Tanda Tanda Kiamat Sugra yang Perlu Disadari Umat Muslim

Tanda Tanda Kiamat Sugra yang Perlu Disadari Umat Muslim
Ilustrasi Tanda Tanda Kiamat Sugra. Foto: azzamaviero.com

Tanda tanda kiamat sugra atau kiamat kecil bisa terjadi timbulnya banyak bencana alam. Namun, masih ada beberapa hal yang bisa terjadi dan menjadi pertanda kiamat kecil.

Kiamat sugra itu sendiri merupakan kejadian yang sering terjadi dalam kehidupan manusia. Misalnya adanya bencana alam banjir, puting beliung, gunung meletus, dan masih banyak yang lainnya.

Masalah ini sering sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya hal ini menjadi suatu peringatan atau teguran dari Allah SWT kepada umat manusia.

Secara jelas sudah tergambar jika hari kiamat merupakan salah satu hal yang akan terjadi. Bahkan kiamat menjadi salah satu rukun iman yang wajib dipercaya oleh semua umat Islam.

Hari kiamat akan terjadi setelah Allah SWT menghendakinya. Dimana bumi akan diguncang dengan dahsyat yang belum pernah terjadi.

Bahkan saat itu tiba semua akan luluh lantak dan tidak akan ada satu orang pun yang selamat. Hal ini sudah tertulis jelas dalam firman Allah SWT dalam QS Surat Al-Zalzalah.

Dalam ajaran agama Islam, ada dua jenis kiamat yang bisa diketahui yaitu sugra dan kubra. Kiamat sugra adalah kiamat kecil, sedangkan kubra adalah kiamat besar.

Keduanya memiliki perbedaan dan tanda tanda tersendiri. Seperti tanda tanda kiamat sugra dengan terjadinya bencana alam yang sering terjadi seperti saat ini.

Sebagai umat Islam, anda perlu tahu dan meyakini jika hal tersebut ada dan akan terjadi. Maka dari itu, segeralah bertaubat dan mengingat jika hidup hanyalah sementara.

Baca juga: Pengertian Akhlak Tasawuf, Dalil dan Manfaatnya dalam Ajaran Islam

Simak Tanda Tanda Kiamat Sugra Dalam Kehidupan

Kiamat menjadi ketetapan Allah SWT yang pasti terjadi dan tidak tahu kapan akan terjadi. Dalam agama Islam terdapat banyak tanda yang bisa terlihat sebelum hal tersebut terjadi.

Tanda tanda itu membuktikan jika akan terjadi kiamat kecil maupun besar. Namun, sebelum memahami akan terjadinya kiamat kubro, ketahui juga akan pertanda kiamat kecil.

Hal ini agar sebagai umat muslim, anda lebih memahami peristiwa yang akan terjadi. Bahkan kejadian tersebut mampu mengingatkan umat Islam agar bisa lebih memperbaiki diri.

Sebab, terjadinya pertanda kejadian tersebut menjadi salah satu peringatan dari Allah SWT kepada umat manusia. Berikut ini ada beberapa pertanda jika kiamat sudah terjadi, antara lain:

1. Wanita Berpakaian Tapi Telanjang

Tanda tanda kiamat sugra yang pertama yaitu adanya kaum wanita yang berpakaian namun telanjang. Dimaksud dengan hal tersebut yaitu seorang wanita yang mengenakan busana dengan pakaian mini dan ketat.

Sehingga memperlihatkan lekuk tubuhnya. Seperti yang sudah diriwayatkan oleh HR Muslim, Al Libas waz-Zinah jika Rasulullah SAW bersabda:

Ada dua penduduk neraka yang belum pernah beliau lihat yaitu orang yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia dan wanita yang berpakaian telanjang.

Semakin jelas jika kedua golongan tersebut tidak akan masuk surga, bahkan tidak akan mencium baunya. Padahal surga bisa tercium dalam jarak perjalanan sekian dan sekian.

2. Masjid Jadi Tempat Wisata

Ada tanda tanda lain kiamat sugra yaitu tempat ibadah menjadi wisata. Rasulullah SAW pernah berkata jika salah satu tanda adanya kiamat yaitu masjid jadi tempat wisata.

3. Banyaknya Bencana

Tanda tanda kiamat sugra yang lain yaitu dengan adanya banyak bencana yang terjadi. Seperti yang sudah jelas jika banyaknya bencana yang terjadi yaitu sebagai pertanda adanya kiamat.

Bahkan menjelang terjadinya kiamat itu sendiri, ada beberapa hal yang terjadi. Antara lain pengubahan rupa, penenggelaman bumi, dan hujan batu.

Baca juga: Amalan Setelah Sholat Subuh yang Biasa Rasulullah SAW Ajarkan

4. Meluasnya Kebodohan

Wafatnya para ulama dan meluasnya kebodohan menjadi adanya hal tersebut. Seperti sabda Rasulullah SAW jika Allah tidak akan mengambil ilmu dengan mencabut para manusia. Namun mengambil ilmu dengan wafatnya para ulama. Sehingga manusia menjadi bodoh sebagai pemimpin.

Ada banyak tanda tanda kiamat sugra yang bisa anda jadikan pelajaran hidup. Sehingga lebih bisa mengingat akan adanya kuasa Allah dan hari akhir. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid