Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TasikmalayaResep Sambal Goang Tasik, Citarasa Khas dengan Sensasi Pedas Gurih

Resep Sambal Goang Tasik, Citarasa Khas dengan Sensasi Pedas Gurih

Resep sambal Goang khas Tasikmalaya merupakan salah satu rekomendasi bagi anda penyuka makanan pedas. Sambal ini diklaim mampu membuat para penikmatnya bercucuran keringat saat menyantapnya.

Masyarakat Jawa Barat, khususnya Tasikmalaya, selalu mengkonsumsi berbagai jenis menu makanan dengan tambahan sambal dan aneka lalapan.

Ragam menu populer yang sering kali dapat anda nikmati bersama dengan sambal Goang antara lain nasi tutug oncom, pepes ikan, ikan, hingga ayam goreng.

Dalam sambal khas Tasikmalaya ini, anda akan menemukan aneka cabai dengan tambahan bawang dan bumbu lain yang diulek kasar.

Yang kemudian sambal anda siram dengan sedikit minyak panas sehingga menghasilkan aroma sedap yang khas dan menggugah selera.

Resep Sambal Goang Khas Tasikmalaya

Indonesia sangat kaya akan resep menu makanan pedas. Salah satunya adalah pelengkap yang tersaji dengan berbagai jenis menu makanan yakni sambal.

Dalam setiap daerah, tentu memiliki sambal khas dengan citarasa tersendiri. Terdapat satu jenis sambal yang sangat khas dan tidak kalah enak dengan jenis sambal lainnya. Sambal tersebut adalah sambal Goang khas Sunda.

Baca Juga: Mie Glosor Khas Bogor, Menu Takjil Istimewa yang Lahir di Sukabumi

Resep sambal Goang terbuat dari cabai rawit, bawang putih, garam, serta kencur. Proses pembuatannya pun mudah, anda cukup menghaluskan bahan-bahan tersebut.

Selanjutnya bahan yang telah anda haluskan, anda siram dengan menggunakan minyak panas sehingga cabai pun nampak agak layu.

Cita rasa gurih yang terpadu dari kencur serta cabai dalam satu wadah, yang ada tambahan bawang putih dan garam menjadi penambah nikmat sambal yang dapat anda santap dengan lauk beserta nasi putih hangat.

Sesuai dengan jenis cabai, sambal Goang Tasikmalaya dapat anda buat dengan menggunakan cabai rawit serta cabai hijau sebagai salah satu variasinya. Mungkin anda yang ingin membuat sambal Goang dengan bumbu yang dimasak terlebih dahulu.

Hal penting yang perlu anda perhatikan dalam proses pembuatan sambal Goang adalah cabai anda goreng dengan minyak panas dalam beberapa menit. Kemudian sisihkan minyak yang dapat anda tuangkan ke atas sambal setelah semua bahan anda haluskan.

Sejarah dan Asal Mula Resep Sambal Goang Tasikmalaya

Mengenai sejarah terciptanya resep sambal Goang, hingga kini tidak ada satu pun ahli kuliner yang dapat memberikan penjelasan secara lebih rinci.

Hal menarik dari jenis sambal ini adalah memiliki nama yang berbeda dan jenis sambal lainnya. Sebutan untuk sambal Goang lebih populer untuk beberapa wilayah di Jawa Barat. Sebagai contoh bagi orang Sunda Prahayangan seperti Tasik, Garut, Bandung, serta ke wilayah Pantai Selatan.

Akan tetapi, bagi mereka yang berasal dari wilayah Jawa Barat bagian tengah seperti Subang, Karawang, serta Purwakarta, resep sambal Goang lebih populer dengan sebutan sambel Atah atau sambal Dadak.

Kenapa bernama sambal Dadak? Pasalnya, sambal tersebut tidak dimasak atau lebih tepatnya secara dadakan beberapa saat sebelum dimakan sebagai teman lauk dan nasi. Dengan demikian, sebenarnya tidak ada beda antara sambal Dadak, sambal Atah, hingga sambal Goang.

Baca Juga: Nasi Timbel Komplit Khas Sunda Dengan Citarasa yang Menggoda

Tidak hanya nikmat saat anda santap, akan tetapi jenis sambal ini memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sambal Goang sangat tinggi dan berasal dari bahan-bahannya. Mungkin hal ini menjadi salah satu alasan jika wanita Sunda terkenal memiliki kulit yang indah.

Sensasi Pedas Resep Sambal Goang Khas Sunda

Seperti yang telah kita ulas sebelumnya, dalam proses pembuatan sambal Goang tidak memerlukan banyak bahan. Sensasi pedas serta segar yang tercipta dari sambal khas Sunda ini langsung dapat anda rasakan dalam suapan pertama. Sambal Goang sangat pas untuk anda santap dengan menu lain.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat sendiri sambal Goang di rumah, maka anda dapat membuatnya dengan resep berbahan mentah ataupun dengan cara anda masak terlebih dahulu. Keduanya sama-sama memiliki rasa yang sangat menggugah selera.

Resep sambal Goang memiliki rasa yang khas pedas gurih. Tentu akan lebih nikmat untuk anda santap bersama dengan nasi putih hangat yang anda lengkapi dengan beberapa jenis lalapan. Tingkat kepedasannya pun dapat anda sesuaikan dengan selera anda. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang