Tahun 2021, BSC Ciamis Targetkan Satu Desa Satu Bank Sampah

target bank sampah ciamis
Seorang pegawai tengah memilah sampah di salah satu Bank Sampah Ciamis. Foto: Feri/HR

Berita Ciamis, (haraparakyat.com),– Melihat antusias masyarakat Ciamis dalam mengelola bank sampah, tahun 2021 Bank Sampah Ciamis (BSC) mempunyai target untuk membentuk satu Desa satu bank sampah unit. Hal ini sebagai upaya untuk menanggulangi sampah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Direktur Bank Sampah Ciamis, Nono Warsono mengatakan, saat ini yang terdaftar di bank sampah Ciamis itu sebanyak 214 bank sampah unit yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis. Namun, dari 214 ada sekitar 30 persen bank sampah unit yang tidak efektif.

“Jadi kurang efektifnya begini, kalau yang biasanya sekitar satu minggu sekali setor ke BSC, kali ini jarang. Jadi mungkin ada kendala,” katanya.

Maka dari itu, Kata Nono, bank sampah Ciamis pada tahun 2021 ditargetkan untuk bisa membentuk satu Desa minimal satu bank sampah. Hal ini untuk mengurangi populasi sampah di kabupaten Ciamis.

“Saya optimis target tersebut bisa tercapai. Maka dari itu, saat ini kita gencar melakukan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat mengenai bank sampah. Supaya masyarakat paham dan tertarik untuk membentuk bank sampah,” ucapnya.

Menurutnya, bank sampah unit yang paling unggulan di bawah naungan BSC saat ini yakni ada bank sampah Maggot di Desa Pawindan dan bank sampah Kartini di Desa Imbanagara Raya.

“Kedua bank sampah tersebut mempunyai inovasi yang sangat bagus, diantaranya mempunyai perpustakaan sendiri. Selain itu juga selalu menggelar kegiatan olahraga setelah melakukan setor sampah,” tuturnya.

Nono berharap, dengan nanti adanya bank sampah di setiap desa bisa membuat sampah dikelola dengan baik. Jadinya tidak ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“Jika ada bank sampah, nantinya tidak ada lagi sampah berserakan di sungai, kebun maupun lingkungan sekitar rumah. Karena, nanti masyarakat bisa memilah sampah rumah tangga tersebut juga bisa mendapatkan rupiah,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online)

Editor: Ndu