Suspensi Sepeda Motor, Cara Cek Kondisinya Tanpa ke Bengkel

Suspensi Sepeda Motor, Cara Cek Kondisinya Tanpa ke Bengkel
Ilustrasi Suspensi Sepeda Motor. Foto: m.jpnn

Suspensi sepeda motor perlu dilakukan pengecekan secara rutin. Hal ini bertujuan agar komponen tersebut bisa bekerja secara optimal.

Anda bisa melakukan pengecekan sendiri dengan cara yang tepat. Sebab suspensi pada kendaraan memiliki peranan yang cukup penting, terutama pada kenyamanan saat berkendara.

Semua komponen yang ada pada kendaraan memiliki peranan yang penting. Sebab, fungsinya berbeda-beda sehingga menghasilkan suasana berkendara yang nyaman dan aman.

Baca Juga : Standar Tengah Beat Bermasalah, Solusinya Berikan Cairan Anti Karat

Semua komponen pada kendaraan pun juga membutuhkan yang namanya perawatan dan pengecekan secara berkala. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, anda perlu melakukannya dengan tepat.

Jika perlu perbaikan dan penggantian komponen, akan tahu sejak awal. Sehingga tidak menimbulkan bahaya saat berkendara. Fungsi dari suspensi itu sendiri yaitu sebagai peredam getaran saat melewati area medan bergelombang, bahkan terjal sekalipun.

Suspensi atau shockbreaker juga menjadi komponen penting yang membutuhkan perawatan. Maka dari itu, sebaiknya cek kondisi suspensi sepeda motor sebelum terlambat. Meski memiliki usia pemakaian, namun tidak ada salahnya jika anda mengeceknya setiap saat.

Sebab, komponen tersebut juga perlu penggantian jika mengalami masalah. Apalagi ketika sepeda motor sering anda gunakan dengan ugal-ugalan. Hal ini membuat suspensi mudah rusak.

Cara Melakukan Pengecekan Suspensi Sepeda Motor

Kebiasaan saat berkendara tentu berpengaruh pada komponen yang namanya suspensi. Padahal komponen tersebut mampu berpengaruh saat anda berkendara.

Bahkan untuk area jalan yang bergelombang sekalipun, komponen tersebut akan memiliki pengaruh yang cukup penting. Anda bisa membawanya ke bengkel untuk melakukan pengecekan.

Namun, selain dengan cara tersebut, anda juga bisa mengetahuinya dengan cek sendiri di rumah. Selain hemat biaya, sebenarnya cara ini cukup mudah anda lakukan.

Bagi anda yang ingin melakukan pengecekan sendiri, berikut ini langkah yang harus anda lakukan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Tekan Suspensinya

Cara mengecek kondisi suspensi sepeda motor yang pertama yaitu dengan cara menekannya. Cara ini untuk melihat kondisinya apakah masih bagus atau tidak.

Tekan ke bawah komponen tersebut dan rasakan reaksi yang terjadi. Jika komponen tersebut memantul dengan cepat, maka dipastikan sudah rusak.

Baca Juga : Penyebab Piringan Cakram Bunyi, Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Sebab, suspensi tidak lagi dapat meredam hentakan secara maksimal. Jika hal ini sebagai penyebabnya, anda perlu melakukan penggantian komponen baru.

Namun, jika komponen tersebut hanya kering, sebaiknya berikan oli untuk melumasinya. Dengan cairan pelumas tersebut akan membantu peredam kejut bekerja dengan maksimal.

2. Lepas Komponen

Cara melakukan pengecekan suspensi sepeda motor berikutnya yaitu dengan melepas komponen tersebut. Anda bisa lepas mulai dengan mencopot per dan tekan klik kompresi pada setiap putaran.

Jika saat anda tekan semakin keras, artinya komponen perlu segera anda ganti. Jika tidak anda lakukan penggantian, justru memberikan dampak buruk saat berkendara.

3. Lihat Kebocoran Oli

Salah satu masalah yang sering terjadi pada suspensi sepeda motor yaitu terjadinya kebocoran. Kondisi komponen ini rusak yaitu timbulnya oli yang berlebih.

Saat kondisinya seperti ini, anda harus segera menggantinya. Sebab jika anda biarkan, tidak hanya berdampak pada segi kenyamanan saja. Kondisi ini akan berpengaruh pada komponen lain.

4. Gunakan Berkendara di Jalan Bergelombang

Mengendarai kendaraan pada jalan yang bergelombang menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan. Cara ini bisa anda gunakan sebagai pengecekan shockbreaker.

Ajak teman untuk membonceng agar bisa merasakan kenyamanan atau tidak kendaraan. Sebaiknya anda gunakan pada medan terjal atau polisi tidur. Saat kondisinya rusak, akan terasa hentakan kasar saat melewatinya.

Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pengecekan suspensi ini. Anda bisa melakukan pengecekan di rumah atau bawa ke bengkel terdekat.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Jika anda ingin mengeceknya sendiri, sebaiknya tahu bagaimana langkah yang harus dilakukan. Meski memiliki usia pemakaian, namun bisa mengalami kerusakan karena beberapa faktor.

Sebaiknya perhatikan semua komponen kendaraan agar tidak timbul masalah yang serius. Salah satunya pada bagian suspensinya.

Ada beberapa cara mengecek kondisi suspensi sepeda motor jika mengalami kerusakan. Sebaiknya cari tahu kondisi sebenarnya agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Aegis Boost Pro