Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Harus Perhatikan Bahannya

Serum Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Harus Perhatikan Bahannya
Ilustrasi Serum Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat. Foto: Ist/Net

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat dapat anda gunakan sesuai jenis jerawat yang anda alami. Terdapat poin-poin penting yang harus anda ketahui dan perhatikan saat memilih serum.

Cara Memilih Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Memilih Serum yang Terdapat Kandungan Jenis Bekas Jerawat

Adanya jenis kandungan yang direkomendasikan untuk jenis bekas jerawat yaitu glycyrrhizic acid, vitamin C derivatif, salicylic acid, dan juga hydroquinone. Untuk vitamin C derivatif merupakan komponen yang bisa menekan peradangan pada kulit.

Kandungan ini juga memiliki efek tambahan, diantaranya seperti antioksidan, menghambat pigmen melanin, dan juga untuk menaikkan produksi kolagen.

Baca Juga : Jenis Bedak Wardah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

Vitamin C yang murni dapat anda gunakan, akan tetapi vitamin C derivatif menjadi rekomendasi karena bisa terserap lebih cepat dibandingkan vitamin C murni.

Kandungan glycyrrhizic acid efektif untuk jerawat yang masih berwarna merah karena memiliki manfaat sebagai antiinflamasi. Sedangkan salicylic acid mempunyai kemampuan peeling sebagai pengangkat keratin dari epidermis.

Oleh karena itu, kandungan ini bisa menekan peradangan bekas jerawat serta juga dapat mendorong regenerasi kulit anda.

Hydroquinone memiliki fungsi untuk menekan kerja pigmen melanin, yang bisa memutihkan kulit, serta dapat menghilangkan pigmentasi. Kandungan ini juga sering terpakai dalam obat-obatan.

Sehingga, anda bisa memeriksa secara saksama sebelum membeli produk serum untuk wajah yang memiliki manfaat mengatasi bekas jerawat.

Memeriksa Tingkat Keamanan Dari Produk

Apabila anda sedang berjerawat dan memiliki bekas luka jerawat, hal tersebut menandakan bahwa kulit anda lebih sensitif. Maka dari itu, anda bisa memilih serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang aman untuk kulit sensitif anda.

Memilih yang Tidak Mengandung Zat Aditif

Ketika memilih serum yang anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, perhatikan kandungan zat aditif yang berada dalam produk serum. Walaupun produk memiliki kandungan yang bagus, tidak akan ada artinya apabila terdapat banyak kandungan zat aditifnya.

Surfaktan yang berbasis minyak, mineral oil, parfum, paraben, serta alkohol merupakan bahan-bahan yang biasanya sering menjadi campuran pada serum. Padahal, bahan-bahan tersebut kurang baik untuk kulit anda yang sensitif. Sehingga bisa memperburuk kondisi jerawat anda.

Baca Juga : Penyebab Muncul Jerawat Pasir di Wajah dan Cara Mencegahnya

Ada beberapa kemasan produk dengan deskripsi yang terdapat kandungan zat aditif yang mudah anda mengerti. Akan tetapi, terdapat juga kemasan produk yang tidak adanya deskripsi semacam bahan-bahan yang menjadi komposisi.

Alangkah baiknya jika anda memperhatikan secara teliti daftar kandungan zat aditif yang tertera pada produk serum untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda juga harus memilih produk yang memiliki kandungan zat aditif seminimal mungkin.

Menggunakan yang Sudah Teruji Tes Alergi

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang sering anda pakai saat kondisi kulit sedang sensitif. Maka dari itu, anda harus berhati-hati supaya sebisa mungkin untuk tidak memberikan rangsangan yang berlebihan pada kulit.

Secara spesifiknya, anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah suatu produk serum telah melalui patch test, allergy test, serta juga hypoallergenic cosmetic test. Walaupun ini bukan jaminan bahwa semua orang tidak menunjukkan reaksi alergi.

Dengan adanya tes ini, sebagai petunjuk bahwa produk telah terakui keamanannya dengan standar tertentu. Supaya memberikan stimulasi yang berlebihan pada kulit, sebaiknya anda memastikan produk yang akan anda pilih telah melewati uji tes alergi.

Baca Juga : Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami yang Efektif dan Cepat

Memilih Produk yang Nyaman Saat Anda Gunakan

Tidak hanya aman saja, tetapi nyaman juga dalam memilih serum untuk bekas jerawat. Berbeda dengan pelembab yang biasa, saat anda gunakan serum terasa lebih lembab. Akan tetapi, kebanyakan orang merasa khawatir bahwa serum yang dipakai akan meninggalkan rasa lengket pada wajah.

Terdapat juga yang mengkhawatirkan apakah kandungan yang berada pada serum bisa meresap dengan baik ke dalam kulit wajah atau tidak.

Sebab setiap orang mempunyai preferensi tekstur serta sensasi pemakaian yang bisa jadi berbeda, tergantung dengan selera masing-masing.

Penting bagi anda untuk memilih produk dengan tekstur yang anda sukai serta nyaman supaya pemakaiannya bisa terus berkelanjutan.

Sebaiknya juga apabila anda mencari referensi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang berdasarkan review para pengguna. Karena, sulit untuk mengetahui tekstur produk tersebut yang akan dipakai nantinya hanya dengan membaca deskripsi yang terdapat kemasan produk. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah