Tegur Warga Tasikmalaya Tak Pakai Masker, Gubernur Malah Berkerumun

Gubenur Jabar Berkerumun di Tasikmalaya
Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berkerumun saat menegur warga yang tak pakai masker di Alun-alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendatangi warga Tasikmalaya yang tak memakai masker, Rabu (20/1/2021). Selain menegur, Kang Emil -sapaan akrab Gubenur Jabar- juga memberi masker gratis bahkan langsung memasangkannya. Sayangnya, aksi Gubernur Jabar ini dilakukan dengan berkerumun.

Kabupaten Tasikmalaya sebelumnya tercatat sebagai daerah dengan warga yang memiliki kesadaran memakai masker paling rendah se-Jawa Barat. Karena itu, Gubernur Jabar turun langsung untuk memotivasi warga Tasikmalaya agar memakai masker.

Salah seorang warga yang ‘beruntung’ dipasangkan masker oleh Kang Emil adalah Abah. Pria berusia 60 tahun itu kepergok tak memakai masker saat beraktivitas di sekitar Alun-alun Singaparna.

“Tah ek kamana, Pak? Kapergok teu pake masker, pasti mun kamana-mana tara ngangge masker nyak bapak mah? (Dar! mau kemana, Pak? ketahuan pasti kalau mau kemana-mana nggak suka pakai masker yah bapak?),” kata Kang Emil pada Abah.

Abah beralasan, dirinya mau ke toilet yang jaraknya dekat. “Dekat, nggak jauh, jadi nggak pakai masker,” kata Abah.

Kang Emil lantas memotivasi Abah agar memakai masker ketika keluar rumah. “Pak, tadi saya lihat pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Kasihan, jadi bapak harus pakai masker yah kalau keluar rumah,” ucapnya.

Abah yang kepergok tidak memakai masker, akhirnya dipakaikan masker oleh Kang Emil. “Sini pak saya kasih masker gratis, ku saya dipasangin langsung,” kata Emil.

Baca Juga: Gubernur Jabar di Tasikmalaya, Razia Warga Tak Pakai Masker

Sosialisasi Prokes, Gubernur Jabar Berkerumun

Saat menyambangi Alun-alun Singaparna dan bertemu Abah yang tak memakai masker, terlihat Kang Emil bersama rombongannya berkerumun. Pada satu momen kerumunan Gubernur Jabar tersebut terlihat rapat tanpa jaga jarak. 

Padahal kedatangannya bersama Kapolda Jabar, Forkopimda Jabar, dan Sekda Kabupaten Tasikmalaya tersebut untuk memotivasi Pemkab Tasikmalaya agar gencar menyosialisasikan protokol kesehatan kepada warga.

“Saya datang ke Tasikmalaya untuk berikan motivasi semoga Pemkab Tasikmalaya semakin baik menangani dan mensosialisasikan agar kepatuhan masyarakat memakai masker semakin baik,” katanya. 

Sementara itu, protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 selain memakai masker, adalah menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Selain itu tak kalah pentingnya adalah membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu