan yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Seperti tidak menyediakan tempat cuci tangan pada pintu masuk atau depan toko.

“Jadi saya harap, ketersediaan protokol kesehatan pertokoan seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer dan penyekat transparan harus ada. Itu juga bukan untuk saya, tapi untuk menjaga kesehatan karyawan dan pemilik toko tersebut. Pada intinya kami siap menerapkan sanksi PPKM mulai saat ini karena sosialisasi sudah kami lakukan,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang