Saluran Drainase Buruk, Wilayah di Ciamis Ini Sering Banjir Cileuncang

Saluran Drainase buruk
Warga saat membersihkan rumah ketika banjir. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah rumah di Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tergenang banjir akibat saluran drainase buruk, Jum’at (22/1/2021).

Budi, salah seorang warga setempat, mengatakan, banjir cileuncang kerap terjadi di wilayah tersebut akibat buruknya saluran drainase yang sejak lama tidak berfungsi.

“Setiap hujan deras seperti ini, pasti di sini selalu banjir,” katanya.

Meski banjir cileuncang hanya terjadi beberapa puluh menit saja, namun akibatnya warga selalu kerepotan untuk membersihkan bekas banjir cileuncang tersebut.

“Air banjirnya kan sampai masuk ke dalam rumah, jadi pasca surut warga selalu repot membersihkan belas banjir cileuncang ini,” imbuhnya.

Baca juga: Pohon Tumbang di Ciamis Tutup Ruas Jalan Cipaku-Sukadana

Budi berharap, pemdes dapat memperbaiki saluran yang tidak berfungsi secara maksimal. Ia menilai pemerintah seolah menutup mata dengan kejadian yang berulang ini.

“Belum ada upaya apapun terkait persoalan ini. Padahal, banjir ini sangat mengganggu, baik rumah warga maupun kerap menerjang jalan menuju ke Pangandaran,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid