Ruang Sholat Keluarga, Berikut Beberapa Tips dan Desainnya untuk Anda

Ruang Sholat Keluarga, Berikut Beberapa Tips dan Desainnya untuk Anda
Ruang Sholat Keluarga. Foto: Pinterest.com.

Ruang sholat keluarga terkadang keberadaannya tidak dianggap penting dalam sebuah bangunan rumah. Padahal seharusnya setiap rumah memiliki ruang sholat.

Bagi umat muslim, terkadang akan kurang sempurna tanpa hadirnya ruangan sholat. Meskipun aktivitas sholat bisa dilakukan di dalam kamar. Tapi ketika ada tamu bagaimana? Masa harus sholat di kamar kita? Pastinya tak mungkin.

Meskipun rumah anda tergolong mungil, tapi cobalah untuk menyisihkan berapa meter kali berapa meter supaya bisa membangun mushola atau langgar.

Keberadaan gazebo, taman, dan tanaman hias mungkin akan membantu memberikan keindahan terhadap hunian kita. Kita tidak perlu membangun ruang sholat keluarga dengan besar. Cukup untuk 1-5 orang dan beberapa furniture pendukung, itu sudah lebih dari cukup.

Beberapa Tips Menyiapkan Ruang Sholat Keluarga

Bagi umat muslim, ibadah merupakan hal yang penting dan paling penting, bahkan jangan sampai ketinggalan. Untuk anda yang muslim dan juga rajin dalam beribadah, keberadaan ruang ibadah atau mushola masuk dalam unsur penting.

Baca Juga: Atap Rooftop Rumah Menjadi Tempat Alternatif Santai Bersama Keluarga

Tujuan lain dari adanya ruang sholat keluarga adalah untuk mengajak semua anggota keluarga untuk rajin beribadah dan pentingnya shalat jamaah. Jika anda bingung dan gundah dalam memadupadankan ruang sholat, berikut ini beberapa desain untuk anda.

Memperhatikan Ukuran

Hal utama yang menjadi perhatian untuk anda adalah memperhatikan ukuran. Perlu anda ketahui bahwa ukuran minimumnya adalah 70 cm x 140 untuk satu orang. Akan tetapi jika anda ingin menciptakan dan menggunakan desain tiga shaf, perlu ukuran ruangan sekitar 2,5 x 4 meter.

Menyesuaikan Arah Kiblat

Arah kiblat yang benar juga menjadi faktor pendorong pembangunan ruang sholat keluarga. Agar lebih efektif, buatlah dinding yang mengusung unsur kaligrafi guna menambah kekhusu’an anda saat beribadah bersama keluarga.

Tambahan Furniture

Jika tempat sholat keluarga tak dilengkapi dengan adanya faktor pendukung berupa furniture, maka tempat tersebut akan terasa sepi dan tidak nyaman. Tambahkan beberapa ukiran kaligrafi pada dinding, Al-Quran, dan pendukung yang lainnya.

Memilih Menggunakan Karpet

Sebagai alasnya, anda bisa menggunakan karpet atau sajadah tebal agar saat prosesi ibadah sedang berlangsung akan ada rasa yang nyaman. Sebaiknya pilih karpet anda adalah polos, karena motif hanya akan membuyarkan konsentrasi anda saat beribadah.

Baca Juga: Desain Rumah Modern 2 Lantai Solusi Agar Tidak Ketinggalan Zaman

Penataan Cahaya dan Pengharum Ruangan

Lepas dari itu semua, ternyata ruang sholat keluarga harus memiliki pencahayaan yang cukup. Jika berlebihan pun, tentunya akan membuat silau atau bahkan tidak nyaman. Bukan pencahayaan yang selalu membuat nyaman, akan tetapi adanya pengharum ruangan yang akan memberi kesan fresh.

Setelah anda mengetahui beberapa tips yang bisa anda terapkan saat menciptakan ruang sholat keluarga di rumah, beberapa desain ini nantinya juga akan membantu anda dalam pembangunan tempat ibadah tersebut.

Mushola dengan Cahaya dan Sirkulasi Alami

Dalam pembuatannya, desain ini tidak menuntut anda untuk menghadirkan jendela besar. Akan tetapi, adanya pertukaran udara dan cahaya matahari yang akan masuk.

Bahkan nantinya juga tidak akan membutuhkan AC, karena sudah mengunduh manfaat yang permanen dengan udara yang selalu segar, namun juga tidak lembab.

Keberadaan cahaya matahari juga akan membantu anda menghemat listrik. Ingat, hindarkan jendela untuk berada di arah kiblat. Karena hal tersebut akan menyilaukan mata saat subuh tiba.

Mushola yang Memiliki Furniture Simple

Dengan adanya beberapa furniture pilihan, tidak akan membuat ruang sholat keluarga norak ataupun berlebihan. Justru, menarik dan menambah nilai plus tersendiri. Pilihlah furniture yang mempunyai unsur religius. Misalnya bingkai dengan lafal-lafal yang tak asing lagi. Salah satunya Asmaul Husna.

Tambahkan juga etalase untuk menyimpan sajadah, mukena, dan Al-Quran. Pilihlah rak atau etalase yang berpintu kaca karena akan memberi kesan modern. Bahkan bisa menambahkan rak dinding untuk menyimpan pajangan, trophy, atau buku-buku Islami lainnya.

Baca Juga: Desain Pantry Minimalis Membuat Rumah Mini Anda Mewah Seketika

Ruang Sholat dengan Langit-langit Tinggi

Desain seperti inilah yang akan membantu anda dalam pembuatan mushola dengan ukuran yang terbatas. Dengan langit yang tinggi pula akan membuat ruangan tersebut lebih sejuk dan juga tidak pengap. Pilihlah warna langit-langit terang yang akan padu jika dikombinasikan dengan warna putih.

Beberapa tips dan desain ruang sholat keluarga dalam rumah atau hunian memang harus anda ketahui sebelum membangun mushola. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang