Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruTanaman Obat Penyakit Kulit yang Mudah Dicari

Tanaman Obat Penyakit Kulit yang Mudah Dicari

Tanaman obat penyakit kulit bisa menjadi solusi alternatif ketika obat dari dokter belum mendapatkan hasil yang maksimal. Tanaman obat tersebut bisa digunakan oleh mereka yang memiliki keyakinan untuk berikhtiar dalam proses penyembuhan.

Bagi sebagian masyarakat, penyakit kulit merupakan salah satu penyakit yang mengurangi rasa percaya diri. Biasanya para penderita sering malu ketika bertemu dengan orang lain.

Umumnya penyakit kulit akibat jamur yang menempel pada kulit. Jamur tersebut tumbuh pada bagian yang jarang mendapatkan perhatian, terutama saat mandi.

Baca juga: Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk, Letakan di Beranda atau Teras Rumah

Macam-macam Tanaman Obat Penyakit Kulit

Ada beberapa tumbuhan yang bisa menjadi alternatif untuk mengobati bagian kulit kita. Berikut beberapa contohnya:

Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman yang tumbuh dan berkembang biak secara vegetatif dengan umbi lapis. Salah satu bumbu dapur ini sangat mudah untuk mendapatkannya.

Beberapa penyebab bawang putih mampu bermanfaat untuk penyembuhan penyakit kulit adalah:

  1. Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang bernama thiacremonon atau juga allicin. Fungsi senyawa tersebut sebagai anti-inflammasi yang mampu mengobati peradangan pada kulit.
  • Bawang putih mempunyai sifat anti bakteri, antiseptik, anti mikroba, anti jamur yang mampu mengobati penyakit kulit, misalnya penyakit kurap, kudis, kutu air, panu dan lainnya.

Tanaman Biduri

Biduri merupakan tanaman yang memiliki ciri khas tertentu. Ciri dari biduri adalah ia mempunyai bunga berwarna putih  keunguan.

Yang paling berpengaruh dari biduri adalah bagian daunnya. Daun dari biduri mampu mengobati masalah pada kulit.

Beberapa penyebab daun biduri mampu bermanfaat sebagai tanaman obat penyakit kulit adalah di antaranya:

  1. Daun tanaman biduri memiliki polifenol, flavonoid, dan saponin. Semuanya berfungsi sebagai antioksidan untuk mengobati peradangan kulit yang akibat jamur.
  • Daun tanaman biduri memiliki tanin. Tanin merupakan senyawa yang ada dalam daun bidur. Fungsinya sebagai antidotum sehingga mampu menyembuhkan penyakit akibat jamur.

Adapun cara menggunakan daun biduri sebagai tanaman obat penyakit kulit, yaitu dengan mengambilnya sebanyak satu genggaman, lalu cuci dengan bersih.

Setelah itu tumbuk daunnya secara halus dan campurkan sedikit sedikit air, lalu oleskan.

Tanaman Jintan

Jintan merupakan jenis tanaman liar. ia memiliki ciri yaitu bunga yang ada pada tanaman jintan berwarna putih dan putiknya berwarna kuning.

Beberapa penyebab tanaman jintan mampu bermanfaat untuk penyembuhan penyakit kulit adalah diantaranya:

  1. Tanaman jintan mengandung senyawa zat fitosterin-B yang bersifat anti-inflammasi serta bersifat antiseptik alami, sehingga mampu mengibati peradangan kulit
  2. Tanaman jintanmempunyai antioksidan pada senyawa quercetin serta pada asam klorogenat-nya. Senyawa itu mampu membunuh penyakit yang menempel di kulit.

Adapun cara menggunakan daun jintan yaitu dengan menyediakan lima lembar jintan, lalu tumbuklah dengan halus, jangan lupa campuri air secukupnya, lalu olehskan pada penyakit kulitnya.

Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat penyakit kulit. Tanaman tersebut sangat mudah ditemukan, karena sering dipakai sebagai tanaman hias oleh kebanyakan orang..

Beberapa penyebab tanaman lidah buaya mampu bermanfaat untuk penyembuhan penyakit kulit adalah diantaranya:

  1. Lidah buaya mempunyai gliko protein, yang berfungsi sebagai anti-inflammasi yang mampu mengobati penyakit pada kulit.
  2. Lidah buaya mempunyai giberelin dan empunyai polisakarida, yang sangat sangat ampuh mengobati penyakit kulit dengan cepat.

Adapun cara menggunakan tanaman lidah buaya yaitu dengan memotongnya lalu oleskan gel lidah buaya pada kulit yang bermasalah.

Baca juga: Jenis Budidaya Tanaman Pangan yang Mudah dan Menguntungkan

Tanaman Tembakau

Tembakau merupakan hasil bumi yang masuk dalam kategori komoditas perkebunan serta menjadi bahan inti untuk diproduksi pembuatan rokok. Selain itu, tembakau memiliki banyak khasiat diantaranya adalah mengobati penyakit kulit.

Beberapa penyebab tanaman tembakau mampu bermanfaat sebagai tanaman obat penyakit kulit adalah diantaranya:

  1. Tembakau mengandung kolagen sebagai protein yang dibutuhkan oleh kulit, sehingga mampu mengobati masalah kulit.
  2. Tembakau mengandung senyawa flavonoid dan polifenol sebagai antioksidan dan anti-inflammasi yang berfungsi mengobati peradangan kulit.

Adapun cara menggunakan tanaman tembakau yaitu dengan menyiapkan 4-5 lembar daun, kemudian kasih air sedikit dan tempelkan pada kulit yang bermasalah.

Itulah berbagai macam tanaman obat penyakit kulit sebagai obat alternatif yang mudah untuk dicari di sekitar lingkungan kita. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -