Tenaga Motor Hilang Saat Mesin Panas, Cari Tahu Penyebabnya

Tenaga Motor Hilang Saat Mesin Panas, Cari Tahu Penyebabnya
Ilustrasi tenaga motor hilang saat mesin panas. Foto: ridergalau

Tenaga motor hilang saat mesin panas bisa terjadi karena beberapa penyebab. Sebagai pemilik kendaraan, anda harus tahu mana komponen yang perlu segera diganti atau tidak.

Sebab, jika tidak memiliki fungsi yang baik, akan berdampak buruk. Salah satunya motor ngempos atau tidak bertenaga. Sehingga ketika kendaraan berada pada posisi menanjak dan gas ditarik, akan merasa tidak bertenaga.

Salah satu masalah yang bisa terjadi yaitu karena pembakaran yang terjadi pada ruang mesin tidak sempurna. Hal ini membuat tenaga mesin yang seharusnya meningkat jadi tidak bertenaga.

Masalah yang satu ini tidak bisa anda abaikan begitu saja. Jika anda membiarkannya, akan timbul masalah baru yang berbahaya.

Baca Juga : Penyebab V Belt Motor Sering Putus, Mempengaruhi Masa Pemakaian

Bahkan bisa terjadi kecelakaan maupun hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika masalah ini terjadi ketika di tengah jalan, akan berdampak buruk. Sebab, bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Sebaiknya anda cari tahu apa saja penyebab tenaga motor hilang saat mesin panas. Setiap karakter sepeda motor di Indonesia hadir dengan beragam pertimbangan.

Selain memiliki iklim yang lumayan panas, juga bisa anda kenakan saat setelah mandi. Sehingga ketika mesin terlihat panas, bisa terjadi hal ini. Maka dari itu, untuk perawatannya, anda harus berikan secara tepat.

Penyebab Tenaga Motor Hilang Saat Mesin Panas

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang banyak memiliki peminat. Bahkan saat ini justru kendaraan ini hampir memiliki tipe dan jenisnya masing-masing.

Ada yang menggunakan perpindahan transmisi atau untuk pasar Indonesia sendiri yaitu tidak adanya kekompakan. Sebenarnya masalah yang terjadi memang sudah bukan hal yang aneh.

Tidak mungkin bisa bertahan secara terus-menerus. Semua komponen hadir dengan banyak pilihan. Salah satunya yang memiliki pengaruh besar yaitu aliran tenaga yang ada.

Sebagian besar orang tentu sering mengalami motor ngempos dan hilang tenaga ketika mesin overheat. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu mana yang baik dan bisa anda kerjakan sendiri.

Namun, ketika masalah ini terjadi, maka juga bisa merusak komponen lainnya. Sebaiknya anda tahu apa saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Saat anda tahu penyebabnya, barulah anda bisa mengapa masalah ini bisa terjadi saat anda berada dalam perjalanan. Berikut ini beberapa penyebab yang bisa ditimbulkan antara lain.

Mesin Overheat

Tenaga motor hilang saat mesin panas pada umumnya bisa terjadi. Hal ini terjadi karena saat digas justru sistem pendingin tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Ketika masalah ini anda alami, tentu segera untuk mengatasinya. Overheat atau mesin yang terlalu panas membuat komponen lainnya terlihat cantik.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Ketika piston memulai pergerakannya, akan semakin besar dan berat. Ketika masalah ini terjadi, membuat tenaga motor berkurang.

Filter Udara Kotor

Salah satu masalah yang bisa terjadi ketika mesin panas dan tidak bertenaga yaitu bagian filternya yang rusak. Namun, ketika masalah ini terjadi, maka mesin akan terasa berat dan kotor.

Fungsi dari filter yaitu menyaring kotoran yang masuk karena mesin memiliki komponen agar mendapatkan oksigen untuk proses pembakaran.

Jika komponen ini bermasalah. dapat mengakibatkan tenaga motor hilang saat mesin panas. Maka dari itu, anda perlu melakukan perawatan yang tepat agar filter udara bisa bersih.

Karburator dan Injeksi

Penyebab tenaga motor hilang saat mesin panas yang bisa terjadi karena pemakaian karburator, yaitu pada bagian injeksinya. Sebaiknya anda selalu pastikan jika mobil memiliki sisi yang sama.

Baca Juga : Penyebab Oli Motor Cepat Habis, 4 Faktor Masalah yang Sering Terjadi

Cara untuk mengatasi hal ini yaitu bisa dengan menggunakan carburator cleaning. Hal ini bisa membantu anda dalam memasaknya. Dengan bantuan carburator cleaning, kotoran bisa hilang sempurna.

Pengapian Bermasalah

Ada banyak sekali masalah yang bisa anda hadapi. Namun, pada komponen sepeda motor, sebaiknya menggunakan cara cepat dan tepat. Motor ngempos saat mesin panas juga terjadi ketika ada masalah pada sistem kelistrikan

Masalah ini bisa terjadi karena sistem pengapian berkurang. Anda bisa mengatasinya. Sistem pengapian tersebut yang bisa bermasalah misalnya kabel busi, koil, dan komponen lainnya.

Setiap komponen kendaraan memiliki perannya masing-masing. Salah satunya yang sering terjadi yaitu tenaga motor hilang saat mesin panas. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto