Ruang Isolasi Terpusat Asrama Haji Ciamis Mulai Digunakan

Ruang Isolasi Terpusat Asrama Haji Ciamis Mulai Digunakan
Satgas Covid-19 Kabupaten Ciamis saat melakukan pengecekan tempat ruang isolasi terpusat di asrama haji Ciamis. Foto : Fahmi Albartiansyah/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Meski sudah lama dipersiapkan, namun baru kali ini ruang isolasi terpusat di asrama haji milik Pemda Ciamis, Jawa Barat, digunakan untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Benar, tadi malam ada satu pasien terkonfirmasi positif Corona yang masuk ke ruang isolasi terpusat asrama haji,” ucap Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Ciamis, dr. Eni, Minggu (17/1/2021).

Lebih lanjut dr Eni menuturkan, pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut, adalah warga Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Sebelum pulang ke Banjarsari, pasien tersebut melakukan swab test oleh perusahaan tempatnya bekerja.

“Hasil swab positif dengan gejala ringan, yakni anosmia atau hilang penciuman,” tuturnya.

Kemudian, pihak keluarga datang ke pusat isolasi, menyampaikan bahwa ingin dikarantina di ruang isolasi terpusat Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis.

Setelah melakukan koordinasi, tim Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis langsung menyiapkan ruangan yang akan pasien tersebut tempati.

“Kami langsung sterilisasi ruangan dengan desinfektan. Sementara untuk pasien sendiri, pihak perusahaan yang mengantar ke tempat isolasi terpusat,” terangnya. 

Ruang Isolasi Terpusat Asrama Haji Ciamis Khusus untuk Pasien Gejala Ringan-Sedang

Lebih lanjut dr Eni menambahkan, ruangan isolasi yang ada di asrama haji bisa digunakan untuk pasien terkonfirmasi positif tanpa gejala, atau dengan gejala ringan dan sedang.

Selain itu, katanya, jika ada pihak keluarga yang tidak memiliki ruang atau tempat untuk isolasi, maka bisa langsung melakukan koordinasi dengan tim Satgas Covid-19 Ciamis.

“Jadi nantinya Satgas Kabupaten Ciamis akan merekomendasikan untuk merawat pasien positif Corona tersebut di ruangan isolasi terpusat milik Pemda,” katanya.

PHBS Kunci Utama Cegah Corona

Dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Ciamis, maka dr. Eni pun berpesan kepada masyarakat untuk terus ikut serta memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Yaitu, dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Selain itu, Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) juga merupakan kunci utama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sehingga pola tersebut harus kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dari mulai berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minum vitamin. Ayo bersama- sama lawan Covid dengan Cinta,” pesannya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto