Primer untuk Kulit Berminyak? Ini Tips Memilih Produk yang Cocok

Primer Untuk Kulit Berminyak? Tips Memilih Produk Yang Cocok
Ilustrasi primer untuk kulit berminyak. Foto: Ist/Net

Primer untuk kulit berminyak tentunya membantu kulit yang oily dalam makeup sehingga susah menempel dan juga mudah luntur. Sebab jika kulit wajah anda berminyak, hal ini akan membuat sedikit tricky.

Menggunakan primer yang cocok untuk kulit berminyak, memiliki fungsi sebagai base makeup yang bisa mengontrol kadar minyak serta membuat make up bisa menempel lebih lama. Jika anda masih bingung memilih produk primer, yuk intip tipsnya!

Cara Memilih Primer Untuk Kulit Berminyak

Sebelum anda memilih produk apa yang akan anda pakai, perhatikan tiga poin ini dalam memilih primer untuk kulit berminyak.

Pilihlah Primer Tanpa Minyak dan Tidak Mudah Luntur

Baca Juga : Manfaat Masker Daun Kelor untuk Kecantikan, Bisa Atasi Kulit Berminyak

Bagi anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya sangat berhati-hati dalam memilih primer. Anda bisa memilih produk yang mengandung formula dengan efek anti kilap dan juga dapat menyerap minyak secara berlebih.

Berikut beberapa contoh bahan yang memiliki kandungan bebas kilap dan juga tidak mudah luntur. Bahan yang bisa menyerap minyak yaitu sicia dan mica.

Lalu komposisi bahan yang bisa tahan terhadap keringat dan juga air yaitu dimethicone dan cyclopentasiloxane/ cyclomethicone. Ini merupakan bahan kandungan yang bisa disebut dengan silikon. Produk yang memiliki formula silikon adalah produk yang bisa tahan terhadap air.

Jika primer anda mengandung formula tersebut, riasan make up anda bisa bertahan untuk waktu yang lama. Sebab, formula tersebut tidak mudah luntur oleh keringat, juga bisa mengurangi minyak di wajah anda.

Pilih Tekstur Primer yang Lembut

Pilihan primer untuk kulit berminyak memiliki tekstur cair atau krim. Tekstur keduanya bisa terbilang cukup tebal dan juga mudah untuk diaplikasikan.

Salah satu cara untuk memeriksanya, cukup dengan mengoleskannya sedikit produk di tangan anda. Dengan demikian, anda bisa mengetahui apakah produk pilihan anda dapat diaplikasikan secara mudah.

Baca Juga : Bedak untuk Kulit Berminyak, Fungsinya Bagi Wajah dan Tips Memilihnya

Jika primer tidak mudah saat pengaplikasiannya, anda perlu tenaga untuk mengoleskannya sehingga bisa menimbulkan gesekan di kulit wajah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan produk yang mudah anda aplikasikan ke kulit wajah dengan sentuhan ringan.

Pilih Produk Primer yang Mengandung SPF

Saat memilih primer untuk kulit berminyak, pastikan anda memilih produk yang ada komponen tabir surya seperti SPF/PA. Terdapat pula orang mengoleskan sunscreen sebagai primer untuk melindungi wajah dari sinar ultraviolet.

Selain bisa menimbulkan noda hitam, sinar tersebut juga bisa mengiritasi kulit. Terdapat beberapa kasus, paparan sinar ultraviolet dapat membuat kulit produksi sebum secara berlebihan agar dapat melindungi kulit anda. Upaya mencegah hal tersebut, sebaiknya anda menggunakan primer yang mengandung SPF/PA.

Terlebih jika anda tinggal di empat musim, pastikan anda benar-benar memilih primer, terutama akan anda gunakan pada bulan April. Karena bulan April, intensitas sinar UV menjadi lebih kuat, sehingga anda perlu menggunakan produk yang memiliki khasiat lebih tinggi.

Bagi anda yang tinggal di Indonesia, pemilihan produk perlu diperhatikan saat anda akan pergi untuk berlibur. Jika anda akan berlibur ke tempat yang relatif panas, pastikan anda sudah memakai produk primer untuk kulit oily yang mengandung SPF/PA tinggi.

Baca Juga : Jenis Bedak Wardah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

Primer Untuk Kulit Berminyak

Jika anda memiliki berminyak, tentu perlu juga menggunakan semua make up yang bersifat matte. Termasuk juga dengan primer. Primer dengan sifat mattenya akan meminimalisir munculnya minyak berlebihan pada wajah anda. Sehingga bisa membuat penampilan make up jadi mudah digeser.

Formula lain yang bisa anda pilih, yaitu formula yang memiliki klaim sebagai pro minimizer atau pore filler karena pada umumnya pori-pori kulit berminyak cenderung lebih besar.

Pada dasarnya jika anda memiliki kulit cenderung berminyak, pastinya anda akan kesulitan saat memakai make up. Pastikan anda menggunakan primer untuk base make up yang tepat.

Anda juga bisa memakai khusus primer untuk kulit berminyak. Hindari juga primer yang memiliki efek strobing. Karena primer jenis ini kurang mampu untuk bisa menahan kandungan minyak yang berlebih di wajah anda.

Anda bisa memilih mattifying primer, karena bisa mengurangi banyaknya minyak serta juga bisa membuat hasil riasan make up anda menjadi lebih sempurna. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah