Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita PangandaranRumah Warga Ambruk di Padaherang Pangandaran, Satu Terluka

Rumah Warga Ambruk di Padaherang Pangandaran, Satu Terluka

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Rumah warga ambruk di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akibat sudah lapuk dimakan usia. Dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis (07/01/2021), menyebabkan satu orang penghuni rumah mengalami luka-luka.

Rumah yang ambruk secara tiba-tiba itu milik Kasmudin, warga Dusun Sukajadi, RT. 28, RW. 7, Desa Sukanagara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Warga yang tidak jauh dari lokasi kejadian langsung membantu mengevakuasi reruntuhan, termasuk pemilik rumah.

Kepala Desa Sukanagara, Tarso, mengatakan, kejadian ambruknya rumah milik Kasmudin itu karena kondisi rumahnya yang sudah lapuk dimakan usia.

“Pasca kejadian, warga bersama pegawai desa, Polisi, TNI, serta ormas dari Pemuda Pancasila bahu-membahu mengevakuasi reruntuhan rumah. Sekaligus mengevakuasi salah seorang penghuni rumah, Suryani, yang tertimpa reruntuhan. Karena pada saat kejadian, pemilik rumah sedang berada di dalam,” terang Tarso, kepada HR Online.

Baca Juga : Rumahnya Terancam Terbawa Longsor, Warga Ciakar Ciamis Ngungsi

Dalam peristiwa rumah warga yang ambruk itu, Suryani yang tertimpa reruntuhan langsung dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis. Sebab, korban mengalami luka akibat tertimpa reruntuhan kayu bangunan rumahnya.

Tarso juga mengatakan, penghuni rumah yang ambruk ada sebanyak lima orang itu. Untuk sementara mereka kini tinggal dalam sebuah tenda sekitar tanggul Sungai Citanduy.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran, Suheryana, melalui Pusdalop BPBD, Pandu, membenarkan bahwa, penyebab ambruknya rumah warga Desa Sukanagara itu akibat kondisi bangunannya sudah lapuk. Bukan karena bencana alam.

“Kini pemilik rumah yang ambruk itu mengalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah,” kata Pandu. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -