Sungai Leuwi Biuk Meluap, Kolam-Rumah di Dewasari Ciamis Tergenang

Sungai Leuwi Biuk Meluap, Kolam dan Rumah di Dewasari Ciamis Tergenang
Akibat Hujan Deras Sungai Leuwi Biuk Meluap, Kolam dan Rumah di Dewasari Ciamis Tergenang. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Hujan deras menyebabkan Sungai Leuwi Biuk, Dusun Kandanggajah, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meluap. Akibatnya, 17 kolam ikan dan sawah serta sejumlah rumah tergenang.

“Atas laporan warga maka kami langsung melihat ke lokasi dan ternyata benar belasan kolam ikan terlihat menyatu. Akibat banjir dari luapan air sungai,” ujar Kesra Desa Dewasari Muis, Rabu (13/1/2021).

Muis bersama warga pun melakukan penyusuran Sungai Leuwi Biuk untuk mencari penyebab air meluap. Ternyata ada tanggul sungai yang jebol sehingga air membanjiri kolam, persawahan dan rumah warga.

“Banjir tidak bisa terhindarkan meski hanya merusak kolam warga dan sawah. Namun ada juga satu rumah milik warga yang terkena dampak, sehingga air masuk ke dalam rumah karena derasnya dan banyaknya air,” katanya.

Guna antisipasi luapan lebih meluas dan mengancam pemukiman, warga bergotong royong menutup saluran air yang jebol.

Meski demikian, warga menggantungkan pasokan air dari Sungai Leuwi Biuk tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengairan kolam dan juga sawah. Namun sekarang airnya terlalu banyak sehingga banjir.

Muis menjelaskan, aliran sungai ini sudah cukup lama dan mengalami pendangkalan. Untuk itu perlu adanya pengerukan atau normalisasi saluran sungai. Sehingga banjir yang terjadi saat hujan ini bisa terhindarkan.

“Mudah-mudahan dengan kejadian ini Pemkab Ciamis bisa membantu guna melakukan pengerukan Sungai Leuwi Biuk. Sehingga ketika hujan turun bisa tetap aman. Meski volume air besar tapi tidak menyebabkan banjir, karena salah satu penyebab banjir adalah pendangkalan sungai,” katanya. (Eli/R9/HR-Online)

Editor: Dadang