Siltap Cair Lebih Awal, Perangkat Desa Sukajadi Ciamis Gunduli Kepala

Siltap Cair Lebih Awal
Saepul Bahri, perangkat Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis menggunduli rambutnya usai menerima siltap yang cair lebih awal. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Siltap atau penghasilan tetap yang merupakan honor untuk perangkat desa cair lebih awal. Perangkat Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pun mengadakan syukuran. Ungkapan syukur juga diekspresikan salah satu perangkat desa dengan menggunduli kepalanya.

Saeful Bahri, seorang perangkat Desa Sukajadi ini rela menggunduli kepalanya sendiri setelah ia menerima siltap lebih awal pada tahun 2021 ini.

“Ini sudah menjadi nazar saya, jika siltap cair bulan Januari saya akan menggunduli kepala saya ini,” katanya kepada HR Online, Selasa (12/01/2021). 

Bisanya, kata Tepul, sapaan akrab Saeful Bahri, siltap tidak pernah cair di bulan Januari. Paling cepat siltap cair pada akhir bulan Februari. Bahkan terkadang baru cair pada bulan Maret.r 

“Selama saya menjadi perangkat Desa, serta adanya siltap, baru tahun ini silta cair lebih awal. Biasanya bulan Januari itu dikatakan bulan pailit bagi para perangkat desa. Maka dari itu, saya bersama rekan sekantor saat ini mengadakan syukuran. Terima kasih tidak lupa saya ucapkan kepada Bupati Ciamis, yang telah memberikan suasana baru, dengan mencairkan siltap lebih awal,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajadi, Haiz Azka membenarkan, jika perangkat Desa Sukajadi menggelar syukuran setelah siltap awal tahun cair lebih cepat.

“Saya tidak bisa mencegah aksi mereka untuk melakukan aksi syukur. Karena diri saya sendiri juga ikut merasakan gembira ketika siltap cair lebih awal. Biasanya itu, paling cepat bulan dua baru ada pencairan siltap. Dengan cair lebih awal, maka bulan Januari tahun 2021 tidak lagi menjadi bulan pailit para perangkat desa,” jelasnya. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu