Rangka Aksial dan Apendikular Beserta Tulang Penyusunnya

Rangka Aksial dan Apendikular Beserta Tulang Penyusunnya
Ilustrasi Rangka Aksial dan Apendikular. Foto: healthline.com

Rangka aksial dan apendikular terdiri atas tulang-tulang dengan fungsi sebagai penyusun rangka tubuh yang kokoh dan fleksibel. Manusia mempunyai ratusan jenis tulang. Namun secara garis besar tulang tersebut dikelompokkan dalam dua tipe, yaitu rangka aksial dan juga apendikular.

Pada umumnya, tulang mempunyai susunan dari protein kolagen serta mineral kalsium fosfat dengan sifat yang saling melengkapi satu dengan yang lain.

Kolagen adalah materi dari kerangka yang lembut, sementara kalsium fosfat bersifat sangat keras serta berfungsi untuk melindungi kolagen terhadap tekanan dari luar tulang.

Struktur Rangka Aksial dan Apendikular

Struktur dalam tulang sangat menyerupai sarang lebah yang mempunyai rongga. Kombinasi dari ketiganya pun menghasilkan tulang yang sangat kuat serta menopang tubuh, namun tetap ringan di dalam. Dengan demikian, manusia dapat bergerak dengan fleksibel.

Baca Juga: Fungsi Tulang Kering dan Resiko Gangguan yang Perlu Kita Ketahui

Rangka Aksial

Mengutip Wikipedia, rangka aksial merupakan bagian rangka yang terdiri atas tulang dari bagian kepala dan trunk pada vertebrata. Sementara itu, pada rangka manusia terdiri atas 80 tulang dengan yang ada pada sumbu tegak lurus atau vertikal dalam tubuh. Tulang-tulang tersebut adalah tengkorak, kolom vertebral, serta toraks.

1. Tengkorak

Tulang rangka aksial dan apendikular pada bagian ini terdiri atas 22 tulang yang juga terbagi berdasarkan lokasinya, yakni tulang fasial dan tulang kranial.

Tulang fasial terdiri atas 14 buah dengan susunan tulang yang membentuk untuk wajah manusia. Lalu tulang kranial yang terdiri 8 buah yang merupakan batok kepala sebagai pelindung otak.

2. Kolom Vertebral

Kolom vertebral ini terdiri atas 26 tulang dari 24 tulang belakang, sakrum, dan tulang ekor. Sejumlah 24 tulang belakang tersebut kemudian dikelompokkan dalam tiga bagian yaitu:

  1. Vertebra servikal yang berada pada bagian kepala dan juga leher (tujuh buah tulang)
  2. Vertebra toraks yang berada pada bagian punggung atas (12 tulang)
  3. Lalu, vertebra lumbal yang berada pada punggung bagian bawah (lima tulang)

Sedangkan untuk dua tulang rangka aksial dan apendikular sisanya, yakni tulang ekor dan sakrum yang terdiri dari sejumlah tulang belakang yang menyatu.

Dua tulang tersebut membantu menopang dari beban tubuh saat duduk. Kemudian, juga berfungsi sekaligus untuk titik perlekatan berbagai ligamen.

3. Toraks

Bagian dari rangka aksial ini terdiri dari sternum atau tulang dada serta 12 pasang tulang rusuk. Tulang-tulang ini membentuk seperti selubung untuk melindungi sekitar organ tubuh pada bagian atas. Hal ini termasuk pada bagian jantung serta paru-paru.

Baca Juga: Anatomi Tulang Panggul Wanita yang Ukurannya Lebih Besar dari Pria

Rangka Apendikular

Tubuh tersusun atas 126 tulang apendikular. Yang termasuk dalam tulang apendikular adalah tulang lengan bagian atas, kaki bagian bawah bahu bagian girdel pektoral, dan juga pinggul bagian girdel pelvis.

1. Bagian Atas

Pada tubuh manusia bagian rangka aksial dan apendikular atas mempunyai 30 tulang yang kita kenal seperti:

  1. Humerus: tulang panjang pada lengan atas
  2. Radius: salah satu dari dua tulang pada lengan bawah yang ada pada sisi ibu jari
  3. Ulna: tulang panjang yang kedua pada lengan bawah yang ada pada sisi kelingking
  4. Karpel atau karpal: delapan tulang yang berkelompok pada pergelangan tangan
  5. Metakarpal: lima tulang yang ada pada bagian tengah tangan serta
  6. Falang: 14 tulang sebagai penyusun jari

2. Bagian Bawah

Tubuh pada bagian bawah ini mempunyai 30 tulang yang terbagi atas:

  1. Femur yaitu tulang besar pada kaki bagian atas
  2. Fibula yaitu tulang pada bagian tungkai bawah yang ada pada tungkai luar
  3. Tibia yaitu tulang utama pada tungkai bawah yang mana membentuk tulang kering
  4. Patella adalah tulang tempurung lutut
  5. Falang adalah 14 tulang penyusun jari-jari kaki
  6. Tarsal adalah tujuh tulang yang ada pada bagian pergelangan kaki
  7. Metatarsal yaitu lima tulang yang membentuk wilayah tengah kaki.

3. Girdel Pektoral

Bagian dari rangka aksial dan apendikular ini merupakan bagian yang menjadi tempat menempelnya tulang aksial. Bagian girdel pektoral ini terdiri atas tulang selangka (klavikula) serta juga tulang belikat (scapula). Masing-masing memiliki jumlah dua tulang atau satu pada setiap lengan.

4. Girdel Pelvis

Girdel pelvis atau tulang pinggul ini merupakan rangka untuk tempat menempelnya tulang kaki. Bagian ini terdiri atas dua tulang punggung yakni satu pada setiap kaki. Yang mana masing-masing terdapat bagian ilium, pubis, dan juga iskium.

Ilium merupakan bagian atas setiap tulang panggul. Lalu, iskium adalah tulang yang melengkung dan untuk menyusun bagian dasar dari tulang pinggul. Sementara pubis merupakan bagan dean tulang pinggul yang kita kenal dengan tulang kemaluan.

Untuk dapat memungkinkan jika rangka aksial dan apendikular ini menjalankan fungsi dengan baik, maka anda wajib menjaga kesehatan tulang. (R10/HR Online)

Editor: Jujang