Saung Angklung Udjo, Destinasi Wisata Budaya dan Edukasi Bandung

Saung Angklung Udjo
Saung Angklung Udjo. Foto: youtube.com

Saung Angklung Udjo merupakan salah satu destinasi wisata budaya edukasi yang sangat lengkap. Dengan area pertunjukan, workshop alat musik bambu, serta sebagai tempat kerajinan bambu. Selain itu, kehadiran destinasi wisata budaya ini di kota Bandung menjadi lebih bermakna.

Dimana akan kepeduliannya dalam melestarikan serta mengembangkan kebudayaan Sunda, khususnya budaya angklung kepada masyarakat. Hal ini mereka lakukan melalui sarana pendidikan dan pelatihan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini angklung tidak hanya dimainkan oleh masyarakat Sunda, akan tetapi juga dimainkan oleh semua ensamble atau orkestra.

Saung Angklung Udjo

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya yang cukup beragam dan menarik untuk anda ikuti. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai budaya Indonesia, maka pastikan anda berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga: Kampung Bunga Matahari Cianjur, Obyek Wisata Baru yang Instagramable

Destinasi wisata ini mempunyai misi untuk melestarikan budaya Sunda. Lalu memberikan informasi mengenai budaya Sunda kepada para pengunjung.

Pada saat anda berkunjung ke destinasi ini, anda akan langsung bertemu dengan suasana yang otentik. Penuh dengan elemen interior yang terbuat dari bambu serta pemandangan yang sangat asri nan hijau.

Mengenal Saung Angklung Udjo Bandung

Destinasi budaya ini mulai berdiri pada tahun 1966 yang merupakan destinasi rekreasi serta edukasi mengenai budaya Sunda. Di dalamnya terdapat bale pertunjukan, beragam kerajinan dari bambu, hingga workshop tentang berbagai alat musik dari bambu.

Selain itu, Saung Angklung ini juga menghadirkan nuansa yang segar serta asri yang berada pada kawasan Bandung Timur. Hal ini tentu menjadikannya sebagai destinasi budaya dan edukasi yang sangat tepat untuk anda kunjungi. Daya tarik tempat wisata ini antara lain memiliki elemen interior yang didominasi dengan bambu.

Pesona pemandangan serta dekorasi yang sangat menarik. Bahkan bunyi gemerincing suara alat musik dari bambu yang memberikan gambaran keharmonisan antara budaya dengan alam.

Tidak hanya sebagai kunjungan wisata seni serta budaya, akan tetapi destinasi ini juga seringkali memperoleh kunjungan dari rombongan sekolahan dari berbagai daerah. Rombongan tersebut memiliki tujuan ingin belajar kebudayaan tradisionalnya langsung pada tempatnya.

Salah satu tujuan wisata yang sangat menarik perhatian dunia internasionalnya. Hal ini menjadikannya ramai wisatawan asing yang tiba untuk menikmati alunan angklung indah serta menenangkan hati.

Sejarah Berdirinya Saung Angklung Udjo

Tempat ini didirikan oleh tokoh seniman angklung dari Jawa Barat yang bernama Udjo Ngalagena atau populer dengan sapaan Mang Udjo. Tujuan berdirinya Saung Angklung Udjo adalah untuk melestarikan budaya serta seni tradisional khas Sunda.

Mang Udjo yang merupakan tokoh seniman angklung Jawa Barat lahir pada 5 Maret 1929. Beliau akrab dengan kesenian angklung sejak usia 4 tahun.

Baca Juga: Curug Taringgul Pangandaran, Wisata Eksotis Rival Baru Green Canyon

Maka salah satu alasan dia mendirikan tempat ini adalah karena kecintaannya terhadap alat masuk bambu satu ini. Setelah Mang Udjo meninggal, maka Saung Angklung tidak serta merta henti begitu saja.

Selama hidupnya, beliau mempunyai 10 orang anak yang hingga saat ini meneruskan jejak sang ayah dalam melestarikan budaya Sunda. Tempat wisata ini hingga saat ini masih berdiri untuk mengedukasi pengunjung tentang budaya dan seni khas Sunda.

Dengan mengunjungi Saung Angklung ini, maka pengunjung akan menemukan keasrian lingkungan sembari mencoba alat musik angklung.

Pertunjukan Saung Angklung Udjo

Saat mengunjungi destinasi budaya dan edukasi ini, anda dapat menyaksikan Pertunjukan Bambu Petang. Pertunjukan Bambu Petang merupakan pengembangan dari sebuah konsep Kaulian Urang Lembur ciptaan dari Udjo Ngalagena. Pertunjukan Bambu Petang terdiri dari beberapa pertunjukan pendek yang sangat spektakuler.

Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Tiket masuk dari tempat wisata ini cukup terjangkau yang berbeda antara hari biasa dan akhir pekan atau libur nasional. Untuk tiket masuk anak-anak hari biasa Rp. 50 ribu.

Sedangkan untuk akhir pekan dan libur nasional Rp. 55 ribu. Kemudian untuk harga tiket dewasa hari biasa Rp. 70 ribu dan akhir pekan Rp. 75 ribu.

Baca Juga: Dago Dream Park, Nikmati Beragam Wahana Seru dan Menantang

Dengan harga tiket tersebut, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam serta edukasi mengenai budaya Sunda. Destinasi wisata Saung Angklung Udjo buka setiap hari mulai pukul 15.30 hingga 17.00 WIB. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang