Pintu Mobil Tidak Bisa Ditutup, Banyak Gejala yang Ditimbulkan

Pintu Mobil tidak bisa Ditutup, Banyak Gejala yang Ditimbulkan
Ilustrasi pintu mobil tidak bisa dibuka. Foto: carfromjapan

Pintu mobil tidak bisa ditutup menjadi salah satu masalah yang memang jarang terjadi. Namun, untuk kondisi kendaraan lama atau sudah tua, hal ini bisa saja terjadi.

Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu apa penyebabnya. Setelah itu, baru bisa mengatasi dengan tepat. Masalah ini mobil yang tidak bisa tertutup pada umumnya terjadi pada kendaraan 5 tahun keatas.

Penyebab yang bisa mengakibatkan masalah ini beragam. Mulai dari bagian pengaitnya, engsel, dan karet pintu yang sudah aus. Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang sering sebagian besar orang.

Bahkan sebagian besar juga memilih membeli mobil bekas. Sayangnya, jika pemilihannya tidak tepat, akan terjadi beberapa masalah. Salah satunya pintu mobil tidak bisa ditutup. ]

Baca Juga : Waktu Ganti Filter Oli, Pahami Sebelum Mesin Terjadi Kerusakan

Sehingga menutupnya harus dengan tekanan atau dorongan. Sebagai pemilik kendaraan, jangan sampai lalai dalam perawatan.

Sebab, jika kondisi kendaraan sudah tua, tentu komponennya pun akan mengalami kekurangan performa. Sehingga mengakibatkan kondisinya tidak baik.

Namun, jika anda berikan perawatan, tentu bisa memperpanjang umur komponen. Bahkan sistem kerjanya pun kurang maksimal.

Maka dari itu, ketika komponen sulit tertutup, sebaiknya segera mengatasinya dengan cepat. Hal ini bertujuan agar komponen bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Ditutup

Kasus yang bermasalah sering terjadi pada kendaraan dengan usia lebih dari 5 tahun. Masalah ini sering terjadi ketika pintu akan anda tutup, namun mental kembali terbuka.

Masalah ini sebaiknya segera anda tangani agar tidak mengganggu. Bahkan jika tidak segera anda tangani, maka akan menambah masalah pada komponen lainnya.

Salah satunya yaitu pada bagian dalam pintu yang menjadi kendur. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu apa penyebabnya sehingga bisa memberikan solusi yang tepat.

Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa terjadi, antara lain:

1. Pengait

Penyebab pintu mobil sulit ditutup karena pengaitnya yang bermasalah. Komponen tersebut memiliki peranan untuk mengaitkan jangkar dari daun pintu.

Sesaat setelah itu, daun pintu pun akan tertutup. Namun, masalah ini bisa terjadi jika anda tidak berhati-hati. Bahkan ketika menutup pintu terlalu keras yang bisa menjadi masalah pengaitnya terjadi.

Baca Juga : Penyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Akibat hentakan doorlock akan cepat aus. Tidak hanya itu saja, bisa terjadi ketika air masuk pada komponen tersebut. Hal ini sering terjadi ketika anda mencuci kendaraan dengan tekanan air yang tinggi. Hal ini menyebabkan air mudah masuk.

2. Karet Pintu

Masalah lainnya yang sering terjadi yaitu karena karet pintunya. Komponen pada pintu ini bisa mengalami yang namanya keausan. Sesuai dengan kondisi mobil bermasalah, anda perlu mengetahuinya secara jelas.

Semua jenis mobil bisa mengalami hal tersebut. Maka dari itu, memilih jangan hanya melihat kondisi luarnya saja, sebaiknya juga kondisi dan keadaan dalamnya. Sehingga kondisi pintu mobil tidak bisa ditutup tak akan anda alami.

3. Engsel Pintu Turun

Penyebab pintu mobil susah ditutup juga karena engselnya telah turun. Masalah ini terjadi karena masa pemakaian sudah lama.

Jika tidak, terjadi karena perlakukan yang tidak tepat. Sehingga meski mobil belum lama anda miliki, namun cara menutupnya yang kurang tepat akan menimbulkan masalah ini.

Bahkan akan timbul daun pintu menggantung dan membuat posisi engselnya menurun. Sebaiknya anda perbaiki agar tidak merusak komponen lainnya.

Ketika komponen tersebut anda gunakan dengan sembarangan, justru bisa membuat pintu tidak sempurna. Bahkan bisa merusak komponen lainnya. Sebaiknya pilih urusan terbaik.

Perawatan Pintu Mobil

Sama seperti yang lainnya, komponen ini perlu perawatan yang tepat. Semua kendaraan terdiri dari beberapa komponen sehingga juga perlu perawatan yang tepat.

Baik pintu manual atau otomatis, membutuhkan perawatan yang baik. Jika tidak anda rawat secara baik, tentu komponen bisa bermasalah.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Bergetar, 3 Masalah yang Umum Terjadi

Sebaiknya anda periksa dengan baik mana yang tepat agar memakainya pun tidak was-was. Gangguan yang terjadi misalnya tergores, terlepas, dan komponen lainnya

Berikan perawatan secara rutin pada kendaraan. Hal ini bertujuan agar anda bisa memperoleh fungsinya dengan baik dan jelas. Selain itu, anda juga perlu tahu penyebab pintu mobil tidak bisa ditutup dengan cara terbaik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto