PNS di Ciamis Sukses Jualan Tanaman Hias, Segini Omzetnya!

PNS di Ciamis Sukses Jualan Tanaman Hias
Tanaman hias yang dijual Edy Rusyana, salah seorang PNS di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Tanaman hias saat ini menjadi hits di kalangan masyarakat, bahkan tidak jarang di setiap rumah pasti ada berbagai macam koleksi tanaman hias. Salah seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memanfaatkan hal tersebut, ia kemudian membuka usaha sampingan sebagai pedagang tanaman hias di rumahnya. 

Tanaman hias dinilai bisnis yang sangat menjanjikan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Tak tanggung-tanggung, tanaman yang dijual PNS di Ciamis ini juga mencapai jutaan rupiah. Maka dari itu, pendapatannya setiap bulannya juga mencapai puluhan juta.

Edi Rusyana yang merupakan Kepala Sekolah SMPN 3 Ciamis, terjun ke bisnis jual tanaman hias sejak awal pandemi Covid-19. Menurutnya, banyak hal baru yang ditemuinya saat berbisnis tanaman hias.

“Ada kesenangan tersendiri saat bisnis tanaman hias, salah satunya yakni saya dipanggil ‘Emang’ oleh konsumen. Saat itu saya senyum sendiri, karena pertama kalinya disebut seperti itu,” tuturnya, Senin (18/1/2021).

Edy menjelaskan, bisnis tanaman hias ini bukan karena pihaknya kekurangan pemasukan sebagai PNS. Namun, mengoleksi tanaman itu memang merupakan hobi sejak kecil yang sering dilakukannya bersama keluarga.

“Gaji saya dari PNS juga tidak kecil, jadi lumayan tercukupi untuk kebutuhan keluarga. Bisnis itu tidak diukur oleh nilai kalau menurut saya, kalau dihitung banyakan jual tanaman,” jelasnya.

Meskipun di rumahnya banyak tanaman hias, dan kegiatanya juga sekarang double, namun, Edy tetap bisa membagi waktunya untuk mengemban tugas sebagai pegawai negeri sipil (PNS) yakni menjadi kepala sekolah.

“Kegiatan di sekolah tidak ditinggalkan, namun karena saat ini pandemi jadi segala aktifitas dilakukan secara daring. Jadinya, lebih banyak di rumah. Tapi, saya juga tetap bertugas,” ucap Edy.

Tanaman Hias yang Dijual PNS di Ciamis

Tanaman yang Edy jual bermacam-macam, ada bunga jenis anggrek, kaktus dan tanaman yang harganya jutaan rupiah seperti halnya Den Pasar Moon, Kansa, Sultan Brunei, Black Indo, Adelia Tyara, Algoritma, Suksong, Ping Katrina Red Sumatra dan masih banyak lagi.

“Paling mahal di saya itu paling hanya Rp. 2,3 juta saja. Kalau yang murah itu yang sekitar Rp. 20 ribu juga ada,” terangnya.

Edy mengaku, bisnis tanaman hias yang dirintisnya saat ini memang belum lama, tapi konsumennya sudah dari berbagai daerah yang datang langsung ke rumahnya untuk membeli tanaman hias. Meskipun, pihaknya tidak mempromosikan barang dagangannya di media sosial apapun.

“Alhamdulillah, sekarang saya capek karena kekurangan stok untuk memenuhi pesanan para konsumen. Kalau dulu, capek nunggu konsumen karena gak ada yang beli,” ucapnya.

Edy berpesan, pada masa pandemi Covid-19 jangan mengeluh kesah karena tidak ada pendapatan. Namun, harus turut berkreasi mencari peluang untuk mendapatkan secercah harapan saat masa sulit seperti sekarang.

“Jika ada peluang kenapa tidak, semua orang juga punya harapan. Jadi bisnis tanaman hias ini juga sebagai ladang untuk persiapan akhir masa bakti sebagai PNS,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Editor: Ndu