PPKM di Jabar, Kepatuhan Pakai Masker Tasik dan Pangandaran Terendah

PPKM di Jabar, Kepatuhan Pakai Masker Tasik dan Pangandaran Terendah
Gubernur Jabar RIdwan Kamil menyebut pelaksanaan PPKM di Jabar meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan. Foto: Istimewa

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Jabar telah lebih dari sepekan sejak diberlakukan pada Senin (11/1/2021). Secara umum tren kepatuhan protokol kesehatan warga Jabar mengalami peningkatan. Terutama daerah yang melaksanakan PPKM atau PSBB Proporsional.

Namun daerah yang tidak melaksanakan PPKM tingkat kepatuhan menerapkan protokol kesehatan justru malah mengalami penurunan. Seperti Kabupaten Tasikmalaya dan Pangandaran jadi yang terendah dalam kepatuhan memakai masker.

Berdasarkan evaluasi wilayah per 15 Januari 2021 PPKM di Jabar. Tiga daerah dengan kepatuhan memakai masker terendah yakni Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya (tidak PPKM) dan Kota Tasikmalaya.

Sedangkan daerah  yang kepatuhan memakai masker terbaik yakni pertama Kota Bekasi, lalu Kota Bandung dan ketiga adalah Kota Cimahi.

Sementara untuk kepatuhan menjaga jarak ketiga daerah terbaik yakni Kota Bekasi, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Bandung Barat. ketiganya adalah daerah yang melaksanakan PPKM di Jabar. Sedangkan yang terendah yakni Kota Depok, Kabupaten Garut dan Kota Tasikmalaya.

“Saya ucapkan terima kasih untuk Kota Bekasi yang patuh memakai masker dan menjaga jarak. Kota Bekasi ini paling disiplin, meski belum sempurna, pertahankan. Yang belum patuh, saya titik kepada kepala daerahnya untuk mengedukasi masyarakat secara terus menerus,” katanya.

Ridwan Kamil menjelaskan sepekan pelaksanaan PPKM atau PSSB Proporsional di Jabar, tingkat kepatuhan warga baik dalam menjaga jarak dan memakai masker mengalami peningkatan.

Tingkat kepatuhan memakai masker pada 11 Januari 2021 adalah 50,88 persen, tapi sekarang meningkat 60,37 persen  pada 13 Januari 2021. Kemudian terus meningkat per 15 Januari 2021 menjadi 71,83 persen. Sedangkan untuk jaga jarak dari 41 persen meningkat jadi 65,49 persen pada 15 Januari 2021.

“Pak Luhut sudah evaluasi PPKM Jabar, dan mendapat apresiasi untuk tingkat kedisiplinan. Tentunya ini berkat kerja keras semua, terutama Pak Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi,” ucapnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang