Simulasi Vaksinasi di Padaherang Pangandaran, 11 Ribu Warga Terdata

Simulasi vaksinasi di Puskesmas Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR.
Simulasi vaksinasi di Puskesmas Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Simulasi vaksinasi di Padaherang digelar Puskesmas Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (26/01/2021).

Kepala Puskesmas Sindangwangi, Kabupaten Pangandaran, Ajat Jatnika, mengatakan, tujuan dari simulasi vaksinasi di Padaherang, yaitu di Puskesmas agar pada pelaksanaannya nanti petugas tidak canggung dan tepat sasaran.

Ia juga menyebutkan, terdata ada 11 ribu warga dari beberapa desa di wilayah kerja Puskesmas Sindangwangi yang nantinya akan divaksin Covid-19. Rencananya jenis vaksin yang akan diberikan adalah vaksin sinovac.

“Untuk pelaksanaan pemberian vaksin tersebut, kami menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan dan Pemkab Pangandaran. Kita terlebih dulu menggelar simulasi vaksinasi di Puskesmas,” kata Ajat.

Baca Juga : Rawan Terpapar Covid-19, Nakes di Pangandaran Jadi Prioritas Vaksinasi

Hal itu supaya nanti dalam prakteknya para tenaga medis tidak canggung. Jika vaksinnya sudah ada, para pegawai Puskesmas Sindangwangi pun sudah siap dan bersedia untuk divaksin.

Ajat juga menjelaskan mengenai alur penerimaan vaksin Covid-19. Bagi warga yang akan menerima vaksin, terlebih dulu harus mendaftar di Puskesmas. Setelah datanya lengkap, baru kemudian pemberian suntik vaksin Covid-19.

Kemudian, warga yang akan menerima suntikan vaksin selanjutnya masuk ke bagian akhir pemeriksaan. Yakni observasi selama 15 sampai 20 menit menunggu hasilnya.

“Jika clear, maka pasien atau warga yang telah menerima vaksin Sinovac boleh kembali pulang. Warga tersebut juga akan membawa surat keterangan yang menyatakan bahwa ia telah mendapatkan suntik vaksin oleh tim medis,” terang Ajat. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah