Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita CiamisTanah Longsor di Sukadana Ciamis, Satu Rumah Rusak Berat

Tanah Longsor di Sukadana Ciamis, Satu Rumah Rusak Berat

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Bencana tanah longsor terjadi di Dusun Margasari, Desa Margajaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Senin (4/1/2021). Longsor itu menyebabkan satu rumah rusak berat. Material longsoran menjebol tembok rumah milik Rian Mulyana (27).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun rumah milik Rian penuh dengan lumpur tanah yang longsor.  Tebing setinggi 5 meter dan lebar 7 meter itu tepat pada bagian belakang rumah Rian. Sehingga longsoran langsung menimbun dan menghantam rumah tersebut.

Akibat tanah longsor di Sukadana ini, pemilik rumah terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya. Karena rumah tersebut sementara tak dapat ditempati karena penuh lumpur tanah.  

Kepala Dusun Margasari Agus  Fitri mengatakan tanah longsor itu terjadi saat pemilik rumah sedang tertidur. Namun tiba-tiba penghuni rumah merasa ada getaran mirip gempa. Kemudian semua penghuni rumah sekeluarga langsung ke luar untuk menyelamatkan diri.

“Beruntung keluarga pak Rian tidak ada yang tertimpa longsoran. Hanya tembok rumah yang jebol, hingga masuk ke dalam ruangan dan merusak seluruh isi rumah,” kata Agus, Senin (4/1/2021) sore.

Agus mengatakan warga telah melakukan gotong royong membersihkan material tanah longsor yang masuk ke dalam rumah tersebut.

“Untuk wilayah Sukadana ini memang sering terjadi bencana alam saat musim hujan terutama tanah longsor. Kami minta kepada masyarakat agar tingkatkan kewaspadaan,” ujar Agus. (Dang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -