Petani di Ciamis Sukses Budidayakan Ikan di Kolam Bak Plastik

Petani di Ciamis Sukses Budidayakan Ikan di Kolam Bak Plastik
Holil Hamid, warga Dusun Kertaharja RT 16/03 Desa Sukamukti, Kecamatan Pamarican, Ciamis, Jawa Barat, saat memberi pakan untuk ikan yang ia pelihara di kolam bak plastik. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Seorang petani di Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memanfaatkan lahan kosong dijadikan kolam ikan bak plastik.

Adalah Holil Hamid, warga Dusun Kertaharja RT 16/03 Desa Sukamukti, Kecamatan Pamarican, yang kini mulai meraup keuntungan dari hasil budidaya ikan.

Holil mengatakan, sudah menggeluti bisnis sampingan budidaya ikan air tawar di dalam kolam ikan bak plastik sudah cukup lama.

Ia mengaku terinspirasi dari video-video dari YouTube. Ia pun langsung mempraktekannya hingga kini berhasil meraup keuntungan yang lumayan besar.

“Kebetulan halaman rumah agak luas, saya jadikan kolam ikan saja,” ujar Holil, Senin (4/1/2021).

Ia pun membuat kolam ikan bak plastik sebanyak 12 buah.

Berbagai jenis ikan mulai dari lele, nila sampai gurame ia pelihara.

“Alhamdulillah, setelah kita geluti, ternyata dengan cara seperti ini kita bisa membuahkan nilai produksi yang baik. Modalnya keuletan dan semangat,” ungkapnya.

Menurut Holil, bertani itu tidak harus selalu menanam padi saja, tapi perlu inovasi lain untuk menambah penghasilan serta mendongkrak perekonomian.

Ia menyatakan, petani memang harus mempunyai keuletan serta mampu menciptakan inovasi.

Bukan hanya di bidang tanaman, namun perikanan juga ternyata mampu menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi.

Maka dari itu, Holil mengajak kepada para petani di Kabupaten Ciamis, agar mencoba membudidayakan ikan.

“Kita bisa manfaatkan lahan-lahan kosong untuk dijadikan kolam ikan produktif, dengan cara membuat bak plastik seperti ini, modalmya tidak begitu besar namun bisa membuahkan hasil yang lumayan,” pungkas Holil. (Suherman/R8/HR Online)

Editor: Jujang