Sabun Cuci Motor, Begini Tips Memilih Agar Tidak Merusak Cat Bodi

Sabun Cuci Motor, Begini Tips Memilih Agar tidak Merusak Cat Bodi
Ilustrasi sabun cuci motor. Foto: thedrive

Sabun cuci motor menjadi peralatan yang cukup penting saat anda membersihkan kendaraan tersebut. Banyaknya jenis shampo atau sabun membuat anda harus teliti dalam memilihnya.

Gunakan cara memilih yang tepat agar tidak merusak cat pada bodi kendaraan. Sepeda motor menjadi alat transportasi yang kerap sekali digunakan sebagian besar orang.

Bahkan saat ini hampir semua orang menggunakannya untuk beraktivitas maupun mencari uang. Ada banyak kelebihan kendaraan roda dua yang satu ini.

Selain banyak jenisnya, mengendarainya pun cukup mudah dan anti macet. Bahkan di Indonesia sendiri, penggunaannya semakin mengalami peningkatan, baik dari motor tipe bebek, matic, maupun sport.

Meski harganya cukup mahal, namun masih banyak peminatnya. Sebagai pemilik kendaraan, jangan hanya membeli dan menggunakannya.

Baca Juga : Manfaat Mencuci Mobil Sendiri Dibanding Menggunakan Jasa Cuci

Sebaiknya jangan lupa untuk memberikan perawatan yang tepat. Salah satunya dengan selalu mencucinya untuk bisa memberikan tampilan keren dan kinclong.

Salah satu peralatan untuk mencuci motor yaitu sabun. Anda bisa memilih sabun cuci motor terbaik agar tidak memberikan dampak buruk.

Saat anda memilih sabun yang tepat, maka kendaraan akan kinclong dan cat bodi pun tidak mengelupas. Sebab, banyaknya jenis shampo untuk mencuci kendaraan terkadang kandungannya justru mampu merusak cat motor.

Maka dari itu, dengan memilihnya secara teliti, shampo akan berfungsi sebagaimana mestinya. Beli dengan teliti dan ketahui juga kandungan yang cocok untuk sepeda motor anda.

Cara Memilih Sabun Cuci Motor yang Tepat

Mencuci kendaraan menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Jika anda tidak memiliki waktu luang, bisa melakukannya dengan datang ke jasa cuci.

Sebab, saat ini ada banyak penyedia jasa cuci kendaraan yang mudah anda temui. Namun, bagi anda yang memiliki waktu luang, mencuci sendiri menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga : Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Selain hemat biaya, anda juga bisa lebih teliti dalam mencucinya. Sebagian besar orang tentu melakukannya tanpa memikirkan hal yang sepele seperti pemilihan sabun.

Sebab, jangan biarkan anda memilihnya secara sembarangan. Jika salah dalam memilih, justru bisa menimbulkan kerusakan pada catnya seperti memudarnya warna.

Sebaiknya gunakan cara memilih sabun motor yang sesuai agar tidak memberikan dampak buruk. Berikut ini ada beberapa tips memilih yang tepat, antara lain:

Perhatikan Cat Motor

Cara memilih sabun cuci motor yang pertama yaitu sebaiknya perhatikan cat bodi kendaraan. Pada umumnya ada dua warna yang terdapat pada kendaraan roda dua, yaitu warna doff dan glosy.

Doff memiliki tekstur permukaan yang sedikit kasar, namun warnanya tidak mengkilap. Saat kendaraan anda memiliki jenis warna ini, sebaiknya hindari pemilihan kandungan wax atau detergen.

Sedangkan untuk warna glossy, memiliki tekstur halus dan mengkilap. Bahkan sebaiknya pilih sabun yang memiliki kandungan wax. Sebaiknya pilih sabun sesuai warna yang ada.

Kandungan pH 7

Cara memilih sabun cuci motor selanjutnya yaitu dengan kandungan pH 7 yang memiliki nilai netral. Sehingga cukup ideal anda gunakan dan aman untuk cat motor.

Jika pH kurang dari 7, maka produk tersebut memiliki kandungan asam tinggi. Sehingga menyebabkan kerusakan pada cat motor. Sedangkan jika pH lebih dari 7, maka memiliki kandungan basa yang tinggi. Hal ini akan berbahaya untuk kulit.

Berbusa dan Mudah Dibilas

Selain kedua cara sebelumnya, tips memilih shampo kendaraan yaitu pilih yang memiliki busa melimpah, namun mudah dibilas. Busa tersebut bisa mengangkat kotoran pada motor lebih mudah.

Selain itu, adanya banyak busa juga menghindari kendaraan lecet saat anda menggosoknya. Selain itu, pilih sabun yang mudah dibilas dengan busa melimpah. Sehingga kotoran pada kendaraan bisa lebih mudah terangkat.

Baca Juga : Cuci Motor Setelah Hujan, Jangan Malas Agar Tidak Merusak Komponen

Setelah anda bilas pun akan mudah mengeringkannya. Dengan memilih sabun yang tepat, tentu anda juga memberikan perawatan yang sesuai. Bahkan jika pemilihannya kurang tepat justru akan merusak cat bodi kendaraan.

Sebab, mencuci kendaraan menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan pemilik kendaraan. Selain membuat kendaraan terlihat bersih, komponennya akan terjaga dan awet.

Sebaiknya gunakan tips memilih sabun cuci motor terbaik agar hasilnya maksimal. Sehingga membuat kendaraan tetap awet tahan lama. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Aegis Boost Pro