Saluran Air di Indragiri Ciamis Ambruk, Diduga Dipicu Pergerakan Tanah

Saluran Air di Indragiri Ciamis Ambruk
Saluran air Tambaklara yang berada di Blok Sawah Muncang, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk. Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Saluran air Tambaklara yang berada di Blok Sawah Muncang, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk.

Kasi Pemerintahan Desa Indragiri, Deni Herdiana, mengungkapkan, ambruknya saluran air tersebut diduga dipicu dari adanya goncangan pergerakan tanah.

“Ambruknya saluran Tambaklara terjadi pada Sabtu (09/01/2021), ketika hujan deras terjadi,” ungkapnya kepada HR Online, Senin (11/1/2021). 

Lebih lanjut Deni mengatakan, bahwa irigasi Tambaklara merupakan salah satu irigasi yang pasokan airnya mencapai Desa Cinyasag.

Sehingga, dengan ambruknya saluran air tersebut bukan hanya melumpuhkan pasokan air untuk sawah dan kolam yang berada di wilayah Desa Indragiri. “Akan tetapi, juga terjadi terhadap areal pertanian dan perikanan di Desa Cinyasag,” katanya.

Sementara itu, Agus Setiawan, warga setempat, mengatakan, pasokan air dari irigasi Tambaklara, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pertanian saja.

“Sebab air dari saluran tersebut juga digunakan untuk mandi, cuci dan kakus. Selain itu, dengan lumpuhnya pasokan air, maka kebutuhan untuk mengairi sawah dan kolam mengandalkan dari air hujan,” katanya.

Sedangkan untuk mengantisipasi agar pasokan air kembali normal, saat ini masyarakat beserta perangkat desa akan memasangnya pipa paralon.

Meski demikian, warga mengharapkan agar Pemkab Ciamis melalui instansi terkait, dapat secepatnya memberikan biaya untuk perbaikannya.

Sebab, jika menggunakan pipa paralon, maka pasokan air tidak akan normal seperti biasanya.

“Jangankan memasok untuk wilayah Desa Cinyasag, untuk pemenuhan kebutuhan wilayah Desa Indragiri saja belum tentu mencukupinya,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto