Terminal Bus Kota Banjar akan Direvitalisasi, Berkonsep Seperti Bandara

Terminal Bus Kota Banjar, rencananya akan segera direvitalisasi mulai bulan Januari ini. Pembangunan revitalisasi terminal tersebut bakal berkonsep megah seperti fasilitas bandara. Foto: Muhlisin/HR.
Terminal Bus Kota Banjar, rencananya akan segera direvitalisasi mulai bulan Januari ini. Pembangunan revitalisasi terminal tersebut bakal berkonsep megah seperti fasilitas bandara. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Terminal Bus Kota Banjar, Jawa Barat, rencananya akan segera direvitalisasi mulai bulan Januari ini. Pembangunan revitalisasi terminal tersebut bakal berkonsep megah seperti fasilitas bandara.

Kepastian mengenai pelaksanaan revitalisasi tersebut disampaikan Kepala Terminal Bus Tipe A Kota Banjar, Suryanto, kepada HR Online, Jum’at (15/01/2021).

“Kemarin sudah ada rapat sosialisasi lintas sektor antara Dirjen Perhubungan Darat BPTD wilayah IX Jabar, bersama Forkopimda Banjar. Jadi, konsepnya nanti lebih modern, seperti bandara,” kata Suryanto.

Ia menjelaskan, nantinya pembangunan gedung utama akan berada di sebelah Utara, atau area yang saat ini menjadi tempat aktivitas menurunkan penumpang dan awak kendaraan.

Gedung pusat berlantai tiga akan terbagi menjadi tiga sektor. Lantai paling atas untuk kantor pegawai. Kemudian, lantai dua menjadi tempat ruko untuk menunjang keperluan penumpang, dan lantai satu sebagai area ruang tunggu penumpang serta tiket bus.

“Tahap revitalisasi pelaksanaan pembangunan mulainya bulan Januari ini. Untuk target pengerjaannya selesai pada akhir Desember tahun 2022,” terangnya.

Baca Juga : Revitalisasi Terminal Pangandaran Tipe B Terkendala Status Lahan

Tujuan Revitalisasi Terminal Bus Kota Banjar

Adapun yang menjadi latar belakang adanya revitalisasi ini, lanjut Suryanto, Terminal Tipe A Kota Banjar akan menjadi penghubung lintas provinsi antar kabupaten/kota. Serta menjadi perlintasan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke area wisata Pangandaran.

Selain itu, agar keberadaan Terminal Bus Tipe A ini dapat berfungsi secara optimal. Karena selama ini pemanfaatannya kurang berjalan. Baik dari segi penumpang yang masih rendah dan moda transportasi yang masuk ke area terminal.

“Dengan adanya revitalisasi ini, akses simpul-simpul pergerakan masyarakat akan semakin terpadu. Selain itu, juga bisa menarik minat para calon penumpang dan awak angkutan,” katanya.

Suryanto juga mengatakan, pelaksanaan revitalisasi ini tidak akan mengganggu aktivitas pelayanan penumpang, dan keluar masuk moda transportasi yang biasa beroperasi di Terminal Bus Kota Banjar.

“Pelayanan tetap berjalan seperti biasa, karena pelaksanaan pembangunannya juga secara bertahap. Jadi, tidak akan mengganggu aktivitas pelayanan yang sudah berjalan saat ini,” pungkasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah