Rekrutmen CPNS 2021 Dibuka April, Ini Formasi dan Kuota yang Dibutuhkan

Rekrutmen CPNS 2021 akan segera dibuka oleh pemerintah pusat. Foto: Ilustrasi.
Rekrutmen CPNS 2021 akan segera dibuka oleh pemerintah pusat. Foto: Ilustrasi.

Berita Nasional (harapanrakyat.com),- Rekrutmen CPNS 2021 akan segera dibuka oleh pemerintah pusat. Untuk pendaftarannya mulai bulan April hingga Mei mendatang. Total usulan untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 yang masuk bagi instansi pusat mencapai 113.172, sedangkan pemerintah daerah sebanyak 438.170.

Kabiro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Andi Rahadian, mengatakan, formasi yang menjadi prioritas masih sama seperti pada penerimaan CPNS tahun 2020.

Formasi tersebut meliputi Tenaga Kesehatan, Tenaga Guru, dan Tenaga Teknis yang akan mendukung arah serta prioritas pembangunan nasional, juga potensi daerah.

Khusus bagi PPPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk jabatan guru, itu sesuai berdasarkan kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat. Yaitu Mendikbud, Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, serta BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Dalam penerimaan CPNS 2021 ini, BKN akan melakukan rekrutmen dengan jumlah total 1 juta formasi. Guna mengakomodasi hal ini, khusus untuk pengajuan usulan formasi Guru PPPK, BKN memperpanjang sampai tanggal 31 Desember 2021.

Karena, sampai akhir bulan Agustus 2020, usulan formasi untuk Guru PPPK yang sudah masuk dari 32 pemerintah daerah provinsi, 370 pemda kabupaten, dan 89 kota, baru ada 174.077. Kemudian, dalam tahun 2021 ini, khusus seleksi bagi guru PPPK rencananya bakal berlangsung tiga kali.

Baca Juga : Rekrutmen CPNS Tahun 2021, BKPPD Kota Banjar Ajukan 1.032 Formasi

Rekrutmen CPNS 2021 Penting saat Krisis Kesehatan

Sebelumnya, ihwal rekrutmen CPNS 2021 juga telah MenPANRB, Tjahjo Kumolo, sampaikan ketika memberi pengarahan dalam rakor penyederhanaan birokrasi bulan Agustus 2020 lalu.

Ia menyebutkan, rekrutmen CPNS ini sangat penting dilakukan pada masa krisis kesehatan sekarang. Beberapa formasi untuk CPNS yang bakal dibuka pada seleksi tahun 2021 antara lain posisi bidan, perawat, dokter spesialis, dokter umum, penyuluh perairan, penyuluh pertanian, dan lainnya.

Nanti pada proses seleksi CPNS 2021, lowongannya juga terbatas. Hal itu sesuai dengan kebutuhan. Sebab, dari kementerian-kementerian kini mulai banyak yang tidak menambah lagi pegawainya.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa adanya persaingan sangat ketat ketika seseorang ingin bekerja sebagai abdi negara. Karena itu, para peserta dalam rekrutmen CPNS 2021 ini wajib mempersiapkan dengan baik sedini mungkin.

Tentunya dengan menghimpun lebih banyak ilmu.. Caranya yaitu dengan berlatih sekaligus mengerjakan soal yang banyak.

Memang selama ini calon peserta seleksi CPNS sudah biasa menggunakan beragam buku kumpulan soal untuk latihan tes CPNS. Tetapi, ada pilihan lain dengan menggunakan materi soal latihan melalui online pada alamat BisaCPNS.com.

Namun demikian, sampai sekarang pemerintah belum mengumumkan secara resmi mengenai syarat untuk bisa daftar pada rekrutmen CPNS 2021 ini. Meski begitu, untuk syarat pendaftaran CPNS tidak jauh beda dengan rekrutmen CPNS tahun 2019 lalu. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah