Resep Rujak Kangkung Khas Cirebon, Ekstra Pedas yang Bikin Nagih

Resep Rujak Kangkung
Resep Rujak Kangkung. Foto: Ist/Net

Resep rujak kangkung identik dengan cita rasa yang sangat pedas. Kuliner khas Cirebon ini sangat banyak diburu para pecinta pedas.

Rujak ini berbeda dengan jenis rujak pada umumnya. Sesuai dengan namanya, rujak ini berbahan sayur kangkung yang diaduk dengan sambal super pedas yang tersaji di atas piring.

Sambal pada rujak kangkung seperti sambal asam dengan tingkat kepedasan yang tinggi. Tidak hanya menggunakan sayur kangkung, dalam rujak ini juga tersaji campuran tauge yang semakin menambah cita rasa khas rujak kangkung.

Simak Resep Rujak Kangkung Khas Cirebon

Jangan ngaku sebagai pecinta pedas jika belum mencicipi kuliner satu ini. Rujak kangkung dadakan, salah satu kuliner khas Cirebon yang memiliki ciri khas tersendiri. Sajian kangkung yang direbus serta diguyur dengan pedasnya sambal asam.

Baca Juga: Nara Park Rancabentang, Cafe Unik Kota Bandung yang Instagenic

Hal ini tentu membuat siapapun yang mencicipinya akan semakin ketagihan. Anggapan sayur kangkung yang selalu bikin mengantuk siapapun yang menyantapnya.

Hal ini akan terbantahkan dengan makan rujak kangkung dadakan. Dengan cita rasa kangkung sawah yang segar beradu dengan sambal yang super pedas, maka tak segan membuat siapapun yang mencicipinya akan mendesis kepedasan.

Selain sebagai makanan khas Cirebon, kuliner ini juga cukup populer untuk beberapa wilayah lain seperti daerah Kuningan, Jawa Barat.

Akan tetapi, versi rujak kangkung dari masing-masing daerah pun berbeda-beda. Bagi anda yang semakin penasaran dengan rujak kangkung khas Cirebon, mari kita simak ulasannya.

Ciri Khas Resep Rujak Kangkung Khas Cirebon

Rujak kangkung merupakan kuliner tradisional yang banyak beredar di berbagai wilayah Jawa, salah satunya wilayah Cirebon.

Rujak kangkung terbukti sebagai salah satu menu yang dapat menyegarkan pikiran karena efek pedas serta gurih yang ditawarkan.

Apabila anda merasa penat setelah seharian beraktivitas, maka dengan mencicipi rujak ini tentu dapat mengembalikan kesegaran pikiran anda. Resep rujak kangkung Cirebon hampir sama dengan karedok.

Hanya saja jika rujak kangkung, sayurannya harus anda rebus terlebih dahulu. Sedangkan untuk karedok pada umumnya menggunakan sayuran mentah yang biasa dimakan mentah.

Tingkat kepedasan sambal juga menjadi perbedaan dari kedua kuliner ini. Selain itu, proses pembuatannya pun juga berbeda.

Baca Juga: Tempat Wisata di Magelang yang Ngehits

Bahan-Bahan Rujak Kangkung Cirebon

Sejak kunyahan pertama, rasa pedas sangat melekat di lidah. Berpadu dengan asam Jawa, terasi, serta segarnya jeruk. Rujak kangkung Cirebon berisi kangkung dan tauge. Lalu siram dengan sambal asam yang super pedas.

Anda yang penasaran dengan menu kuliner ini, anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan berbagai bahan yang sangat mudah anda temukan.

Dengan terbuat dari berbagai bahan sederhana, kuliner ini juga dapa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Dalam resep rujak kangkung khas Cirebon, bahan-bahan yang diperlukan adalah :

  • 1 ikat kangkung
  • mentimun
  • tauge
  • 10 buah cabe rawit (sesuai dengan selera)
  • 3 siung bawang merah
  • terasi secukupnya
  • gula merah secukupnya
  • 7 butir asam jawa
  • garam
  • penyedap rasa
  • air secukupnya

Cara Membuat Rujak Kangkung Khas Cirebon

Langkah pertama dalam pembuatan rujak kangkung khas Cirebon adalah dengan mempersiapkan semua bahan. Mulai dari kangkung, tauge, dan juga mentimun. Kangkung anda rebus terlebih dahulu. Sedangkan untuk tauge, cukup anda siram dengan air hangat saja.

Langkah mengenai membuat resep rujak kangkung Cirebon adalah dengan menyiapkan bumbu sambal. Mengenai takaran sambal dapat anda sesuaikan dengan porsi kangkung yang anda gunakan. Dalam pembuatan bumbu, cukup anda campur menjadi satu yang kemudian anda ulek hingga lembut.

Selanjutnya campurkan bahan kangkung yang telah anda rebus sebelumnya serta bahan lain menjadi satu. Lalu siram dengan menggunakan sambal yang telah anda buat tadi.

Anda juga dapat menambahkan makanan lain ke dalam rujak kangkung. Seperti gorengan bakwan, tahu goreng, atau yang lainnya yang tentu dapat menambah kenikmatan dari rujak kangkung khas Cirebon yang anda buat.

Baca Juga: Rainbow Garden Lembang, Taman Bunga Warna-Warni yang Cinematic

Hal unik dari resep rujak kangkung khas Cirebon ini adalah penambahan terasi khas Cirebon dalam pembuatan sambalnya. Hal ini tentu membuat cita rasa sambal semakin gurih serta beraroma khas. Warna sambal rujaknya cenderung merah berpadu dengan hijau kangkung yang menggugah selera. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang