Sensus Penduduk 2020, Jumlah Penduduk Kota Banjar 200.973 Jiwa

Sensus Penduduk 2020
Ilustrasi Sensus Penduduk 2020. Foto: Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjar, Jawa Barat, saat ini telah menyelesaikan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020. 

Dari hasil sensus penduduk tersebut terdata jumlah penduduk warga Banjar terbaru berdasarkan hasil sensus tersebut sebanyak 200.973 jiwa.

Menurut keterangan Kasi Integrasi dan Pengolahan Diseminasi Statistik BPS Kota Banjar, Ahmad Taufik Habibie, jumlah penduduk 220.973 jiwa tersebut berdasarkan kategori jenis kelamin.

Ia menyebutkan, untuk jumlah penduduk jenis kelamin laki-laki jumlahnya mencapai 100.888 jiwa. Sedangkan jumlah penduduk perempuan sedikit lebih kecil yaitu 100.085 jiwa atau hanya selisih 803 jiwa.

“Dari jumlah penduduk itu untuk penduduk dengan jenis kelamin laki-laki lebih dominan. Selisihnya 803 jiwa,” kata Taufik saat dihubungi HR Online, Selasa (26/1/2021).

Sensus Penduduk 2020 di Kota Banjar Masih Hasil Olahan Data

Sementara itu, terkait pembagian jumlah penduduk berdasarkan klasifikasi usia ataupun klasifikasi yang lain serta jumlah perbandingan antara hasil sensus penduduk berbasis online dan manual, Taufik belum bisa menyampaikan lebih rinci.

Hal tersebut karena jumlah data penduduk yang disampaikan saat ini baru sebatas hasil pengolahan data. Sedangkan untuk analisisnya berasal dari BPS RI sehingga masih harus menunggu hasil finalnya secara lengkap.

“Belum ada data rincinya karena yang ada saat ini baru hasil pengolahan data. Untuk hasil lengkapnya menunggu analisis yang berasal dari BPS RI. Sementara baru data tersebut yang kami terima,” katanya.

Sebelumnya pada tanggal 25 Februari 2020 pada saat sebelum pelaksanaan Taufik mengatakan, pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 ini dilakukan melalui sistem online dan door to door (offline) dengan target 39 persen dari jumlah penduduk.

Dengan target tersebut pula diharapkan dapat menjawab selisih jumlah penduduk sebanyak 20 ribu jiwa karena berdasarkan data Disdukcapil pada tahun 2020 jumlah penduduk Kota Banjar sebanyak 204 ribu jiwa. Sedangkan real proyeksi BPS atau yang benar-benar tinggal di Kota Banjar sebanyak 183 ribu jiwa.

“Jadi ada selisih jumlah penduduk sebanyak 20 ribu jiwa. Semoga dengan adanya Sensus Penduduk ini nantinya perbedaan selisih sekitar 20 ribu penduduk bisa terjawab,” kata Taufik. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu