Angin Puting Beliung di Kota Banjar, Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Angin Puting Beliung Kota Banjar
Rumah milik Sarmini, warga Desa Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, tertimpa pohon akibat angin puting beliung. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hujan deras disertai angin puting beliung yang melanda wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, menyebabkan pohon tumbang. Pohon tersebut kemudian menimpa rumah milik Sarmini warga RT 2 RW 7 Dusun Karangmukti, Desa Langensari, Senin (25/1/2021).

Pohon jenis Mangga yang tumbang akibat angin kencang tersebut mengakibatkan rumah milik Sarmini mengalami kerusakan pada bagian atap dan bagian depan rumah.

Menurut keterangan Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar Firmansyah, peristiwa robohnya pohon jenis mangga hingga menimpa rumah warga tersebut terjadi sekitar pukul 14:55 Wib.

Saat itu hujan turun sangat deras dan angin bertiup kencang. Tiba-tiba pohon Mangga berukuran cukup besar yang posisinya tepat berada depan rumah ambruk menimpa bagian depan rumah.

“Kemungkinan karena akar pohon tidak begitu kuat menahan angin yang sangat kencang. Ditambah lagi cuaca hujan deras,” kata Firmansyah saat dihubungi HR Online, Senin (25/1/2021).

Beruntung, lanjut Firmansyah, meski saat kejadian tersebut anggota keluarga korban dengan jumlah jiwa 5 orang tengah berada di dalam rumahnya. Namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Korban hanya mengalami kerugian material karena bagian atap rumah rusak. Selain itu, teras atau emper rumah juga roboh akibat tertimpa pohon Mangga itu.

“Tadi kami bersama sejumlah relawan langsung meninjau lokasi dan melakukan pendataan guna memastikan kerusakan akibat bencana puting beliung itu,” katanya.

Angin Puting Beliung di Desa Lainnya Kota Banjar

Firmansyah menambahkan, kejadian pohon tumbang menimpa rumah akibat hujan deras disertai angin kencang tersebut tidak hanya terjadi di Desa Langensari. Namun juga terjadi di Desa Rejasari.

Namun demikian, dari laporan yang masuk sementara ini dari peristiwa pohon tumbang yang terjadi di Desa Rejasari tersebut juga tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Pemilik rumah hanya mengalami kerugian material berupa rusak sedang.

Pihaknya pun mengingatkan kepada warga dan semua pihak untuk selalu waspada akan datangnya musibah bencana daerah yang disebabkan oleh hujan deras serta potensi bencana lainnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kami ingatkan semua pihak tetap siaga. Apalagi saat ini masih dalam musim penghujan dengan intensitas curah hujan cukup tinggi” ujarnya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu