RS Pandega Pangandaran Tanggapi Nakes Positif Covid-19

RS Pandega Pangandaran
RS Pandega Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Direktur RS Pandega Pangandaran menanggapi perihal kabar 5 tenaga medisnya terkonfirmasi positif covid-19.

Direktur RS Pandega, drg. Asep Kemal Pasha, mengungkapkan nakes yang terpapar virus corona tersebut ada 4 orang, satu di antaranya sudah sembuh.

Sementara itu, keempat nakes ini 2 di antaranya dokter bedah dan anastesi. Sedangkan 2 lainnya merupakan perawat.

“Sesuai standar apabila ada yang positif segera diisolasi serta karantina mandiri. Termasuk juga sterilisasi ruangan guna memutus penyebarannya,” kata Asep Kemal, Rabu (20/1/2021).

Pihaknya pun memastikan semua pelayanan seperti biasa alias tidak terganggu. Hanya saja pada poli bedah yang tutup sementara karena dokternya ada satu.

Sedangkan poli anastesi buka seperti biasa karena dokternya ada 2 orang.

Ruang isolasi di RS Pandega, kata Asep, masih cukup. Pasalnya, dari kapasitas yang ada masih ada 6 yang kosong.

baca juga: Puskesmas Sindangwangi Pangandaran: Kasus Covid-19 Melonjak Sejak Awal Januari

Antisipasi Lonjakan Covid-19

Sebagaimana arahan dari Menkes bila terjadi lonjakan pihaknya pun sudah menyiapkannya, apalagi Pangandaran saat ini status zona kuning.

“RS yang ada di zona kuning bisa bermanuver apabila ada lonjakan untuk menyiapkan ruang rawat biasa dijadikan ruang isolasi covid-19, yakni sebanyak 30 persen dari jumlah ruang perawatan yang ada,” ungkapnya.

Adapun ruang ICU umum, lanjutnya, juga bisa dijadikan ruang ICU Covid sebanyak 15 persen.

“Kita sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi persiapan apabila ada lonjakan terkonfirmasi Covid-19, setelah terlebih dahulu kita konsultasi dengan Kementrian Kesehatan RI,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid