Usaha Ternak Bebek Petelur untuk Pemula yang Menjanjikan

ternak bebek petelur
Usaha berternak bebek petelur. Foto: Ist/Net

Ternak bebek petelur merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Kebutuhan pasar terhadap telur asin sangat tinggi. Apalagi cara berternak bebek tidak sulit dan bisa memanfaatkan sekitar rumah.

Beragam bisnis dapat kita lakukan dengan mudah. Apalagi bisnis tidak semata-mata berupa usaha berskala industri yang harus bermodal besar. Siapa sangka dengan menjadi peternak ternyata ada berbagai keuntungan yang kita dapatkan dari berbagai arah.

Sebagai peternak kita dapat memanfaatkan hewan ternak untuk kita ambil manfaatnya, seperti daging dan telurnya. Karena itu berternak hewan unggas seperti bebek petelur bisa menjadi pilihan yang menarik.

Cara Berternak Bebek Petelur Sebagai Usaha Rumahan

Bebek petelur atau bebek ternak merupakan hewan yang biasa kita manfaatkan telurnya untuk bahan makanan seperti telur asin atau campuran bahan makanan.

Untuk perawatannya, berbisnis sebagai peternak hewan unggas sangat mudah bahkan bisa kita jadikan usaha sampingan. Untuk mengetahui semudah apa usaha ternak bebek petelur, langsung saja simak informasinya berikut ini.

Persiapan Tempat Ternak

Anda yang baru memulai menjadi peternak bebek, hal utama yang perlu Anda siapkan adalah tempat kandangnya. Alasan hal ini menjadi langkah pertama yang penting sebab lokasi ini akan membuat bebek nyaman dengan tempat tinggalnya.

Memilih dan mempersiapkan kandang bebek tidak bisa sembarangan. Ada kriteria khusus untuk pemilihan tempat berternak bebek. Antara lain lahan harus kering dan bersih dan ada pencahayaan meski tidak terlalu terang.

Masalah kelembapan udara juga perlu Anda perhatikan dalam berternak bebek petelur. Hindari pula lokasi yang ramai kendaraan, serta buat sisi samping kandang tertutup tidak menampilkan pemandangan di luar.

Selain itu dalam mengelola kandang juga perlu Anda perhatikan. Jangan menempatkan banyak bebek dalam satu kandang. Sebab hal itu dapat menyebabkan bebek stres dan kekurangan ruang gerak.

Idealnya, hitungan untuk setiap meter persegi cukup untuk 2 ekor bebek saja. Bahkan jika memungkinkan, Anda bisa memulainya dengan memelihara sebanyak 100 ekor bebek petelur.

Memilih Bibit Bebek

Sukses usaha ternak bebek petelur juga tergantung bibit yang berkualitas. Ini penting dan jangan sampai salah pilih. Karena itu penting sekali mengetahui seperti apa bibit bebek yang bagus.

Untuk jenisnya, kita bisa mengidentifikasinya dengan berat badan anakan bebek. Berat ideal adalah berkisar 38-40 gram, lincah dan aktif, tidak ada kecacatan, bulu halus dan suara bagus, serta paruhnya mengkilap.

Waktu yang tepat untuk mengenali semua kriteria tersebut, kita dapat mencari bibit bebek yang umurnya 10 hari setelah penetasan. Pada usia tersebut anak bebek akan bisa kita tahu kesehatannya, termasuk tentang kualitasnya.

Perawatan Bebek

Masalah yang tak kalah penting dalam usaha berternak bebek petelur adalah soal pemeliharaan. Perawatan bebek harus Anda perhatikan dengan baik. Apalagi usaha yang Anda rintis merupakan bebek anakan.

Pemisahan anakan dari sang induk menjadikannya kehilangan beberapa kebutuhan seperti kehangatan dan asupan. Nah untuk mengatasinya kita bisa memberikan kehangatan melalui lampu bolam. Soal pakan bisa Anda sesuaikan dengan makanan bebek dewasa.

Khusus pemberian pakan kita perlu memberikan makanan yang kaya nutrisi baik itu protein, mineral, dan energi. Secara alami bebek biasanya mengonsumsi sayur-sayuran, biji-bijian, keong, ikan, serta makanan lainnya.

Dalam tahap perawatan ternak bebek petelur ini sebaiknya Anda jangan melupakan kebersihan kandang. Sebab bebek gampang stres jika kondisi kandang kotor. Sehingga bila sudah stres, mereka akan sulit untuk bertelur.

Masa Panen

Harapan terbesar dari setiap peternak tentunya adalah waktu untuk panen. Lantas kapan saatnya kita mengetahui waktu panen telur yang dihasilkan dari bebek-bebek yang telah kita pelihara tersebut?

Umumnya bebek dewasa akan mulai bertelur mulai umur 6 bulan. Itulah saat bebek mulai menghasilkan telur meski awalnya mungkin belum terlalu rutin bertelur. Biasanya dari setiap seratus bebek petelur akan menghasilkan sekitar 30-50 telur.

Dalam memanen telur bebek, kita bisa memulainya pada pagi hari. Saat itu biasanya bebek sudah selesai bertelur dan kita dapat mengambilnya sebagai hasil peternakan. Untuk memudahkan pengambilan telur, Anda bisa mengeluarkan bebek dari kandang.

Demikianlah beberapa langkah penting dalam berternak bebek petelur. Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa memulai usaha ini dalam skala rumahan yang tidak membutuhkan modal besar.