Tahapan Metamorfosis Katak, Ini Urutan dan Penjelasan Lengkapnya

Tahapan Metamorfosis Katak
Ilustrasi Tahapan Metamorfosis Katak. Foto: burkemuseum.org

Tahapan metamorfosis katak merupakan sebuah proses atau tahap perkembangan yakni secara biologis yang terjadi pada katak. Yang mana berubah dengan terus-menerus sesuai perkembangannya. Pertumbuhan tubuhnya juga merupakan sebuah pembentukan dari sejumlah organ yang ada pada tubuh.

Kemudian, katak juga kita kenal dengan hewan amfibi karena dapat hidup untuk dua tempat, yakni dalam air dan juga darat. Katak juga menyimpan telur dalam air serta proses perkembangan tubuhnya hingga dewasa selalu terjadi di dalam air, paling tidak hingga perkembangannya 85 persen.

Tahapan Metamorfosis Katak

Mengutip Wikipedia, metamorfosis merupakan suatu perkembangan secara biologi untuk hewan yang melibatkan dari perubahan tampilan fisik atau struktur setelah proses penetasan atau kelahiran.

Selanjutnya, metamorfosis pada katak juga berkembang sesuai dengan cara biologis dan terus-menerus. Lalu juga menghasilkan pembentukan organ yang penting untuk kelangsungan perkembangan hidupnya.

Pada umumnya, tahapan metamorfosis katak berkembang dengan cara yang cepat saat musim penghujan. Jika terdapat pada kolam atau suatu tempat habitatnya tersebut, katak akan berada dalam waktu yang relatif lama dan juga mengeluarkan suara yang khas.

Terdapat lebih dari 4700 jenis katak di seluruh dunia yang dapat kita bedakan berdasarkan warna kulitnya, bentuk tubuh, hingga pada tempat tinggalnya. Selain itu, kita juga dapat membedakan katak dengan adanya racun yang ada pada kulitnya.

Racun tersebut dapat membuat predatornya mendapatkan serangan yang mematikan atau mengancam. Hal tersebut berguna sebagai cara katak dapat mempertahankan hidupnya agar tidak dengan mudah menjadi santapan predator atau pemangsanya yang ukurannya lebih besar.

Dengan demikian, kapanpun nyawanya merasa terancam, maka katak akan memanfaatkan racun tersebut. Sehingga bisa tetap aman, tenang, dan berlindung secara mudah.

Selanjutnya, tahapan metamorfosis katak yang terbagi dalam 4 tahapan. Mulai dari telur, berudu atau kecebong, katak muda, sampai pada fase terakhir, katak dewasa.

Baca Juga: Metamorfosis Tidak Sempurna, Pengertian, Fase, Ciri Hingga Contohnya

Tahap Telur

Tahap telur merupakan tahapan pertama dari metamorfosis katak. Katak jantan yang telah membuahi katak betina pun nantinya akan menghasilkan telur yang tersimpan dalam air sebagai tempat yang paling aman.

Selanjutnya, telur katak yang pada umumnya dapat kita ketahui seperti sekumpulan biji selasih ini ditinggalkan oleh sang induk. Kemudian, akan berkembang dengan cara mandiri. Katak dapat bertelur sampai dengan 20 ribu dalam 3 kali tahap reproduksi dan berjalan sekitar 3 minggu.

Tahap Berudu atau Kecebong

Saat tahapan metamorfosis katak pertama atau tahap telur terjadi, maka akan melanjutkan pada tahap kedua yaitu tahap telur menjadi kecebong atau berudu. Pada tahap berudu ini, mereka akan menjalaninya sekitar 5 minggu hingga menjadi katak muda.

Perkembangan kakinya pun dapat dipakai untuk berenang dan bergerak. Selain itu, pada tahap ini beludru akan memiliki sejumlah organ yang dapat berfungsi dengan baik.

Tahap Katak Muda

Setelah lima minggu berjalan, beludru atau kecebong akan mulai berkembang menjadi katak muda. Kemudian, perkembangan akan terjadi sampai 3 minggu, hingga berkembang dan tumbuh menjadi katak dewasa. Fase yang satu ini penting untuk ana pahami.

Baca Juga: Penelitian Fosil Mastodon yang Bermigrasi dan Akhirnya Punah

Tahap Katak Dewasa

Tahapan metamorfosis katak atau fase metamorfosis paling akhir dari perkembangan kehidupan katak ini adalah saat menjadi katak dewasa.

Katak dewasa pada umumnya dapat kita ketahui dengan adanya keberadaan organ paru-paru untuk alat pernapasannya untuk habitat darat. Sebagai tandanya, maka penting bagi kita untuk mencermati fase ini.

Lalu, adanya insang untuk alat pernapasan dalam air akan segera menghilang dan berubah secara drastis. Sedangkan jika paru-paru telah terbentuk untuk katak bisa bernafas di darat, maka ia akan melalui tahap perkembangan selanjutnya, yaitu katak dewasa.

Berikutnya, katak dewasa tersebut dapat langsung beralih ke darat untuk mencari katak betina agar dapat dibuahi. Lalu setelah mereka melakukan pembuahan dengan reproduksi sama, maka katak betina akan menyimpan sel telur yang mana telah masuk ke dalam tahapan metamorfosis pertama kembali ia simpan dalam air.

Pada umumnya, katak dewasa mencapai usia sekitar 11 minggu atau lebih. Lalu jenis tahapan metamorfosis katak ini dapat kita golongkan menjadi tahapan metamorfosis yang sempurna dalam waktu yang singkat. (R10/HR Online)

Editor: Jujang