Tahapan Riset Pemasaran Yang Benar untuk Sukses Bisnis Anda

tahapan riset pemasaran
Tahapan riset pemasaran untuk sukses bisnis. Foto: Ist/Net

Mengetahui tahapan riset pemasaran yang benar sangat penting agar produk yang nantinya Anda tawarkan kepada calon konsumen betul-betul sesuai dengan kebutuhan mereka. Baik dengan survei hingga menentukan segmentasinya.

Riset pemasaran atau marketing research merupakan upaya mendapatkan informasi atau data pemasaran yang relevan. Informasi ini berguna agar bisa kita olah, analisa, dan menafsirkan untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Segencar apapun aktivitas promosi yang Anda lakukan tetap tidak akan bisa menghasilkan konversi atau penjualan yang memuaskan jika produk Anda tidak sesuai kebutuhan masyarakat. Inilah pentingnya melakukan riset pasar.

Bahkan jika Anda melakukan iklan yang menghabiskan banyak biaya juga tidak akan bisa mendongkrak penjualan. Promosi harus terintegrasi dengan hasil riset pemasaran agar memberikan hasil sesuai target yang kita tentukan.

Dengan menerapkan tahapan riset pemasaran yang benar, tentu Anda bisa menghadirkan produk yang sesuai harapan dan keinginan mereka. Jika produk Anda tepat, tentu calon konsumen tidak akan ragu untuk membelinya.

Baca Juga: Manfaat Studi Kelayakan Bisnis untuk Meraih Sukses

6 Tahapan Riset Pemasaran yang Penting

Melakukan riset marketing sangat penting. Berikut beberapa langkah penting cara riset pemasaran yang benar. Pastikan Anda melakukan langkah-langkah tersebut agar bisa menghasilkan produk yang tepat dan sesuai kebutuhan konsumen.

Identifikasi Calon Buyer Anda

Mengidentifikasi calon buyer atau konsumen sangat penting dalam menentukan produk yang paling tepat untuk Anda tawarkan kepada mereka. Untuk itu, Anda harus bisa membuat profile nyata calon buyer Anda.

Profile buyer mencakup perilaku, kebiasaan, data demografis, dan lain sebagainya. Dengan mengidentifikasi calon buyer, tentu Anda sudah bisa mendapatkan gambaran produk yang paling tepat untuk Anda jual kepada mereka.

Fokus ke Segmen Pelanggan Anda

Fokus pada segmen pelanggan juga merupakan salah satu poin penting yang harus Anda perhatikan dalam tahapan riset pemasaran. Sayangnya, banyak pelaku bisnis terlalu rakus dengan keinginan meraup pasar seluas mungkin.

Untuk cara melakukannya juga mudah. Anda tinggal mengelompokkan pelanggan ke dalam beberapa kategori. Seperti berdasarkan waktu, lokasi, harga, demografis, atau sosial budaya.

Fokus Kepada Pelanggan

Cara dan tahapan riset pemasaran yang benar berikutnya adalah fokus kepada pelanggan. Sebagai contoh, jika Anda menjalankan bisnis oleh-oleh dan berkeinginan untuk menghadirkan sebuah produk premium.

Untuk riset pasar yang bisa Anda lakukan adalah dengan fokus kepada konsumen yang sudah membeli produk tersebut dengan kisaran harga tertinggi. Gali informasi sebanyak mungkin terkait keinginan dan harapan mereka terhadap produk baru.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Pakaian Untuk Pemula Agar Sukses? Simak Ini Dulu!

Siapkan Pertanyaan Sesuai Tujuan Riset

Sangat perlu untuk menyiapkan pertanyaan sesuai dengan tujuan agar riset pasar berjalan sukses. Pertanyaan tersebut bisa berupa kalimat lengkap atau hanya poin-poin utama yang bisa Anda kembangkan. Hanya saja, pastikan alur wawancara sistematis.

Apabila Anda ingin mengetahui sebesar apa potensi pelanggan membeli kembali produk Anda, maka dalam tahapan riset pemasaran perlu menyusun pertanyaan. Berikut ini bisa menjadi contoh.

  • Sejak kapan Anda mulai menggunakan produk ini?
  • Apa alasan Anda menyukai produk ini?
  • Apakah Anda tertarik untuk membeli lagi produk ini?

Pertanyaan yang tepat sangat berpengaruh dalam memberikan hasil riset. Usahakan untuk menyesuaikan alur dan gaya komunikasi Anda agar sesuai target konsumen. Hal ini penting untuk memperoleh informasi obyektif dari mereka.

Kenali Kompetitor Anda

Sangat penting untuk mengenali kompetitor Anda untuk memastikan produk yang Anda buat mampu bersaing dengan kompetitor tersebut. Kenali produk buatan kompetitor lalu buatlah produk serupa dengan nilai tambah yang tidak ada pada produk pesaing.

Lakukan Survei

Melakukan survei juga termasuk salah satu tahapan riset pemasaran yang penting untuk Anda lakukan. Dengan survei, Anda bisa mendapatkan data-data yang lengkap terkait calon konsumen. Baik permasalahan mereka, harapan, maupun kebutuhannya.

Dari sini nantinya Anda bisa menentukan produk yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Termasuk dalam menentukan harga juga sesuai kemampuan konsumen.

Saat melakukan survei, pastikan Anda membuat laporan catatan, statistik, diagram, dan sebagainya. Hal ini penting agar nantinya Anda lebih mudah dalam menganalisa data-data yang Anda dapatkan dari survei tersebut.

Itulah berbagi tahapan riset pemasaran yang wajib Anda tahu. Sebagai pelaku bisnis tentunya menginginkan produknya laris dan diterima masyarakat yang menjadi konsumennya. Tanpa riset pemasaran yang benar sulit untuk bisa sukses. (R11/HR Online)

Editor: Jujang