Tebing Setinggi 20 Meter Longsor, Jalan Tasikmalaya-Garut Tertutup

Tebing Setinggi 20 Meter Longsor Jalan Tasikmalaya-Garut Tertutup
Material tanah longsoran dari tebing setinggi 20 meter yang menutup jalan Tasikmalaya-Garut. Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Tasikmalaya, pada Sabtu sore (9/1/2021), mengakibatkan tebing setinggi 20 meter longsor. Tebing tersebut berada di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Beruntung, tebing setinggi 20 meter yang longsor tersebit tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, material longsoran menimbun akses jalan provinsi penghubung Tasikmalaya-Garut.

Pantauan HR Online, material tanah longsor yang menimbun hampir seluruh badan jalan. Sehingga, mengakibatkan arus lalu lintas dari kedua arah mengalami kemacetan panjang.

Sementara untuk mengurai kemacetan, petugas bersama warga terpaksa memberlakukan buka tutup jalur, yang hanya bisa kendaraan lalui satu arah.

Ketiadaan alat berat membuat proses evakuasi tanah longsor pun terpaksa dilakukan dengan menggunakan alat manual atau seadanya.

Yayat Solihat, warga sekitar mengatakan, kontur tanah yang labil dan medan yang curam, kerap kali mengakibatkan longsor.

Yayat pun mengimbau kepada para pengendara yang melintas jalan tersebut, untuk berhati-hati. “Terlebih saat terjadi hujan deras,” kata di lokasi kejadian.

Petugas dari PUPR dan BPBD Tasikmalaya, kini masih melakukan evakuasi material tanah yang sempat menutup sebagian badan jalan, yang berasal dari tebing setinggi 20 meter yang longsor tersebut. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto