Spesifikasi Toyota Vios Gen 1 jadi Medium Sedan Terkuat

Spesifikasi Toyota Vios Gen 1. Foto: Net/Ist.
Spesifikasi Toyota Vios Gen 1. Foto: Net/Ist.

Spesifikasi Toyota Vios Gen 1 (generasi pertama) yang diperkenalkan di Indonesia tahun 2003 silam, hingga kini masih menjadi pemain terkuat di kelas mobil sedan medium. Kehadiran mobil ini mengganti lini Toyota Soluna dan Tarcel.

Jika membandingkan dengan mobil Toyota Soluna, maka Vios Gen 1 ini memiliki performa mesin lebih baik, dan konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit.

Begitu pula dengan Toyota Vios generasi berikutnya, yaitu kedua dan ketiga, Vios generasi pertama tetap lebih baik. Hal itu karena sudah menggunakan kabel gas yang bobotnya lebih ringan.

Meski begitu, setiap kendaraan punya kelemahan, termasuk mobil Toyota Vios generasi pertama yang memiliki sejumlah kekurangan dan kerap menjadi keluhan penggunanya.

Beberapa kekurangan itu meliputi ruang kabin pada mobil Vios generasi pertama tidak begitu luas. Bahkan, lebih sempit dari Vios generasi keduanya.

Selain itu, Toyota Vios yang pertama juga terasa limbung ketika bermanuver, dan letak spidometernya yang berada pada bagian tengah dasbor akan terasa aneh buat pengemudi baru. Namun, untuk Vios generasi ketiganya, Toyota sudah memindahkannya ke posisi pengemudi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai spesifikasi mobil Toyota Vios generasi pertamanya yang diklaim menjadi segmen medium sedan terkuat di kelasnya.

Baca Juga : Mobil Toyota Terbaik yang Cocok di Segala Medan

Spesifikasi Toyota Vios Gen 1

Mesin

Toyota membenamkan mesin tipe INZ-FE dengan kapasitas 1.5L, DOHC 16 katup, dan 4 silinder pada Vios generasi pertamanya. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 106,5 hp dengan putaran mesin mencapai 6.000 rpm. Untuk torsi maksimalnya 142 Nm di putaran 4.200 rpm.

Kemudian, tenaga mesin pada mobil Vios yang pertama ini punya konsumsi bahan bakar lebih irit lantaran Toyota sudah mengandalkan sistem EFI (Electronic Fuel Injection).

Sedangkan, untuk transmisinya, mobil tersebut menyediakan dua pilihan, yakni manual 5 percepatan serta transmisi otomatis 4 percepatan.

Pada suspensinya, generasi pertama Vios menggunakan MacPherson Strut dengan Stabilizer di bagian depan, bagian belakangnya menggunakan Rigid Axle ETA Beam dengan Stabilizer.

Eksterior

Spesifikasi Toyota Vios generasi pertama memiliki desain berkonsep gaya minimalis, yang mana Toyota tidak menyematkan banyak aksen.

Untuk segi dimensi pun, mobil ini memiliki lebar 1.695 mm, panjang 4.285 mm, dan tingginya 1.450 mm. Dengan begitu, Toyota Vios Gen 1 memiliki dimensi yang kompak, sehingga cocok dikemudikan di jalan wilayah perkotaan.

Bukan cuma itu, spesifikasi mobil Toyota Vios generasi pertama juga mempunyai ground clearance (jarak terendah ke tanah) setinggi 143 mm.

Bagian eksteriornya juga memiliki tampilan yang tampak lebih segar serta menarik bila dibandingkan Toyota Soluna sebagai pendahulunya.

Sedangkan, pada bagian depannya terdapat gril dengan desain sederhana tapi tetap menarik, dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Toyota Vios Gen 1.

Kemudian selain itu, terdapat pula lampu depan dengan desain modern, walaupun lampunya itu masih menggunakan teknologi halogen.

Baca Juga : Mobil Hyundai Satria, Dikabarkan Sebagai Pesaing Toyota Avanza

Memiliki Lampu Kabut Berdesain Kuno

Kemudian, spesifikasi Toyota Vios generasi pertama pada bagian eksteriornya ini turut disematkan pula bumper bawah lengkap dengan fog lamp atau lampu kabut.

Uniknya, lampu kabut milik mobil tersebut mengusung desain kuno. Meski begitu, lampu kabutnya mampu memberikan pencahayaan yang maksimal ketika berkendara saat malam hari, maupun saat cuaca berkabut.

Beralih ke bagian samping, hampir sama seperti pada bagian depannya, mobil ini tampak sederhana tanpa menyematkan banyak aksen.

Toyota memang menawarkan Vios generasi pertamanya ini dengan desain eksterior minimalis. Pada bagian sampingnya hanya menyematkan side moulding yang senada dengan warna bodi mobil.

Kemudian, pada gagang pintunya menyematkan aksen krom sehingga kesannya terlihat premium. Sedangkan, aksen pada bagian buritan terdapat lampu rem yang berwarna merah, dan lampu belakangnya bening.

Bagian belakang mobil Vios Gen 1 ini juga terkesan sederhana. Dengan ducktail yang tipis, emblem Vios pada bagian kanan, logo tipe di bagian kiri, serta sedikit terdapat aksen krom pada gagang pintu bagasi.

Tak ketinggalan bagian bumper belakang mobil Toyota Vios generasi pertama yang terkesan polos, tidak terdapat aksen, hanya sedikit lekukan pada bagian atas knalpotnya.

Interior

Spesifikasi Toyota Vios Gen 1 pada segi desain interior juga tidak jauh beda dengan desain mobil Toyota keluaran tahun 2000-an lainnya. Yang mana pada bagian kabin dan dasbornya menggunakan bahan plastik keras.

Selain itu, pada dasbornya juga belum ada fitur canggih seperti halnya pengaturan digital atau layar sentuh. Sementara, bagian interiornya hanya terdapat AC (Air Conditioning), namun Vios generasi pertama ini punya ruang kabin yang cukup kedap.

Selanjutnya pada bagian setir kemudi Vios generasi pertama terkesan polos, tidak dibalut bahan kulit yang berkualitas dan kurang nyaman digenggam. Juga tak ada tombol-tombol multifungsi.

Tak ada pengaturan kursi elektrik dan fitur memori pada spesifikasi mobil Toyota Vios yang pertama ini. Jok kursinya masih standar, tapi sudah terbalut bahan kain yang cukup nyaman.

Baca Juga : Toyota GR Yaris RS Dijual Eksklusif di Jepang, Mewah dan Tangguh

Kemudian, untuk ruang kepala serta ruang kaki pada bagian belakang mobil ini cukup luas lantaran dimensi Vios generasi pertama memang kompak. Sehingga, bagi penumpang pada kursi belakang akan merasa nyaman selama dalam perjalanan.

Fitur

Spesifikasi Toyota Vios Gen 1 memang diperuntukan bagi konsumen kelas menengah. Karena itu fitur bukanlah menjadi daya tarik dari mobil ini.

Sebagian tombol pengaturan pada ruang kabin masih menggunakan sistem analog serta konvensional. Namun, sudah ada sejumlah fitur standar dan cukup lengkap.

Sedangkan, fitur untuk kenyamanan pengguna ada head unit 2DIN, tapi untuk menyetel musik dari DVD, CD, maupun radio FM/AM belum mengusung sistem touch screen.

Selain fitur untuk kenyamanan, spesifikasi Toyota Vios Gen 1 memiliki fitur keselamatan, hanya saja masih terbilang minim. Bahkan, belum memiliki fitur airbag, yang mana saat ini fitur tersebut wajib tersedia pada setiap mobil.

Namun, Vios keluaran pertama sudah memiliki sistem pengereman yang mumpuni, yakni  berupa ABS (Anti-lock Braking System). Sistem pengereman ini bisa membantu mobil melalui jalanan yang licin.

Harga

Untuk saat ini harga mobil Toyota Vios keluaran pertama tentunya sangat terjangkau. Dalam beberapa situs penjualan mobil bekas di Indonesia, Toyota Vios keluaran pertama dari tahun 2003 hingga 2007 harganya berkisar antara Rp 45 juta sampai Rp 60 jutaan.

Itulah ulasan mengenai spesifikasi Toyota Vios keluaran pertama tahun 2003. Meski termasuk mobil lawas, namun sampai sekarang mobil tersebut masih menjadi pemain terkuat untuk kelas mobil medium sedan. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah