Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruTonjong Canyon Tasikmalaya Destinasi Wisata Mirip Green Canyon Arizona

Tonjong Canyon Tasikmalaya Destinasi Wisata Mirip Green Canyon Arizona

Berita Tasikmalaya, (HarapanRakyat.com).- Tonjong Canyon Tasikmalaya memiliki keindahan alam yang menawan. Destinasi wisata yang mirip Green Canyon Arizona Amerika Serikat ini sering dijadikan sebagai tempat wisata rafting.

Seperti Green Canyon, destinasi wisata alam ini merupakan wisata sungai yang diapit dua tebing curam.

Jika Green Canyon Arizona lokasinya sangat jauh, maka wisatawan tetap bisa mendapatkan sensasi serupa ketika berkunjung ke Tonjong Canyon.

Keindahan Tonjong Canyon Tasikmalaya

Potensi dan keberadaan Tonjong Canyon ini mendorong pemerintah setempat melakukan penataan dan pengembangan.

Paska penataan dan pengembangan, destinasi ini mulai banyak yang melirik. Alhasil, kini destinasi wisata tersebut menjadi lokasi favorit wisatawan.

Wisatawan bisa menikmati destinasi wisata ini dengan kegiatan body rafting atau mengarungi sungai.

Pengelola setempat juga menyediakan jasa rafting, lengkap dengan fasilitas perahu, jacket (pelampung), helm dan pelindung kaki.

Kegiatan body rafting di Sungai Ciwayang Tasikmalaya ini cukup menantang. Pasalnya, arus sungai yang deras dan medan yang terjal, menjadi sensasi tersendiri. 

Perjuangan mengarungi sungai terbayar ketika menyaksikan relief di kanan dan kiri sungai yang begitu menawan.

Dan naik perahu menyusuri sungai menuju destinasi wisata ini akan menjadi pengalaman mengesankan bagi wisatawan.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan mendapati ukiran alam pada bebatuan atau stalagtit dan stalagmit.

Pastinya, Tonjong Canyon berbeda dari Green Canyon Arizona Amerika Serikat. Perbedaannya, terletak pada rimbunan pepohonan nan hijau yang menghiasi kawasan ini.

Cara Menikmati Keindahan Tonjong Canyon

Keindahan Tonjong Canyon Tasikmalaya memang tidak diragukan lagi, karena tempat wisata ini favorit wisatawan Tasikmalaya dan sekitarnya.

Hammocking atau menggantung di atas pepohonan, bisa menjadi salah satu cara bagi wisatawan menikmati suasana sekitar sungai yang sejuk dan asri.

Kegiatan hammocking seperti ini belum tentu bisa anda jumpai di tempat lain. Tentunya, ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Selanjutnya, wisatawan juga bisa menikmati melihat keindahan sungai dari atas perahu, hiasan ukiran batu stalagtit dan stalagmit sepanjang perjalanan menuju air terjun.

Dengan wisata sungai naik perahu, wisatawan bisa melihat dari dekat kondisi sungai, airnya yang jernih dan berwarna hijau.

Wisatawan juga bisa menikmati wisata ini dengan cara berenang di Sungai Ciwayang. Sungai ini memiliki air jernih.

Wisatawan bisa menyewa pelampung untuk berenang dan menjaga keamanan.

Selain berenang, wisatawan bisa melakukan kegiatan traveling yang menantang adrenalin, atau melompat dari tebing bebatuan.

Sungai Ciwayang memang cukup dalam, yakni mencapai kedalaman antara 8 sampai 10 meter. Meski begitu, wisatawan tetap harus hati-hati saat beraktivitas di sekitar sungai.

Melompat dari tebing adalah cara lain menikmati sensasi Tonjong Canyon. Melompat dari atas bebatuan ke dalam sungai membutuhkan nyali kuat. Agar aman saat melompat dari tebing, gunakan pengaman yang pengelola sediakan.

Curug Tonjong

Di kawasan Tonjong Canyon Tasikmalaya juga terdapat air terjun bernama Curug Tonjong.  Letaknya, tersembunyi antara tebing yang ada di kawasan Tonjong Canyon.

Posisinya yang tersembunyi ini menjadi keistimewaan Curug Tonjong. Wisatawan bisa melihatnya setelah mengarungi sungai dengan jarak tertentu.

Sensasi yang curug tonjong tawarkan adalah air jernih yang sekelilingnya terdapat ukiran alam pada batuan, stalagtit dan stalagmit.

Spot Selfie

Wisatawan bisa mengabadikan momen dengan latar belakang tebing dan rimbunan pepohonan yang ada di kawasan Tonjong Canyon Tasikmalaya.

Pastinya, wisatawan bisa memenuhi feed instagram dengan foto baru menarik dan berbeda dari yang lain. 

Kini, Tonjong Canyon juga sudah memiliki sarana-prasarana dan fasilitas yang lebih menunjang. Seperti area parkir, mushola, sampai penginapan.

Tiket dan Rute ke Tonjong Canyon Tasikmalaya

Harga tiket masuk ke kawasan Tonjong Canyon Tasikmalaya cukup terjangkau, yakni antara Rp  10.000 sampai Rp 20.000.

Rute menuju obyek wisata ini cukup mudah, mulai dari arah Kota Tasikmalaya ke Karangnunggal. Setelah itu belok ke kiri menuju Cipatujah, kemudian jalan terus ke arah Desa Nagrog.

Lewat jalur Darawati, wisatawan bisa menuju Cikalong dengan jarak sekitar 4 kilometer. Dari Cikalong lanjut ke lokasi wisata Tonjong Canyon Tasikmalaya ini. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img