Sunnah Hari Jumat, Pahala Melimpah dengan Menjalankannya

Sunnah Hari Jumat, Pahala Melimpah dengan Menjalankannya
Ilustrasi sunnah hari jumat. Foto: islampos.com

Sunnah hari Jumat ada banyak dan hal itu bisa anda lakukan untuk menambah amalan-amalan. Sehingga pahala yang bisa anda dapatkan akan lebih banyak.

Amalan hari Jumat memiliki keutamaan sendiri. Bahkan hal ini sudah diriwayatkan tentang keutamaan hari Jumat. Jumat merupakan salah satu hari besar umat Islam.

Selain banyak amalan yang bisa anda lakukan, hari tersebut cukup istimewa. Pada hari tersebut, umat muslim laki-laki wajib melaksanakan ibadah sholat Jumat di masjid.

Sebenarnya semua hari itu baik, namun yang paling istimewa untuk umat muslim yaitu hari Jumat. Hari tersebut cukup istimewa karena berkaitan dengan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Bahkan masa depan umat Islam juga berkaitan dengan hari tersebut. Ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah jika Rasulullah SAW menyebutkan keistimewaan hari Jumat.

Karena alasan itulah, maka umat muslim sunnah melaksanakan amalan yang ada. Pada hari tersebut, umat muslim laki-laki berkumpul dan menjalankan sholat Jumat bersama.

Selain itu, hari tersebut sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dan berdzikir. Maka dari itu, sunnah hari Jumat bisa anda kerjakan untuk memperoleh amalan dan pahala keberkahan.

Berbeda dengan hari-hari lainnya dalam agama Islam, Jumat memang memiliki keistimewaan tersendiri. Sehingga hari tersebut bisa mendatangkan banyak pahala besar.

Baca juga:Tanda Tanda Kiamat Sugra yang Perlu Disadari Umat Muslim

Beberapa Amalan Sunnah Hari Jumat

Mungkin bagi semua orang, setiap hari itu sama saja. Ada 7 hari dalam seminggu, namun ada satu hari spesial bagi umat Islam yaitu Jumat.

Bahkan Jumat memiliki julukan pemimpin hari-hari yang lain atau sayyidul ayyam. Banyak pahala yang bisa anda dapatkan dengan melakukan berbagai amalan.

Bahkan hari tersebut Allah SWT membuka pintu ampunan dan segala doa yang anda panjatkan akan dikabulkan. Tidak hanya itu saja, bahkan amalan baik yang anda jalankan akan mendapatkan pahala besar.

Pada hari tersebut, kaum laki-laki muslim pun memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah sholat Jumat. Bagi anda umat muslim, masih ada banyak amalan yang bisa dilakukan pada hari tersebut.

Memperbanyak Dzikir dan Doa

Anda bisa melakukan sunnah hari Jumat, yaitu memperbanyak dzikir dan doa. Dzikir menjadi salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengingat Allah SWT.

Bahkan Allah SWT memerintahkan pada umatnya untuk selalu melakukan hal tersebut pada hari Jumat. Seperti yang sudah tertulis dalam firman Allah SWT dalam QS surat al-Jumu’ah ayat 9.

Dalam surat tersebut berisi tentang perintah Allah SWT kepada orang beriman untuk sholat pada hari Jumat, maka segeralah mengingat Allah SWT.

Membaca Surat As-Sajadah dan Surat Al-Insan

Sunnah hari Jumat juga bisa membantu anda memperoleh pahala yang besar. Salah satunya yaitu dengan membaca surat As-Sajadah dan Al-insan.

Rasulullah SAW membaca surat tertentu pada hari Jumat dan salah satunya yaitu surat tersebut. Biasanya beliau membaca kedua surat tersebut pada kedua sholat subuh tersebut.

Membaca Surat Al-Kahfi

Sunnah hari Jumat yang lain yaitu membaca surat Al Kahfi yang menjadi amalan luar biasa. Beberapa hadist juga menjelaskan hal tersebut.

Ada hadits riwayat Ad-Darimi yang mengatakan jika “Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kabah”.

Bahkan ada riwayat lain yang mengatakan pahala besar setelah membaca surat Al Kahfi. Anda bisa melakukan amalan tersebut di hari Jumat.

Baca juga: Amalan Setelah Sholat Subuh yang Biasa Rasulullah SAW Ajarkan

Memperbanyak Sholawat

Selain beberapa amalan tersebut, anda juga bisa memperbanyak sholawat pada hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda jika sebaiknya memperbanyak sholawat pada hari Jumat.

Alasannya yaitu karena sholawat tersebut akan sampai kepada Nabi Rasulullah SAW. Kemudian para sahabat nabi pun bertanya “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedekahkan engkau telah menjadi tanah?”

Kemudian Nabi bersabda dari hadist riwayat Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa-i. Isi dari hadist tersebut yaitu “Sesungguhnya Allah SWT mengharumkan bumi untuk memakan jasad para nabi.” 

Banyak amalan yang bisa anda lakukan sebagai umat muslim. Tujuan hal tersebut yaitu hanya untuk bisa memperoleh banyak pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

Beberapa amalan sunnah hari Jumat sangat banyak. Dengan menjalankannya, anda akan mendapatkan banyak pahala dan ampunan. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid