Ramuan untuk Mengatasi Keringat Dingin Berlebihan yang Efektif

ramuan untuk mengatasi keringat dingin
Ini dia ramuan untuk mengatasi keringat dingin. Foto: Ist/Net

Minum ramuan untuk mengatasi keringat dingin berlebihan merupakan solusi praktis yang bisa Anda lakukan. Keringat dingin berbeda dengan keringat biasa dan ini berhubungan dengan gangguan medis sehingga membutuhkan penanganan yang cepat.

Dalam anatomi tubuh manusia terdapat jutaan kelenjar keringat. Kelenjar keringat yang tersebar pada seluruh tubuh ini terbagi atas dua jenis. Yaitu kelenjar keringat eccrine dan apokrin.

Pada orang normal, keringat akan keluar saat melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Begitu juga kalau udara sekitar terlalu panas, maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh.

Namun bagaimana jika keringat keluar sendiri tanpa adanya aktivitas fisik maupun pengaruh suhu lingkungan? Keringat dingin biasanya timbul saat tidur malam. Namun gejala ini juga muncul pada saat yang lain. Jika keringat dingin keluar pada kondisi tidak seharusnya, maka perlu mengatasinya dengan ramuan herbal.

Keluarnya keringat dingin tak jarang juga secara berlebihan. Gejala ini biasanya berkaitan dengan timbulnya kecemasan, ketakutan, atau ancaman. Namun hal ini juga bisa merupakan dari gejala suatu penyakit.

Pilihan Ramuan untuk Mengatasi Keringat Dingin Berlebihan

Indonesia memang sangat kaya dengan tanaman yang berkhasiat obat. Selain mudah untuk mendapatkannya, herbal semacam ini juga murah. Berikut beberapa ramuan untuk mengatasi keringat dingin berlebihan yang bisa Anda gunakan.

Minum Air Putih

Tubuh sebagian besar terdiri atas cairan. Jika Anda mengalami keringat keluar tanpa aktivitas fisik sebaiknya segera minum air putih yang cukup. Selain untuk mencegah dehidrasi, langkah ini juga berguna untuk meredakan gejala yang ada.

Minum air putih yang cukup setiap hari berguna untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Hal ini juga bertujuan menjaga sistem imunitas tubuh. Terlebih jika keringat muncul saat tidur malam, Anda perlu segera minum air putih.

Jus Lidah Buaya

Kita mengenal manfaat lidah buaya untuk perawatan kecantikan kulit. Namun herbal ini juga bisa menjadi ramuan untuk mengatasi keringat dingin berlebihan.

Lendir dari tanaman ini mengandung fitoestrogen maupun fitonutrien yng berfungsi menstabilkan dan mengontrol hormon maupun suhu tubuh. Senyawa ini juga efektif mengendalikan produksi keringat dingin berlebihan.

Teh Hijau

Kita mungkin terbiasa minum teh hitam. Meskipun rasanya yang terasa berbeda dengan teh hitam, teh hijau mengandung banyak fitokimia yang sangat berguna untuk meningkatkan imunitas dan menangkal penyakit.

Dalam teh hijau juga terdapat kandungan tanin dan asam organik yang berguna dalam menghambat maupun mengontrol sekresi keringat. Minum air teh ini juga berguna untuk mengatasi keringat dingin berlebihan.

Jus Buah Delima

Buah delima juga merupakan ramuan untuk mengatasi keringat dingin berlebihan yang efektif. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineralnya yang dapat menetralkan produksi keringat yang berlebihan, khususnya keringat dingin saat tidur.

Meskipun buah ini berguna untuk kesehatan tubuh, namun batasi konsumsinya. Sebab jika berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Anda bisa minum jus buah ini sebelum tidur agar nyenyak dan segar setelah bangun.

Ginseng dan Madu

Alternatif lain untuk mengatasi tubuh yang sering keluar keringat dingin adalah dengan minum ginseng dengan tambahan madu. Saat ini sudah banyak teh ginseng dalam bentuk sachet atau siap sedih yang banyak dijual.

Anda bisa meramunya sendiri dengan menambahkan madu. Dengan minuman ini sebelum tidur berguna untuk mengontrol produksi keringat saat tidur malam. Bahkan Anda akan bisa tidur lebih nyenyak.

Kunyit Asam dan Jahe

Ramuan untuk mengatasi keringat dingin berlebihan juga bisa dengan mengonsumsi rebusan kunyit dengan tambahan asam Jawa dan jahe. Herbal alami ini akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas tanpa gangguan.

Jika Anda tak ingin repot dalam membuatnya, Anda bisa membeli jamu kunyit asam tradisional. Pedagang jamu keliling semacam ini bisa memudahkan Anda dalam mengonsumsi ramuan herbal tanpa perlu repot membuatnya.

Hindari Makanan Pedas

Keluarnya keringat dingin tak selalu karena penyakit atau psikologis. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas juga bisa menyebabkan masalah keringat dingin. Hal ini karena suhu tubuh dan asam lambung yang meningkat.

Kondisi ini bisa memicu terganggunya kelenjar tiroid yang memicu keluarnya keringat dingin. Karena itu menghindari makanan pedas saat malam berguna untuk mencegah gangguan keringat dingin berlebihan.

Itulah beberapa pilihan ramuan untuk mengatasi keringat dingin berlebihan yang bisa Anda manfaatkan. Minum ramuan herbal ini lebih bersifat darurat. Jika kondisi tak segera membaik sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikannya.