Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruPosisi Tidur untuk Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Posisi Tidur untuk Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Posisi tidur untuk menghilangkan sakit kepala memang perlu dilakukan jika anda mengalami nyeri yang tidak tertahan. Sebagian orang membutuhkan kualitas tidur dan posisi yang tepat.

Sebagian orang pasti mengalami sakit kepala, namun mengatasinya tidak harus dengan obat. Tahukah anda bahwa tidur juga dapat meredakan sakit kepala.

Setelah seharian sibuk beraktivitas, tentunya anda membutuhkan istirahat yang cukup. Setiap hari anda harus cukup tidur setidaknya 8 jam. Hal ini agar anda kembali vit dan bugar untuk melakukan aktivitas kembali.

Para ahli mengungkapkan bahwa posisi tidur memainkan peran yang sangat penting dalam masalah gaya hidup. Sebagian orang bangun tidur dengan posisi yang sudah berubah dari posisi ketika awal tidur. Perubahan yang salah akan menyebabkan nyeri kronis.

Maka cara yang paling efektif dalam mencegah sakit kepala adalah dengan menggunakan satu bantal dan bantal tambahan untuk di leher. Karena posisi leher yang memuntir dapat menyebabkan migrain.

Baca Juga : Posisi Tidur Miring ke Kanan Ternyata Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Namun tidak hanya itu, posisi tidur dengan posisi terlentang sangat dianjurkan dalam merilekskan tulang punggung anda. Oleh sebab itu, disarankan menggunakan bantal dibawah lutut agar pada posisi terlentang anda dapat merasa rileks.

Posisi Tidur untuk Menghilangkan Sakit Kepala 

Simak posisi tidur yang baik di bawah ini :

Menggunakan Bantal Kecil

Untuk mengurangi ketegangan otot bagian belakang leher, sebaiknya anda meletakkan bantal kecil di sisi kanan kiri kepala anda. Hal ini untuk mengantisipasi perubahan kepala yang menengok kanan kiri ketika tidur.

Meluruskan Punggung 

Dengan meluruskan punggung anda dan tidur dengan posisi terlentang, akan membuat badan anda fresh kembali dan menghilangkan sakit kepala. Untuk mencegah sakit kepala, anda dapat menambahkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah lutut dan punggung anda.

Otot Bahu yang Tegang

Baca Juga : Bangun Tidur Tubuh Sakit, Ternyata Ini Penyebabnya

Biasanya aktivitas kerja dan menyetir memicu otot bahu anda tegang. Bahu yang tegang ini pun sangat berpengaruh pada sakit kepala.

Sebaiknya anda tidur dengan berbaring miring dan bertumpu ke bahu yang satunya atau bahu yang tidak sakit. Angkat lutut anda dan taruhlah bantal diantara lutut. Kemudian anda tekan-tekan selama satu detik dada anda.

Ketika Sakit Kepala dan Tensi Naik

Hal yang perlu anda lakukan saat tekanan tensi anda naik, sebaiknya berbaring telungkup sambil meregangkan tubuh anda sehingga dalam posisi lurus. Ini akan membantu anda dalam mengurangi nyeri pada bahu.

Perut Sakit Memicu Sakit Kepala

Selain posisi tidur untuk menghilangkan sakit kepala, anda juga perlu memperhatikan penyebab sebelumnya. Ketika anda sakit perut, tidak heran apabila anda juga akan mengalami pusing atau sakit kepala.

Jika hal ini terjadi, maka posisi tidur anda sebaiknya berbaring di sisi kiri anda. Kemudian letakkanlah bantal di antara lutut anda. Ini akan mengurangi rasa sakit yang akan menjalar ke kepala.

Baca Juga : Adab Sebelum Tidur Menurut Islam yang Sesuai Anjuran Rasulullah

Sakit Kepala dan Demam

Ketika anda sakit kepala disertai demam, maka sebaiknya anda berbaring terlentang. Usahakan kepala anda lebih tinggi dari posisi tubuh. 

Sakit Kepala Dengan PMS

Anda harus memperhatikan posisi tidur anda saat seperti ini. Anda sebaiknya berbaring telentang dan letakkan bantal pada bawah lutut anda. Usahakan tulang belakang anda tidak dalam posisi tertekuk. 

Kesehatan Otot-otot tubuh

Jika anda terlalu lama duduk, sebaiknya anda melakukan peregangan untuk mencegah sakit kepala. Anda sebaiknya tidur dengan posisi terlentang dengan kaki bukalah selebar-lebarnya untuk merilekskan otot-otot tubuh yang tegang.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan bugar, sehingga jauh dari nyeri akibat salah tidur. Beberapa cara posisi tidur untuk menghilangkan sakit kepala di atas bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti makanan dan minuman yang anda konsumsi. Karena makan dan minum secara teratur dapat membuat tubuh anda sehat dan vit.

Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan dan bahan makanan yang dapat meredakan sakit kepala, seperti kentang, semangka, pisang, roti, ikan, nanas, melon, mentimun, dan kismis. Makanan tersebut mampu meredakan sakit kepala yang anda rasakan. 

Dengan posisi tidur untuk menghilangkan sakit kepala, kualitas tidur yang baik dapat memberi manfaat terhadap tubuh kita yaitu memperlancar pencernaan, meringankan kerja jantung, meredakan nyeri punggung, serta menjaga kesehatan paru-paru dan pernafasan.

- Advertisment -