Tergerus Air Sungai, Jembatan Babakan di Sindangrasa Ciamis Ambruk

Tergerus Air Sungai, Jembatan Babakan di Sindangrasa Ciamis Ambruk
Jembatan Babakan yang berada di RT 03, RW 05 lingkungan Babakan, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis ambruk Rabu (13/1/2021) sore. Foto:Fery/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Jembatan Babakan yang berada di RT 03, RW 05 lingkungan Babakan, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, karena tergerus air sungai Gawiru.

Akibatnya, akses jalan menuju Lingkungan Margayasa dan sebaliknya tertutup total.

Menurut salah satu warga setempat, Ojo, ambruknya jembatan Babakan tersebut saat hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya pada hari Rabu (13/1/2021) sore.

Sehingga, aliran air sungai tinggi dan menggerus jembatan tersebut.

“Awalnya sedikit, namun kemarin karena hujan terus jadinya ambruk semua. Jadinya jalan menuju Margayasa terputus,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Perbaiki Tanggul Jebol, Warga Minta DPUPR Ciamis Bangun TPT

Ojo mengatakan, jembatan tersebut memang kondisinya sudah tua.

Pembangunan jembatan tersebut kurang lebih sekitar 100 tahun yang lalu, sampai ambruk jembatan tersebut tidak pernah di rehabilitasi oleh pemerintah.

Tidak ada korban jiwa, namun jembatan Babakan ini sering digunakan masyarakat untuk berpergian ke kota.

“Kali ini akses jalannya terputus. Jadi, masyarakat yang ada di Margayasa harus memutar ke lingkungan Yudanegara kurang lebih sekitar 3 kilometer, sebaliknya juga demikian,” katanya.

Ambruknya jembatan Babakan tersebut, sempat berdampak pada aliran air PDAM kepada warga setempat, karena terbawa ambruk.

Namun, petugas PDAM langsung menyambungkan saluran jadinya air kembali normal.

“Air PDAM kini sudah kembali normal mengalir ke masyarakat. Kami sangat berharap, jembatan ini segera diperbaiki sehingga akses jalan kembali normal,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang