Tempat Wisata di Magelang yang Ngehits

Tempat Wisata di Magelang yang Ngehits
Kawasan Wisata Punthuk Setumbu. Foto : Facebook Punthuk Setumbu

Magelang tidak hanya terkenal wisata Candi Bororobudur saja dan tempat wisata di Magelang itu  banyak jumlahnya yang tersebar di beberapa  lokasi wisata di sekitar Borobudur.

Tempat wisata yang ada menawarkan keindahan alam eksotif yang tidak dijumpai di lokasi lain, seperti taman bunga, candi, hingga punthuk.

Destinasi wisata ini merupakan lokasi bagi anda mengintip keindahan Borobudur dari ketinggian.

Daftar Tempat wisata di Magelang

Bukit Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu salah satu tempat wisata di Magelang  yang keindahannya tak kalah dengan Candi Borobudur. Kawasan Punthuk Setumbu berada tak jauh dari kompleks Candi Borobudur.

Lokasinya berada di kawasan perbukitan Menoreh, tepatnya di daerah Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Bukit Punthuk Setumbu lokasinya cukup dekat dengan gereja ayam yang berada di Bukit Rhema atau orang mengenalnya sebagai lokasi menikmati sunrise sekitar Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu terletak pada ketinggian 400 meter dari permukaan laut, juga bagian dari gugusan pegunungan Menoreh.

Kawasan ini mempunyai banyak spot wisata, mulai dari rumah panggung, gasebo dan meja-kursi kayu sebagai tempat Anda  bersantai bersama keluarga.

Lokasi tepi jurang berbatasan langsung dengan tebing tempat favorit bagi Anda yang ingin melihat keindahan matahari terbit dari balik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menawan.

Dari area tersebut, Anda bisa melihat keindahan dan kemegahan Candi Borobudur di dataran ketinggian yang berselimut kabut.

Harga tiket masuk ke kawasan Bukit Punthuk Setumbu Rp. 15 ribu perorang. Kemudian tarif parkir 10 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp. 5000 untuk kendaraan bermotor.

Hanya dengan biaya sebesar itu, anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu.

Wisata Alam Bukit Grenden Pakis

Wisata alam Bukit Grenden Pakis tempat wisata di Magelang yang wajib anda kunjungi saat singgah ke daerah ini. Lokasi wisata alam ini tak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Pastinya tempat ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif wisata keluarga.

Lokasi wisata Bukit Grenden berada di kaki Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Grenden, Desa Pohgalang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Grenden berada di lereng Gunung Merbabu pada ketinggian 1600 meter dari permukaan laut. Beberapa spot wisata  sangat menarik, seperti rumah kurcaci, rumah terbalik, menara kursi, bulan sabit, dan kawasan pohon pinus. 

Bulan sabit satu deretan dari spot wisata yang ada di Bukit Garden. Ada banyak traveling yang bisa anda lakukan. Misalnya, Anda bisa duduk di atas spot bulan sabit yang seakan-akan sedang duduk di bulan sabit.

Kemudian wisata rumah terbalik, ini merupakan salah satu spot wisata khas bukit Gerden. Ornamen rumah terbalik memang sengaja terbalik dengan cat warna biru.

Dari tempat ini Anda dapat bereksplorasi, bermain dan berfoto dengan latar belakang bukit serta rimbunan pepohonan nan hijau.

Hanya dengan harga tiket masuk Rp. 5000 perorang pada hari biasa, dan Rp 12.000 perorang di hari libur, Anda sudah bisa menjelajah dan menikmati indahnya Bukit Gerden.

Hutan Pinus Kragilan di Pakis

Hutan Pinus Kragilan, tempat wisata di Magelang yang juga berada dekat dengan Candi Borobudur. tepatnya berada di Dusun Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah atau perbatasan Magelang Boyolali.

Keindahan Pinus Kragilan tidak kalah dengan hutan pinus Mangunan yang ada di Bantul, Yogyakarta. Kawasan ini memiliki berbagai spot wisata yang menarik sebagai top selfie.

Suasana sejuk dan asri menyambut Anda ketika singgah di daerah ini. Apalagi rimbunan pepohonanpinus membawa Anda ke suasana lain saat pagi dan sore hari.

Saat masuk ke Hutan Pinus Kragilan, anda akan menjumpai jalan setapak yang tertata rapi dari arah pintu masuk menuju bagian dalam hutan pinus.

Sepanjang jalan setapak, kanan kiri jalan, Anda bisa melihat pepohonan pinus yang hijau dan menjulang tinggi. Tentunya, suasana ini dapat Anda jadikan sebagai background foto.

Tidak hanya deretan hutan pinus yang menjulang tinggi, Anda bisa menjelajah dan berpetualang melihat dari dekat keindahannya. Mulai berfoto, menikmati berbagai spot wisata, dan menelusuri Sungai Selo Tumpang yang letaknya sekitar hutan .

Harga tiket masuk ke hutan pinus Kragilan cukup murah, hanya membayar parkir kendaraan. Rp. 3 ribu untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Bukit Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong salah satu tempat wisata di Magelang yang juga lokasinya dekat dengan Candi Borobudur. Tempat ini juga cocok sebagai alternatif wisata keluarga.

Lokasinya berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Punthuk Mongkrong merupakan salah satu tempat wisata di Magelang terbaik bagi Anda. Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian.

Letak Punthuk Mongkrong memang strategis, yakni epat di sisi timur pegunungan Menoreh, pada ketinggian 624 meter dari permukaan laut.

Keindahan Punthuk Mongkrong memang eksotis dari puncak bukit. Anda  dapat melihat keindahan pegunungan Menoreh yang menjulang tinggi.

Dari arah selatan Punthuk Mongkrong, saat cuaca cerah Anda dapat melihat rumah joglo yang ada di Puncak Suroloyo. Lokasi ini salah satu titik tertinggi pegunungan Menoreh.

Istimewanya lagi, Anda dapat melihat matahari terbit saat pagi hari di timur Punthuk Mongkrong. Anda dapat melihatnya dengan jelas ketika cuaca cerah.

Harga tiket masuk kawasan ini hanya Rp. 10.000. Dengan biaya sebesar ini, anda sudah dapat menikmati momen sunrise di pagi hari dan kemegahan Candi Borobudur dari Puncak Bukit Mongkrong.

Candi Selogriyo Windusari

Candi Selogriyo merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang bisa anda jadikan alternatif wisata bersama keluarga. Suasana tempat ni menyerupai Ubud Bali.

Lokasi Candi Selogriyo tepatnya berada di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.

Landscape Candi Selogriyo dengan rimbunan pepohonan nan hijau, menyambut Anda saat singgah disini. Hawa dingin dan sejuk serta semilir angin khas pegunungan, membuat suasana makin betah berada lama-lama.

Dua bukit berpadu dengan aliran sungai yang ada sisi kanan dan kiri candi, menjadi potensi lain dari Candi Selogriyo.

Potensi wisata Candi Selogriyo memang luar biasa, terutama pada dinding candi. Anda akan menjumpai beragam keindahan relief yang terukir pada dinding candi tersebut.    

Saat keliling candi, anda akan menjumpai Arca Ganesa yang ada di sebelah barat candi. dan di sebelah selatan, Anda akan menemui Arca Rsi Agastya.

Bagian lain dari bangunan Candi Selogriyo tidak kalah menarik. Di sebelah timur, Anda bisa jumpai terdapat dua relung kanan dan kiri pada pintu masuk.

Tidak hanya disuguhi relief dan arca, anda juga bisa berfoto dengan latar belakang bangunan candi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan lain dari Candi Selogriyo, yaitu rute perjalanan menuju lokasi candi.

Di sepanjang rute perjalanan menuju candi, Anda menjumpai hamparan persawahan nan hijau yang suasananya menyerupai Ubud Bali.

Harga tiket masuk ke Candi Selogriyo Rp. 7000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, Rp 25.000.

Watu Ambeng

Sekitar kawasan Candi Borobudur, banyak sekali punthuk atau perbukitan. Tempat ini bisa anda pakai untuk melihat indahnya Candi Borobudur.

Dan Watu Ambeng merupakan salah satu tempat yang bisa anda jadikan alternatif menikmati indahnya Candi Borobudur dari perbukitan. Watu Ambeng berlokasi di Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Taman Bunga Ramadanu

Taman Ramadanu salah satu tempat wisata di Magelang Jawa Tengah. Kawasan ini memiliki potensi wisata yang menarik, mulai dari kincir angin, aneka bunga celosia hingga spot wisata.

Lokasinya terletak di Kampung Danurejo, Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketika berkunjung ke Taman Ramadanu, anda akan menjumpai kincir angin dengan hamparan bunga warna-warni, bunga Celosia yang segar seperti berada di negeri Belanda.

Panorama khas seperti negeri Belanda terlihat dari kincir angin yang sekelilingnya terdapat hamparan aneka bunga warna-warni.

Beragam spot wisata, mulai rumah pohon dan bunga sakura, payung warna-warni hingga berpetualang keliling taman dengan sepeda onthel, juga bisa Anda nikmati.

Aneka spot wisata yang unik ini bisa anda jadikan spot foto yang mengasyikan. Kegiatan traveling bisa anda lakukan dengan berfoto di kincir angin.

Berfoto di spot wisata kincir angin yang berlatarbelakang hamparan bunga warna-warni celosia, cara lain anda menikmati keindahan Taman Bunga Ramadanu.

Harga tiket masuk cukup murah, Anda hanya membayar Rp. 8000. Dengan harga sebesar ini, Anda sudah menikmati indahnya Taman Ramadanu seperti di negeri Belanda.

Taman Bunga GarengPong

Tempat wisata di Magelang terus berkembang saat ini. Salah satunya Taman Bunga GarengPong. Taman ini terletak di Desa Bringin Kulon, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Ada banyak spot wisata yang Taman GarengPong miliki, mulai dari gasebo, bunga celosia sampai aneka spot wisata yang indah.

Ketika berkunjung ke Taman Garengpong, anda akan mendapatka pemandangan berbagai jenis tanaman hias, mulai tanaman hias keningkir, celosia yang tertata rapi di sekeliling gasebo.

Tidak hanya tanaman bunga, Anda juga dapat menikmati keindahan sejumlah ornamen bangunan yang di kawasan Taman Garengpong.

Berbagai spot wisata yang ada di Taman GarengPong ini Anda dapat anda jadikan area berfoto bersama keluarga.

Anda juga menjelajah dengan melihat dari dekat keindahannya. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 5000, Anda sudah bisa menikmati indahnya Taman GarengPong ini.

Itulah informasi dan ulasan lengkap tempat wisata yang dapat anda jadikan rekomendasi saat berkunjung ke Magelang. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi