Sepatu Bulu Tangkis, Tips Memilih yang Nyaman dan Berkualitas

Sepatu Bulu Tangkis, Tips Memilih yang Nyaman dan Berkualitas
Ilustrasi sepatu bulu tangkis. Foto: 360badminton.com

Sepatu bulu tangkis atau badminton memiliki ciri khas tersendiri. Sebagai orang yang suka aktivitas tersebut, sebaiknya gunakan tips memilih agar nyaman digunakan.

Bulu tangkis menjadi salah satu aktivitas olahraga yang sangat mengandalkan kelincahan dan kecepatan saat bergerak. Maka dari itu, digunakan sepatu yang bisa menunjang pergerakan itu sendiri.

Sepatu menjadi item fashion yang banyak digunakan untuk berbagai aktivitas, termasuk olahraga. Badminton menjadi salah satu olahraga yang memiliki banyak peminat.

Bahkan aktivitas tersebut hingga dijadikan ajang perlombaan kancah internasional. Sepatu menjadi aksesoris wajib yang digunakan ketika menjalankan olahraga.

Ada banyak jenis aksesoris yang satu ini sehingga bisa anda sesuaikan dengan fungsinya. Pada umumnya, sepatu badminton pun dibuat khusus hanya untuk olahraga tersebut.

Aksesoris pelengkap olahraga ini mampu meningkatkan stabilitas gerak lateral dengan kecepatan tinggi. Sehingga gerakan lateral ini bisa menjadi baik dengan sepatu yang tepat.

Sedangkan untuk hal ini mengutamakan gerakan pada bagian depan dan belakang. Sehingga bisa anda gunakan untuk olahraga lainnya seperti lari. Sepatu bulu tangkis pun hadir dengan banyak pilihan beragam.

Baca Juga : Sepatu untuk Bersepeda, Pilih Sesuai Jenis dan Tingkat Kenyamanan

Anda bisa sesuaikan dengan selera dan kenyamanan. Namun, jangan sampai salah pilih agar kaki tidak mudah cidera. Selain itu, jika tidak tepat, akan mengganggu kenyamanan saat bermain.

Tips Memilih Sepatu Bulu Tangkis yang Nyaman

Bagi seorang pemain bulu tangkis, sepatu menjadi item yang penting. Sebab, alas kaki tersebut menjadi penentu kenyamanan pemain saat bermain.

Sebaiknya anda bisa memilih alas kaki yang tepat dan berfungsi dengan baik. Alas kaki untuk badminton memiliki desain khusus, baik bagian dalam maupun luar.

Sebab, jika anda bisa memilih dengan baik, maka permainan pun akan tetap aman. Sebaiknya anda memilih alas kaki yang fleksibel sehingga bisa bergerak ke segala arah.

Sebagai pemain badminton, anda perlu memilih yang pas dan sesuai. Ada banyak faktor yang bisa anda lakukan ketika memilih alas kaki untuk aktivitas badminton.

Karena menunjang kelincahan pemain, pemilihannya pun harus tepat. Berikut ini ada beberapa tips memilih alas kaki untuk olahraga badminton agar anda tidak salah pilih. Jangan hanya memikirkan bagian desainnya saja. Sebaiknya perhatikan dari fungsi dan kenyamanan.

Pilih Bantalan yang Medium

Tips memilih sepatu bulu tangkis yaitu perhatikan bantalan dengan lengkungan kaki. Sebab, hal ini mempengaruhi kondisi bantalan yang terdapat pada sepatu.

Pada kaki dengan lengkungan rendah, sebaiknya pilih bantalan yang tidak terlalu tinggi. Namun, untuk lengkung kaki tinggi, maka butuh batalan yang cukup tebal.

Baca Juga : Trend Model Sepatu 2021 Desain Klasik dengan Pilihan Warna Cerah

Agar anda tidak salah pilih dan untuk mengantisipasinya, sebaiknya pilih bantalan medium. Bantalan dengan spesifikasi seperti ini membuat anda tetap nyaman saat bermain bulu tangkis.

Hindari Sepatu Bersol Hitam

Tips memilih sepatu bulu tangkis yang kedua yaitu sebaiknya hindari alas kaki dengan sol hitam. Hal ini perlu anda hindari agar tidak merusak lapangan.

Sebab, dengan sol hitam justru bisa membuat lantai kotor dan kurang nyaman saat bermain. Apalagi jika lapangan terbuat dari karet, maka dampaknya akan sangat terlihat.

Budget

Saat membeli sepatu, sebaiknya sesuaikan dengan budget yang ada. Sebab, sepatu bulu tangkis hadir dengan banyak pilihan baik dari desain hingga warnanya. Sehingga anda perlu memilihnya dengan tepat.

Setiap satu jenisnya memiliki harga yang berbeda-beda. Ada banyak model dengan harga bervariasi, bahkan merk ternama. Pastikan anda memilih model yang anda inginkan sesuai dengan harganya.

Baca Juga : Cara Menentukan Ukuran Sepatu dengan Peralatan Sederhana

Bagi anda yang hanya sekedar hobi bermain, maka sebaiknya pilih sepatu dengan harga standar saja. Sebab, untuk level yang profesional, harganya cukup tinggi.

Ukuran

Hal yang paling penting bisa anda lakukan ketika memilih sepatu untuk aktivitas olahraga yaitu dari ukuran. Memang semua pemilihan alas kaki harus sesuai dengan ukuran kaki anda sendiri.

Sebaiknya datang ke toko langsung dan mencobanya. Hal ini bertujuan agar anda bisa menemukan yang pas dan nyaman. Sebaiknya coba sepatu agar terhindar dari kesalahan.

Bahkan jika ukurannya kurang tepat, bisa timbul cidera kaki. Sehingga mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Sepatu bulu tangkis hadir dengan banyak pilihan desain dan model menarik. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah