Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM, Mesin Terbukti Paling Bandel

Rekomendasi mobil paling irit BBM dengan mesin terbukti paling bandel. Foto: Net/Ist.
Rekomendasi mobil paling irit BBM dengan mesin terbukti paling bandel. Foto: Net/Ist.

Rekomendasi mobil paling irit BBM buat anda yang saat ini sedang mencari kendaraan roda empat, dan dapat menghemat biaya bahan bakarnya. Jika umumnya mobil bisa menempuh 9 sampai 11 Kilometer per liter, maka mobil yang paling irit bahan bakar mampu berjalan hingga lebih dari 20 Kilometer per liter.

Hal itu tentunya banyak menarik minat orang lantaran bisa menghemat biaya untuk pembelian bahan bakarnya. Tak hanya mobil berteknologi LCGC (Low Cost Green Car). Namun, sejumlah model mobil lainnya pun punya keiritan yang sama.

Deretan mobil irit BBM ini menjadi solusi sebagai alat transportasi anda sehari-hari. Karena, mobil boros BBM akan membuat pemiliknya harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Kabar baik bagi anda yang saat ini berniat ingin mencari mobil keluaran baru dengan spesifikasi mesin irit BBM. Rekomendasi mobil paling irit BBM ini bisa menjadi pilihan anda.

Jika mengendarai mobil sesuai panduan perusahaan mobil, konsumsi BBM pun akan irit. Sekarang ini model mobil yang paling irit BBM memiliki fitur ECO.

Fitur tersebut menandakan bahwa penggunaan mobil ini irit bahan bakar atau tidak. Apabila tanda ECO hijau, maka posisi anda saat mengendarai mobil berarti sudah benar.

Baca Juga : Merek Mobil Paling Rewel, Dianggap Sering Bermasalah, Ini Daftarnya!

Merangkum dari berbagai sumber, selain irit BBM, mobil yang direkomendasikan ini juga termasuk mobil dengan harga murah. Mulai harga kurang dari Rp 200 juta, sampai mobil bekas yang harganya kurang dari Rp 100 juta. Penasaran mobil apa saja? berikut ini ulasannya.

19 Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis menjadi salah satu mobil keluaran baru pabrikan Suzuki. Mobil ini hadir dengan membawa mesin 1.197 cc, transmisi manual dengan 5 percepatan.

Mobil Suzuki Ignis menjadi kendaraan roda empat yang mampu menempuh jarak 23,64 Kilometer hanya dengan konsumsi BBM 1 liter saja.

BMW 320d

Mobil yang irit BBM berikutnya dari perusahaan otomotif BMW dengan menghadirkan BMW 320d. Mobil ini menjadi kendaraan roda empat pabrikan Eropa yang paling irit bahan bakar.

BMW seri 320d menggunakan mesin 1998 cc, transmisi otomatis dengan 8 percepatan. Pihak BMW mengklaim kalau seri 320d mampu menempuh jarak hingga 23,3 Kilometer hanya cukup dengan 1 liter bensin saja.

Datsun Go

Datsun Go menjadi mobil Low Cost Green Car di Indonesia. Mesinnya berkapasitas 1200 cc dengan transmisi manual. Pihak perusahaan Datsun sendiri mengklaim kalau mobil buatannya ini dapat menempuh jarak sampai 23,5 Kilometer hanya cukup 1 liter bensin.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik dengan Platform Terbaru yang Canggih

Datsun GO+ Panca

Produk lainnya dari Datsun Indonesia yang sama-sama irit BBM yaitu Datsun Go+ Panca. Sama dengan Datsun GO, mobil ini juga masih menggunakan mesin 1200 cc.

Untuk menempuh jarak 23,5 Kilometer, Datsun GO+ Panca cukup membutuhkan BBM 1 liter. Yang membedakan dengan Datsun GO hanya dari fitur dan harganya saja. Namun, harga kedua mobil ini sama-sama murah.

New Daihatsu Ayla

New Daihatsu Ayla menjadi rekomendasi mobil paling irit BBM selanjutnya. Berdasarkan hasil pengujian lapangan, mobil ini hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 23 Kilometer.

Dengan demikian, maka New Daihatsu Ayla menjadi mobil sangat ramah konsumsi bahan bakar, sehingga dapat menekan pengeluaran biaya BBM bagi penggunanya.

Honda Civic Turbo

Bagi anda yang menginginkan mobil sport tapi irit BBM, mobil Honda Civic Turbo keluaran tahun 2019 bisa jadi pilihan. Mobil bermesin 1500 cc Turbo ini mampu menempuh jarak 21 Kilometer cukup dengan 1 liter bensin saja.

Nissan March

City car yang masuk rekomendasi mobil paling irit BBM berikutnya yaitu Nissan March. Bisa anda pastikan kalau mobil ini lebih irit bahan bakar ketimbang Sigra dan Calya.

Hanya dengan bermodalkan 1 liter bensin, mobil Nissan March mampu menempuh perjalanan hingga 21 Kilometer.

Honda Brio

Berdasarkan hasil uji dalam GIIAS 2018 lalu, Honda Brio sangat irit BBM. Pasalnya, mobil pabrikan Honda ini hanya butuhkan 1 liter bensin saja untuk bisa menempuh perjalanan sampai 20 Kilometer. Mobil ini hadir bermesin 1200 type i-VTEC dengan 4 Silinder.

Mitsubishi Mirage

Mirage menjadi salah satu city car yang paling irit bahan bakar dari Mitsubishi. Harganya memang termasuk sangat murah.

Meski begitu, mobil ini memiliki fitur canggih dan irit bahan bakar. Cukup dengan 1 liter bensin, mobil Mitsubishi Mirage mampu menempuh perjalanan hingga 19,1 Kilometer.

Baca Juga : Mobil Hyundai Santa FE Terbaru Saingan Fortuner, Ini Keunggulannya

KIA Picanto

Meskipun tidak setenar mobil pabrikan Suzuki dan Toyota, namun KIA punya salah satu produk mobil yang paling irit BBM di Indonesia, yaitu Kia Picanto. Mobil dengan kapasitas mesin 1200cc ini bisa menempuh perjalanan sampai 19 Kilometer per 1 liter bensin.

Daihatsu Sigra X

Jika anda ingin mobil yang irit bahan bakarnya, Daihatsu Sigra X masuk dalam rekomendasi mobil paling irit BBM. Hanya dengan 1 liter bensin mampu menempuh jarak 19 kilometer.

Toyota Corolla Altis

Mobil yang irit bahan bakar selanjutnya ada dari Toyota, yaitu Corolla Altis. Mobil jenis sedan yang satu ini teririt di pasaran.

Dengan mesin 1700cc tidak membuatnya boros BBM, karena Toyota Altis ini bisa menempuh perjalanan 18 Kilometer per 1 liter bensin.

Honda Mobilio

Rekomendasi mobil paling irit BBM selanjutnya adalah Honda Mobilio. Mobil jenis MPV ini sudah terbukti paling irit bahan bakar.

Hanya cukup 1 liter bensin, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 17,05 Kilometer. Makanya tidak heran kalau Honda Mobilio banyak yang beli.

Mitsubishi Xpander

Mobil ini menjadi pesaing Honda Mobilio. Penjualan Mitsubishi Xpander cukup sukses di tahun 2020 karena memiliki kelebihan irit BBM. Hanya cukup 1 liter bensin saja, mobil ini mampu menempuh perjalanan hingga 16 Kilometer.

Daihatsu Xenia

Sejak dulu mobil ini paling laris menjadi pilihan masyarakat lantaran dikenal sebagai mobil dengan harga termurah dan paling irit BBM. Cukup dengan 1 liter bensin, mobil ini dapat menempuh jarak sampai 11,8 Kilometer.

Toyota Avanza

Banyak orang masih bingung apa perbedaan antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Perbedaan yang paling menonjol tentunya dari desain dan juga konsumsi BBM.

Mobil Toyota Avanza ini cuma butuh 1 liter bensin saja untuk bisa menempuh perjalanan hingga 12,5 Kilometer.

Suzuki Ertiga

Selain Daihatsu Xenia, mobil Suzuki Ertiga juga bisa menempuh jarak sampai 11 Kilometer dengan 1 liter bensin. Karena nyaman untuk dijadikan mobil keluarga, Suzuki Ertiga ini banyak yang membelinya.

Toyota Calya

Toyota Calya menjadi rekomendasi mobil paling irit BBM untuk jenis mobil keluarga. bahkan, harganya pun lebih murah dari Toyota Avanza.

Makanya All New Calya menjadi pilihan bagus bagi anda yang ingin membeli mobil untuk keluarga. Selain suspensinya yang empuk, konsumsi BBM juga terbilang irit.

Toyota Agya

Toyota Agya menjadi mobil murah harga kurang dari Rp 170 juta dan paling irit bahan bakar. Mobil ini mampu menempuh jarak sampai 8 Kilometer dengan 1 liter bensin saja.

Kehadiran eco mode atau smart driving bisa memudahkan anda dalam mengendalikan mobil agar irit bahan bakarnya.

Itulah deretan mobil keluaran baru paling irit BBM, dan harganya murah serta mesinnya paling bandel. Jika anda masih bingung menentukan mobil untuk penggunaan sehari-hari, dari rekomendasi 19 mobil tersebut bisa menjadi pilihan. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah