Batu Paraga Salopa Tasikmalaya

Batu Paraga Salopa Tasikmalaya
Destinasi Wisata Batu Paraga Salopa Tasikmalaya. Foto : Dimas Wijaya (Facebook)

Berita Tasikmalaya, (HarapanRakyat.com).- Ketika singgah ke Tasikmalaya, ada banyak destinasi wisata alternatif yang bisa anda kunjungi, salah satunya wisata Batu Paraga Salopa Tasikmalaya.

Batu Paraga atau dalam bahasa gaulnya Paraga Stones, merupakan batuan yang tersusun seperti balok berukuran besar membentuk sebuah bukit.

Susunan batuan yang begitu artistik tersebut letaknya tersembunyi di daerah Salopa, tepatnya di kawasan Kampung Bambayang, Desa Karya Mandalahayu, Salopa, Kabupaten Tasikmalaya.

Penamaan Batu Paraga Salopa karena letak batu tersebut berlokasi di daerah Salopa, hingga terkenal dengan sebutan Batu Paraga Salopa.

Menariknya, di tengah bukit Paraga Salopa bisa anda jumpai sebuah sungai yang airnya jernih berwarna kehijauan dengan kedalaman kurang lebih 7 meter.

Letak sungai yang tersembunyi di antara bukit menjadi keistimewaan dari wisata Batu Paraga Tasikmalaya.

Potensi Wisata Batu Paraga Salopa Tasikmalaya

Wisata batu Paraga masih sangat perawan dan alami, karena belum banyak orang yang mengetahuinya.

Entah mengapa destinasi yang memiliki potensi wisata alam begitu menawan ini belum mendapat sentuhan pemerintah setempat.

Karena belum adanya pengelolaan yang tepat membuat masyarakat luas mengenal wisata batu Paraga ini.

kemungkinan hal ini akibat akses jalan menuju Sungai Cimedang masih belum baik. Paslanya, akses jalan kesana baru bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Namun, kondisi Batu Paraga sekarang telah mengalami kemajuan. Hal itu terlihat dari jumlah wisatawan yang berwisata meningkat setiap minggunya, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Kawasan ini memiliki potensi wisata yang cukup banyak, seperti bukit batu, sungai sampai keberadaan monyet ekor panjang yang menawan.

Sudah sewajarnya curug Paraga mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat. Pengelolaan yang baik wisata batu Paraga sudah tentu meningkatkan perekonomian rakyat dan pendapatan daerah.

Menikmati Keindahan Batu Paraga Tasikmalaya

Keindahan Keindahan Batu Paraga Tasikmalaya dapat anda nikmati dengan berbagai cara. Misalnya dengan menjelajahi kawasan bukit batu berbetnuk balok dan masih alami. Ini tentunya akan menjadi perjalanan wisata yang seru dan mengasyikan.

Serunya menjelajah bukit batu Paraga lewat kegiatan traveling, jalan-jalan dan pastinya kegiatan traveling seperti ini menjadi cara lain menikmati keindahan bukit Batu Paraga secara utuh.

Anda dapat melihat dari dekat keindahan bukit berukiran artistik. Atau aktivitas lain melihat sungai yang airnya jernih dan alirannya cukup deras mengalir.

Sungai yang terletak antara tumpukan batu Paraga orang mengenalnya Sungai Cimedang. Bebatuan di sungai tersebut berbeda pada sungai umumnya. Yaitu bentuk batuan yang artistik tersusun rapi sehingga terlihat indah.

Aktivitas lain yang dapat anda lakukan, yaitu bermain air, berenang, atau hammocking di atas sungai. Dari kegiatan hammocking, anda bisa menikmati indahnya sungai dan semilirnya angin dari atas ayunan.

Sungai yang terletak antara batuan terlihat memiliki kedalaman tertentu. Meski demikian Anda tetap harus hati-hati saat beraktivitas di sekitar sungai.

Karena kedalaman sungai dan derasnya arus air, penting untuk anda tetap menjaga diri saat bermain air di sekitar sungai.

Kegiatan traveling ke wisata ini memang menjadi pengalaman tak terlupakan. Suasana berbeda saat bermain di kawasan ini dengan keberadaan binatang satwa liar monyet ekor panjang.

Ketika Anda berkunjung ke kawasan Batu Paraga, bila beruntung akan menjumpai sekelompok gerombolan monyet yang berkeliaran.

Tingkah laku monyet atau kera begitu lucu, bergelantungan di antara pepohonan yang terletak di atas bukit. Keberadaan satwa liar tersebut sudah pasti menarik perhatian wisatawan untuk melihat dari dekat kehidupan mereka.

Rimbunan pepohonan sekeliling bukit menjadi rumah bagi hewan liar langka. Bercengkrama dan bermain dengan sekelompok monyet akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Tidak bercengkrama dan bermain bersama segerombolan satwa liar. Anda bisa juga menjadikan monyet ekor panjang yang bermain dan bergelantungan sekitar bukit sebagai latar belakang untuk berfoto. Tentu, hasil fotonya lebih ciamik dan instagramable.

Serunya menjelajah wisata Batu Paraga Salopa Tasikmalaya makin menyenangkan lewat aktifitas berfoto dengan latar belakang ukiran bebatuan.

Selain itu, spot wisata sekitar sungai dengan latar rimbunan pepohonan membuat feed instagram anda lebih indah dan menarik.

Tiket Masuk dan Rute Wisata Batu Paraga

Tidak ada pungutan karcis saat memasuk ke wisata Batu Paraga Salopa Tasikmalaya, alias gratis. Rute menuju lokasi cukup mudah, setidaknya memerlukan waktu 3 jam dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Rute perjalanan berawal dari Kota Tasikmalaya lalu berjalan ke arah selatan mengikuti jalur Setiawargi-Jalan raya Salopa.

Dari Kantor Kecamatan Salopa, berjalan sejauh 4 kilometer menuju Kampung Bambayang, Desa Mandalahayu.

Dari desa ini, perjalanan menuju lokasi Batu Paraga dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Sepanjang perjalanan anda akan mendapati pemandangan persawahan dan perbukitan.

Perjuangan menuju lokasi yang terjal terbayarkan dengan keindahan batu Paraga yang tidak dapat terlupakan. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi