Tanda Perut Kedutan, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

tanda perut kedutan
Begini tanda perut kedutan. Foto: Ist/Net

Tanda perut kedutan ternyata sering terjadi dan umumnya merupakan kondisi yang tidak berbahaya. Penyebab perut kedutan karena adanya kontraksi otot perut maupun pada saluran pencernaan. Cara mengatasinya bisa secara alami yang mudah.

Kedutan bukan melulu terjadi pada bagian mata. Beberapa bagian tubuh lainnya juga bisa atau sering mengalami kedutan. Seperti pada bagian perut, bibir, punggung, dan lainnya.

Meskipun bukan merupakan kondisi medis yang serius namun tak jarang perut sering kedutan ini cukup mengganggu. Apalagi jika Anda sedang sibuk bekerja atau sedang menjadi pembicara penting dalam suatu forum.

Kedutan di perut terjadi karena adanya kontraksi otot yang tidak terkontrol. Kontraksi otot itu sendiri terjadi karena adanya gangguan tahu stimulasi pada sistem saraf. Gejala ini biasanya bersifat ringan dan akan hilang sendiri.

Faktor Penyebab Tanda Perut Kedutan

Terjadinya kontraksi otot pada sekitar perut bisa terjadi karena berbagai faktor. Ibu yang sedang mengandung juga mengalami perut kedutan saat hamil trimester pertama. Mengenal tanda perut kedutan penting untuk mencegah kondisi semakin parah.

Kontraksi otot ini memang bisa muncul pada berbagai tempat. Kedang perut kedutan sebelah kanan namun juga bisa pada bagian tengah. Berikut ini berbagai faktor penyebab perut kedutan yang sebaiknya Anda tahu.

Baca Juga: Lupakan Mitos, Ini Penyebab Mata Kedutan

Gejala Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka ada banyak cairan maupun elektrolit dalam tubuh yang hilang. Kondisi ini ternyata juga bisa memicu terjadinya kontraksi otot khususnya dalam perut maupun pada saluran pencernaan.

Otot sangat membutuhkan elektrolit untuk menjaga fungsinya. Saat banyak elektrolit yang hilang, maka otot akan berkontraksi maupun berkedut. Karena itu penyebab kedutan bisa menjadi tanda agar Anda segera mengatasi kondisi tubuh.

Otot Kaku

Tanda perut kedutan juga bisa terjadi karena otot yang mengalami kaku atau ketegangan. Otot yang kaku bisa terjadi akibat tubuh yang jarang bergerak atau melakukan olahraga. Apalagi jika Anda sibuk bekerja di belakang meja.

Namun ketegangan otot juga bisa terjadi akibat olahraga yang terlalu berlebihan. Anda yang sering joging tanpa pemanasan juga sering mengalami perut kedutan. Hal ini karena kondisi otot sekitar perut yang terlalu tegang.

Kecemasan

Rasa cemas atau khawatir yang sangat besar juga bisa memicu kontraksi pada otot perut. Begitu juga saat seseorang mengalami stres karena berbagai sebab akan membuat otak melepaskan hormon yang memicu kontraksi otot.

Tekanan psikologis memang memiliki efek terhadap kesehatan fisik. Stres maupun kecemasan yang terlalu tinggi akan menyebabkan otot mengalami kontraksi yang kita mengenalnya sebagai kedutan.

Timbunan Gas dalam Perut

Berkumpulnya gas dalam perut juga bisa memicu terjadinya perut sering kedutan. Namun penyebab kedutan ini akan mempengaruhi otot dalam usus untuk mengeluarkan gas.

Karena itu tak jarang saat kita merasakan sakit perut, sembelit, atau kembung biasanya akan muncul tanda seperti ingin kentut. Dalam kondisi ini juga akan memicu terjadinya kontraksi otot yang menimbulkan tanda perut kedutan.

Baca Juga: Telinga Berdenging Sebelah Kiri? Awas Bisa Jadi Tinnitus!

Minum Kafein

Ada banyak minuman yang mengandung kafein yang tidak baik untuk tubuh. Khususnya jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Seperti minuman kopi, coklat, atau minuman kaleng.

Terlalu banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh terhadap organ tubuh lainnya. Termasuk terjadinya kram ataupun perut kedutan. Tanda ini juga sebagai sinyal untuk membatasi jumlah konsumsinya.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan buruk lainnya yang juga menyebabkan tanda perut kedutan adalah merokok. Hal ini karena kandungan nikotin maupun tar dalam asap rokok akan merangsang kontraksi otot. Sehingga terjadi kedutan di perut.

Efek Konsumsi Obat

Kontraksi pada otot perut atau usus juga bisa terjadi karena efek samping setelah mengonsumsi obat tertentu. Obat-obatan semacam ini memang memiliki efek yang mesti kita tahu agar tidak membahayakan tubuh.

Ada banyak jenis obat yang bisa berdampak pada ketegangan otot. Antara lain obat antidepresan, obat golongan diuretik, ataupun obat antipsikotik tertentu. Karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Peradangan Usus

Selain merupakan kondisi yang ringan, namun tanda perut kedutan juga bisa terjadi karena adanya penyakit tertentu. Penyakit yang menyebabkan peradangan usus, seperti gastritis, gastroenteritis, atau kolitis ulseratif.

Gastritis dan gastroenteritis akan menyebabkan terjadinya radang lambung dan usus. Penyakit yang terjadi karena infeksi ini bisa menimbulkan perut kedutan, kram, nyeri, hingga perit kembung.

Sedangkan kolitis ulseratif juga akan menyebabkan diare, sembelit, dan sering buang air kecil. Perut juga akan teras nyeri dan kadang terjadi kram. Tubuh juga akan terasa lemas dan banyak berkeringat terutama pada malam hari.

Sindrom Iritasi Usus

Gangguan pada bagian usus yang terkenal dengan sebutan sindrom iritasi usus (IBS) juga bisa menyebabkan tanda perut kedutan. IBS merupakan sejumlah gejala akibat adanya iritasi pada usus besar.

Gejala yang muncul pada gangguan iritasi ini memang mirip dengan peradangan lambung. Jika Anda mengalami kondisi semacam ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Akibat Penyakit Lain

Selain penyakit yang menyerang lambung atau usus, sejumlah penyakit lainnya juga bisa memicu terjadinya perut kedutan. Seperti sakit maag maupun penyakit yang menyebabkan kelainan saraf.

Beberapa penyakit yang menjadi penyebab perut kedutan antara lain distrofi otot, diabetes, infeksi, maupun gangguan saraf akibat cedera. Begitu juga aneurisma aorta yang menyerang pembuluh darah besar juga bisa menyebabkan perut kedutan.

Cara Mengatasi Perut Kedutan

Meskipun bukan merupakan kondisi yang berbahaya, tanda perut kedutan juga merupakan sinyal adanya gangguan pada perut. Karena itu penting untuk segera mengenali penyebabnya agar lebih efektif penanganannya.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi perut kedutan secara alami. Untuk Anda yang mengalami perut sering kedutan Anda bisa mencoba beberapa pilihan ini untuk meredakannya.

Baca Juga: Arti Mimpi Menerima Uang, Benarkah Pertanda Mendapat Kekayaan?

Istirahat yang Cukup

Perut kedutan bisa memperlihat tanda kurangnya waktu untuk mengistirahatkan tubuh. Istirahat yang cukup bisa meredakan ketegangan otot akibat latihan yang terlalu berat.

Minum Air Putih yang Cukup

Tanda perut kedutan juga bisa karena tubuh yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Untuk itu Anda perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Selain mencegah dehidrasi, air putih berguna meredakan kedutan.

Kompres Hangat

Alternatif mengatasi kedutan perut adalah dengan melakukan kompres pada sekitar perut. Anda bisa memasukkan air hangat dalam botol dan bungkus kain untuk meletakkan pada perut. Ini akan mengendurkan otot yang tegang.

Melakukan Pijatan

Kedutan juga bisa terjadi karena aliran darah yang terganggu. Karena itu Anda bisa melakukan pemijatan pada sekitar perut. Hal in berguna untuk melancarkan kembali aliran darah pada area yang mengalami kontraksi.

Namun pemijatan cukup Anda lakukan dengan ringan saja. Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih atau balsem agar perut terasa hangat. Ini akan bisa meredakan perut kedutan yang terjadi.

Konsumsi Serat

Kontraksi otot yang menjadi tanda perut kedutan juga bisa terjadi karena terganggunya sistem pencernaan. Karena itu cara mengatasi perut kedutan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat.

Ada banyak jenis buah atau sayuran yang mengandung banyak serat yang bisa Anda makan dalam bentuk segar. Makanan berserat berguna untuk melancarkan saluran pencernaan dan meredakan gangguan perut.

Mandi Air Garam

Alternatif lain cara mengatasi perut kedutan adalah dengan mandi menggunakan air garam. Selain akan meredakan otot yang tegang, air garam berguna untuk meredakan nyeri atau melemaskan otot tubuh.

Namun sebaiknya gunakan garam epsom agar hasilnya lebih terasa. Campurkan saja garam epsom dalam seember air hangat lalu gunakan untuk mandi. Tubuh juga akan menjadi lebih segar setelah mandi.

Itulah berbagai tanda perut kedutan yang sebaiknya kita waspadai. Mengenal faktor penyebabnya akan memudahkan cara mengatasi perut kedutan agar tidak semakin parah. Jika tanda ini tak segera hilang sebaiknya segera periksakan ke dokter. (R11/HR Online)

Editor: Jujang