Protect Jisoo Blackpink Trending Twitter, Bentuk Dukungan Blink

Protect Jisoo Blackpink Trending Twitter Bentuk Dukungan Blink
Protect Jisoo Blackpink Trending. Foto: scmp.com

Protect Jisoo Blackpink trending Twitter pada Rabu 20 Januari 2021. Bukan hanya Twitter Indonesia saja yang trending, namun tagar ini memuncaki berbagai Twitter mancanegara.

Tagar #ProtecJISOO menjadi trending bukan tanpa alasan. Pasalnya, para Blink sebutan penggemar Blackpink yang membela bias mereka dari para haters.

Haters kali ini mempermasalahkan mengenai bahasa Inggris Jisoo yang tidak selancar teman satu grupnya yang lain. Hal ini terlihat dari beberapa acara yang mengharuskan member Blackpink untuk bercakap dalam bahasa Inggris. Namun daripada ketiga rekannya, Jisoo merupakan member yang belum mahir menggunakan bahasa Inggris.

Kemampuan bahasa Inggris yang idol miliki terkadang menjadi hal yang dipermasalahkan dan mencari kesalahan dari idol tersebut. Hal ini juga menimpa Jisso member Blackpink yang mendapatkan ucapan dari para hatersnya karena kemampuan bahasa Inggrisnya.

Haters menilai jika kemampuan bahasa Inggris Jisoo tidak semahir rekannya yang lain, seperti Rose, Lisa, dan Jennie. Sehingga ada sebagian orang yang mempermasalahkan dan tidak menyukainya.

Karena tidak terima dengan anggapan seperti ini, para Blink pun tidak tinggal diam sehingga menaikkan tagar protect Jisoo Blackpink sehingga trending pada media sosial Twitter.

Baca Juga: Natya Shina Kritik Jennie Blackpink, Tagar #ApologizeToJennie Menggema

Blink memberikan reaksi terhadap hal ini dengan menaikan tagar #ProtectJISOO serta #XenophobialsNotAJoke. Blink menganggap jika Jisoo tidak pantas untuk mendapatkan kebencian.

Lantaran Jisoo selalu berusaha untuk berkomunikasi dengan baik ketika menggunakan bahasa Inggris. Jika haters ingin mengerti yang Jisoo ucapkan, maka sebaiknya haters berusaha untuk belajar bahasa Korea saja.

Inilah salah satu ungkapan yang Blink berikan atas reaksi perlakukan terhadap idol mereka. Istilah Xenophobia tiba-tiba menjadi ramai dalam dunia maya baru-baru ini. Hal ini karena penggemar Blink yang menaikkan tagar tersebut untuk memberikan pembelaan kepada jisoo.

Apa itu Xenophobia?

Blink sangat khawatir dengan kondisi Jisoo ketika mendapatkan serangan ia tidak lancar bahasa Inggris. Sampai para penggemar ini memberikan dukungan pada Jisoo dengan tagar protect Jisoo Blackpink trending.

Sehingga penggemarnya mengatakan jika mereka yang mengatakan Jisoo demikian, memiliki Xenophobia. Namun tahukah kalian mengenai istilah Xenophobia?

Baca Juga: Sinopsis Light Up The Sky, Kisah Perjalanan BLACKPINK

Kata Xenophobia merupakan suatu ketakutan terhadap terhadap sesuatu yang asing. Atau ketakutan pada apapun bisa manusia dan benda lainnya yang berbeda dari dirinya.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu Xenos berarti orang asing serta Phobos yang bermakna ketakutan. Namun dari Very Well Mind jika Xenophobia bisa berarti tumpang tindih dengan arti kata prasangka buruk yang mengacu pada rasisme serta homofobia, namun memiliki perbedaan lain dengan fobia.

Dukungan pada Jisoo

Hal ini terjadi pada member idol grup Korea Selatan sehingga ada tagar protect Jisoo Blackpink trending dalam akun Twitter. Tentu ini menjadi bentuk dari pembelaan dan dukungan pada idol yang mendapatkan dekriminasi mengenai kemampuan dalam bahasa Inggris.

Apabila terkait dengan rasisme, maka hal ini akan membentuk suatu deskriminsi terhadap karakteristik tertentu. Biasanya Xenophobia akan bermula dari persepsi atau anggapan salah satu anggota yang berasal dari kelompok asing atau suatu komunitas.

Mereka yang mengidap Xenophobia akan berpendapat jika budaya atau bangsanya memiliki keunggulan lebih daripada orang lain.

Bahkan mereka ingin menjauhkan imigran asing dari budaya mereka sampai dengan menggunakan tindakan yang merugikan suatu budaya atau orang lain.

Hal ini pula yang menimpa member Blackpink sehingga muncul tagar Protect Jisoo Blackpink trending Twitter menjadi perlindungan untuk bias mereka.

Walapun sebenarnya ketakutan mereka ini hanya sebagai wakil dari kenyataannya, namun mereka yang mengidap Xenophobia tidak benar-benar memiliki fobia.

Akan tetapi, istilah ini untuk memberikan gambaran kepada mereka yang mendeskriminasikan terhadap orang baru. Sampai saat ini Xenophobia merupakan kategori gangguan mental yang masuk dalam perdebatan. Hanya saja, hal ini masih berkaitan dengan deskriminasi terhadap suatu hal.

Protect Jisoo Blackpink trending untuk Twitter menjadikan bentuk dukungan atas kekhawatiran Blink dengan adanya deskriminasi mengenai kemampuan bahasa Inggris Jisoo yang tidak selancar member lainnya. Dengan melihat seperti ini, mereka berharap Jisoo baik-baik saja dan tidak terpengaruh mengenai ucapan haters yang menyudutkannya. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu